Waspada! Oppo A3s Palsu Dijual Luas, Berikut Ciri-cirinya

Oppo A3s palsu? Rasanya aneh, ponsel sejutaan kok tumbenan ada produk tiruannya? Memang belakangan di grup Telegram sedang marak isu beredarnya Smartphone Oppo A3s versi KW.

Hal tersebut tidak lepas dari popularitas ponsel yang menggunakan CPU Snapdragon 450 dibanderol 3 juta lebih murah dibanding Vivo V9 series di Indonesia.

Mengecek Oppo A3s Palsu Keaslian_7
Oppo A3s Palsu Beredar

Tercatat, peminat Oppo A3s membludak sedemikian banyak. Barangnya sampai langka, bahkan rekan kami penjual berstatus dropshipper kewalahan melayani banjirnya orderan ponsel ini.

Populernya nama Oppo menjadi salah satu faktor keberhasilan gawai berponi ini digandrungi masyarakat. Terutama bagi mereka pecinta Hape Sejutaan tapi mau kualitas yang terjamin.

Oppo A3s Palsu (Barang KW)

Sepekan belakangan heboh beredarnya produk Oppo A3s palsu (supercopy, kloningan / clone product, replika, tiruan dll) dijual melalui halaman Marketplace Facebook yang kemudian beredar luas ke berbagai media sosial lain.

Tahukah Anda barang tiruan tersebut aslinya merupakan ponsel Android bekas pakai, isinya memang OS robot hijau namun bervariasi ada yang KitKat, Lollipop, bahkan Jelly Bean.

Oleh sebab itu, belilah HP di tempat yang terjamin akan keasliannya. Lantas bagaimana kalau Anda mau beli barang Oppo A3s bekas pakai (Second-hand)? Hanya modal lihat casing mulus itu tentu tidak akan cukup, berikut panduan untuk membedakan.

Cara Mengecek Oppo A3s Palsu atau Asli

Kita akan memanfaatkan kode rahasia yang bisa digunakan untuk membuka jalur akses ke menu tersembunyi. Nah, salah satunya bisa dijadikan referensi menentukan apakah HP Oppo A3s palsu atau memang asli/original.

Kode rahasia Oppo A3s ini disediakan langsung dari pabriknya. Ya intinya hampir sama seperti mayoritas Smartphone orisinil Oppo lainnya, dan bisa diterapkan juga buat HP lain.

Masuk ke aplikasi Telepon bawaan / Phone, ketik nomor (dial number) *#800# kemudian Anda dialihkan ke halaman Engineer Mode.

Engineer Mode Oppo A3s Palsu
Engineer Mode Oppo A3s

Disini saja tahap paling gampang sebenarnya. Jika Anda mengetik *#800# namun gagal masuk ke mode Engineer maka patut dicurigai keaslian HP Oppo A3s-nya. Sebaliknya, kalau berhasil akan muncul sejumlah menu pilihan sebagai gambar di atas tadi.

Indikator mutlak menentukan asli atau palsunya Oppo A3s kita dapat mulai. Tersedia beberapa tab utama seperti Telephony, Connectivity, Hardware Testing hingga Location.

Misalnya, Anda mengetuk opsi "Bluetooth" maka akan keluar detail versi, software, dan lisensinya. Untuk Oppo A3s sertifikat Bluetoothnya sebagai berikut: 4.2, A2DP, LE.

Bagaimana jika ternyata lisensi serta versi Bluetooth berbeda? Jangan panik dulu! Selalu ada kemungkinan lain, misalnya faktor update firmware / software Color OS yang menjadi tampilan antarmuka (UI) seluruh HP Oppo.

Mengecek Nomor IMEI

Nomor IMEI berupa kombinasi angka pada setiap Smartphone dan miliaran ponsel di dunia punya IMEI yang berbeda walau merek dan tipenya sama.

Oppo A3s Palsu Mengetahui Asli

Kalau Anda beli HP Oppo A3s perhatikan pada bagian belakang kotak penjualan (Box) di bawahnya ada stiker detail seperti alamat produksi, perusahaan yang membuat, warna serta tipenya sampai identitas berupa IMEI.

Atau bisa juga mengetahui IMEI lewat dial number tekan saja *#06# secara otomatis tampil 15 angka unik pada Oppo A3s (tanpa harus menekan tombol Call / Yes).

Catat IMEInya kemudian masuk ke situs imei.info lalu masukkan 15 digit angka nomor IMEI Anda ke kolom tersedia dan klik Check! Bakal muncul informasi penjelasan terkait HP Anda. Nomor Model Oppo A3s asli adalah: CPH1803.

Desain dan Bodi

Salah satu cara termudahnya dengan melihat dari bodi. Oppo A3s palsu cenderung berbahan plastik glossy dan depannya terlihat seperti frame plastik. Sementara barang aslinya di depan berbahan kaca serta bagian belakang terbuat dari metal kombinasi bahan komposit.

Oppo A3s Palsu dijual karena oknum tak bertanggung jawab memanfaatkan hype dan tingginya minat masyarakat maka jadikan cara diatas sebagai referensi kalau beli produk bekas pemakaian orang lain.