Beberapa Jenis Alat Musik Petik Modern Selain Gitar

Seni musik merupakan salah satu seni yang telah cukup lama mengiringi perjalanan hidup umat manusia. Sejarah mencatat hampir di setiap peradaban memiliki kebudayaan seni musik masing-masing yang menjadi ciri khas mereka.

Hingga saat ini, alat musik di dunia telah mengalami perkembangan. Beberapa alat musik baru muncul di era ini, beberapa lainnya merupakan pembaruan dari alat musik yang telah lama ada. salah satu alat musik yang paling populer dan hampir dikenali setiap orang adalah gitar. Alat musik satu ini termasuk dalam kategori alat musik petik yang biasanya terbuat dari kayu dengan senar atau dawai yang dipetik untuk menghasilkan nada.

Alat musik petik biasanya memiliki kemampuan menghasilkan nada yang cukup kompleks sehingga alat musik ini bisa digunakan baik sebagai instrumen utama maupun sebagai instrumen pendukung dalam sebuah lantunan musik atau lagu. Selain gitar, berikut beberapa jenis alat musik petik yang bisa kalian pelajari sebagai tambahan wawasan:

  • Ukulele

Gitar ukulele merupakan alat musik petik yang berasal dari Hawaii. Ukulele merupakan jenis alat musik yang paling memiliki kemiripan dengan Gitar. Beberapa bahkan menyebutnya dengan Gitar Kecil meski secara umum Gitar kecil sendiri merupakan salah satu jenis Gitar yang berbeda dengan Ukulele. Pembeda yang paling mencolok antara Gitar dengan Ukulele adalah ukuran dan jumlah dawai atau senar yang dimiliki. Secara umum, Senar ukulele berjumlah 4 dawai sementara Gitar memiliki 6 dawai. Senar Ukulele yang bagus biasanya terbuat dari Nylon yang umum digunakan pada alat musik petik pada umumnya.

Ukulele Alat Musik Petik Modern.jpg

  • Harpa

Jenis alat musik ini merupakan alat musik petik paling tua di dunia. Harpa biasanya berbentuk segitiga berwarna emas atau perak yang memiliki 22-47 Dawai. Meski termasuk salah satu jenis alat musik tertua Harpa sendiri masih sering digunakan dalam sebuah orchestra hingga saat ini. harpa terus mengalami perkembangan baik dari segi jumlah senar, bentuk dan bahan yang gunakan, beberapa bahkan bisa dikategorikan sebagai alat musik petik modern.

  • Kecapi

Instrumen alat musik ini merupakan jenis alat musik tradisional asli Indonesia yang berasal dari tanah Sunda Jawa Barat, yang kemudian tersebar di beberapa bagian dari Nusantara dan mengalami perubahan-perubahan sehingga beberapa daerah memiliki Kecapi khas daerah masing-masing. Alat musik ini biasanya terbuat dari kayu dengan senar jumlah 15-20 buah, bergantung ukuran dan jenis nya. berdasarkan bentuknya kecapi terbagi menjadi 2 yaitu Kecapi Parahu dan Kecapi Siter.

  • Sasando

Selain kecapi jenis alat musik tradisional asli Indonesia lain nya adalah Sasando. Sasando berasal dari pulau Rote NTB. Dibandingkan Gitar pada umumnya, alat musik Sasando memiliki bentuk dan cara memainkan yang sangat berbeda. Sasando memiliki bentuk yang unik sehingga sangat mudah dikenali diantara jenis alat musik petik yang ada. alat musik ini memiliki ragam dan jenis yang cukup banyak seperti misalnya Sasando Engkel yang memiliki 28 dawai, Sasando Dobel yang memiliki 56-84 dawai, dll. Sasando juga cukup banyak menerima perkembangan sehingga saat ini Sasando listrik atau elektrik sudah tersedia seperti hal nya Gitar.

Itulah tadi beberapa jenis alat musik petik selain gitar yang bisa kalian jadikan referensi untuk belajar. Masih terdapat banyak sekali jenis alat musik petik modern maupun tradisional yang bisa kalian coba untuk pelajari cara memainkannya. Namun, sebagai permulaan list ini sudah cukup membantu anda menambah wawasan musik anda. Selain itu Anda juga perlu mengenali senar ukulele yang bagus agar musik yang dihasilkan lebih baik. Sekian.