Cara Mengaktifkan Lampu Senter di Semua HP Realme Tanpa Aplikasi

Tutorial bagaimana cara menyalakan senter HP Realme mengaktifkan lewat lampu LED. 

Selain jam analog, kalkulator, dan beberapa benda jadul di sekitar kita lainnya yang sudah tergantikan dengan kemajuan teknologi pada satu unit Smartphone tidak terkecuali lampu senter. Hampir semua HP Android, iOS, Windows Phone, bahkan ponsel fitur (Feature Phone) sekali pun memiliki senter.

Cara Menyalakan Lampu Senter HP Realme
Realme 2 Pro / ShukanBunshun.com

Namun tidak semua HP bisa menggunakan lampu senter secara praktis. Bahkan beberapa merek seolah memaksa menginstall aplikasi tambahan pihak ketiga cuma buat menghidupkan senter, beruntung bagi pengguna ponsel Realme karena tidak perlu melakukan hal tersebut.

Pengguna Realme disuguhkan kustomisasi tampilan antarmuka ala Oppo yakni Color OS dimana fitur di dalamnya cukup banyak. Salah satunya adalah menyalakan senter tanpa mengaktifkan layar, tidak harus install aplikasi LED, apalagi sampai root HP yang bikin garansi jadi habis seketika.

Biar bagaimana pun senter merupakan alat penting yang terkadang masih dibutuhkan pengguna misalnya berfungsi ketika kondisi mati lampu, mencari barang di sudut ruangan gelap, dan lain sebagainya.

Nah, kebetulan untuk artikel kali ini ShukanBunshun.com membahas tutorial tips menyalakan senter pada Smartphone Realme dan trik paling simpel, unik, cepat tanpa unduh aplikasi. Cukup dengan menggoyangkan ponsel sudah bisa langsung aktif.

Lumayan unik, kan? Cuma menggoyangkan Smartphone maka lampu senter bisa langsung menyala otomatis. Fitur ini belum tentu ada di HP Android lain seperti Samsung, Vivo, Xiaomi, Asus, Infinix, Nokia, Wiko, Meizu, OnePlus, BlackBerry, Coolpad, Andromax, Nubia, LG, Huawei, Motorola, Lenovo, Sony dan Advan.

Sekali lagi tips berikut ini cuma tersedia untuk pengguna Realme dan Oppo, karena User Interface mereka sama-sama ColorOS. Sedangkan merek lain mungkin bisa tapi harus memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store.
Metode berikut berlaku untuk seluruh HP Realme yang beredar resmi di Indonesia: Realme U1 / 2 / 2 Pro / C1 hingga tipe terbaru lainnya. 
Baca: Cara Kalibrasi Baterai dan Layar HP Realme.

Cara Mengaktifkan Lampu Senter di Semua HP Realme 

  • Dari halaman depan / Homescreen, buka menu Settings (Pengaturan) di ponsel Realme Anda.
  • Gulirkan atau scroll sampai bawah hingga ketemu menu bertuliskan "Gerakan Cerdas (Smart Gesture)".
  • Setelah diklik, akan muncul sejumlah opsi menarik. Nyalakan atau aktifkan toggle ON pada pilihan fitur "Guncang untuk menyalakan senter (Shake to turn on the Flashlight)."
Mengaktifkan senter hp Realme LED menghidupkan lampu_7

Bagaimana cara kerjanya? Biarkan layar mati / nonaktif standby dan terkunci (Lockscreen), atau diamkan ke halaman depan Homescreen. Kemudian goyangkan HP Realme dan senter akan menyala sendirinya.

Sedangkan cara mematikan lampu senter di HP Realme yang aktif cukup menekan tombol power satu-dua detik hingga layar padam.

Mengatasi senter Realme warna kuning dan tidak menyala. Ada pun solusinya dengan menonaktifkan mode baca jika LED Flash berwarna kekuningan, mati sendiri, dan tidak mau nyala. Baca juga: Kumpulan Kode Rahasia HP Realme.

Kurang lebih itulah panduan singkat dan unik cara menyalakan lampu senter semua HP Realme dan menghidupkan tanpa aplikasi lagi mengandalkan LED Flash dekat kamera utama.