Penyebab Token UNBK Tidak Muncul dan Solusi Cara Mengatasinya

Selamat menempuh Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi kamu para siswa / siswi. Tapi sayangnya ada satu kendala dialami peserta UNBK tahun ini yaitu mengenai Token UNBK tidak muncul jelas bikin bingung para murid walau sebenarnya sudah ikut atau sesuai prosedur.

Kasus ini sebenarnya hampir mirip dengan gagal login PDSS pada SNMPTN. Lalu mengapa Token UNBK tidak muncul? Kenapa  dan apa penyebab masalah utamanya? Bagaimana solusi mengatasinya?

Meski belum ada rilisan resmi yang menyatakan token bermasalah, namun berdasarkan dugaan yang beredar disebabkan oleh faktor berikut.

Penyebab Token UNBK Tidak Muncul 

Computer Based Test (CBT) atau dalam Bahasa Indonesia artinya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sistem terbaru untuk pelaksanaan ujian nasional menggunakan teknologi berbasis komputer sebagai media utama.

Kalau sebelum era milenial, ujian masih pakai kertas alias Paper Based Test (PBT) buat menulis nama, membaca soal dan mengisi jawaban. Tapi seiring berkembangnya teknologi pemerintah ikutan negara lain buat mengadopsi UNBK ini.

Token UNBK Tidak Muncul_8

UNBK punya tiga macam metode. Pertama CBT Offline, berfungsi sebagai server lokal yang melayani terminal ujian sementara untuk file soal dan jawaban dikirim menggunakan sistem Storage Media.

Kedua ada Semi-online UNBK, ketika ujian soal dan jawaban diisi dengan keadaan offline sedangkan pengiriman hasil dikirim pakai jaringan internet (Sync online).

Nah, yang ketiga Full-Online UNBK.Terminal ujian akan sepenuhnya dalam kondisi terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan server terhubung ke pusat, soal akan langsung dikirim dan masuk dari server lalu hasil jawaban dapat dikirimkan ke server pusat (Instant).

Ini akan membuat siswa panik ketika mereka diharuskan mengambil Token namun tidak muncul. Penyebab utama kemungkinan terbesarnya adalah karena error server atau gangguan dari pusat bisa jadi disebabkan Maintenance.

Mengatasi Token UNBK Tidak Muncul 

Jadi bagi kamu para siswa peserta UNBK ketika nanti (semoga tidak) mengalami masalah token jangan panik. Langkah awal adalah bertanya kepada petugas, itulah gunanya petugas berjaga nanti kamu akan diarahkan.

Jika ternyata memang yang lain juga mengalami token UNBK tidak muncul berarti memang ada kesalahan pada server atau sedang dalam pemeliharaan server, walau sangat jarang terjadi biasanya hanya dadakan. Mereka tahu kok maintenance dengan sengaja haruslah diluar jam ujian sehingga tidak mengganggu kelancaran proses UNBK.