LinkAja: Cara Daftar, Menggunakan, Aktivasi dan Top-Up T-Cash

T-Cash sebuah layanan dompet digital (e-Wallet) milik operator seluler Telkomsel, kini sudah berganti nama menjadi LinkAja tanpa mempengaruhi sejumlah layanan serta fitur utama mereka.

LinkAja masih tetap dapat digunakan sebagai layanan transaksi non-tunai dengan cepat, aman, dan praktis di bawah regulasi serta diawasi oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia.

T-Cash LinkAja Logo Cara Menggunakan

Artikel ShukanBunshun.com edisi kali ini akan membahas bagaimana cara menggunakan LinkAja, top-up saldo, aktivasi layanan baru, hingga tips mendaftar bagi pengguna baru.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan LinkAja



Cara Daftar LinkAja

Bagi kamu pengguna baru, silakan unduh dan install aplikasi bernama LinkAja melalui Google Play Store (Android) atau App Store buat user iOS ketik kata kunci "LinkAja" nanti muncul.

Atau pakai cara alternatif yakni masuk ke aplikasi Telepon bawaan Smartphone dan tekan dial USSD dengan angka *800# sebagai upaya persetujuan.

Jika kamu memilih menggunakan aplikasi, klik "Registrasi / Sign Up" buat mendaftar. Apabila sebelumnya sudah memiliki akun T-Cash silakan Login / Masuk dengan catatan nomor Telkomsel kamu aktif.

Top-Up Isi Saldo LinkAja

Salah satu keunggulan LinkAja adalah kamu bisa mengisi ulang saldo di mana pun karena saat ini tersedia berbagai macam metode buat Top-Up, mulai dari GraPARI, Transfer Bank, Virtual Account, hingga Toko Retail terdekat.

Kalau kamu mau pakai Virtual Account, dengan kode perusahaan LinkAja sama layaknya T-Cash yakni 09110 disambung dengan nomor Telkomsel Anda.

Apabila berniat isi saldo LinkAja melalui Retail / Outlet / Konter di dekat rumah kamu, pertama masuk ke menu *800# buat akses masuk ke Link Aja, pilih nomor 3 untuk request atau meminta Token, token berupa angka PIN yang dikirim melalui SMS dari 2828.

Pada penjaga retail, kasih saja angka token serta nominal jumlah isi ulang yang kamu mau kepada kasirnya. Petugas akan menginput informasi detail yang kamu berikan dan seluruh bukti transaksi akan dikirim lewat SMS konfirmasi dari 2828.

Cara alternatif mengisi saldo LinkAja lewat GraPARI. Cukup mendatangi petugas kasir yang berjaga, bilang mau Top Up LinkAja (TCash) nantinya diminta nomor Telkomsel silakan informasikan nominal dan nomer Tsel kamu lalu siapkan uang sesuai jumlahnya tidak perlu menunggu lama proses cuma 5-10 menit saja.

Saldo LinkAja Hilang

Bila kamu pengguna T-Cash, maka saldo akan dialihkan ke LinkAja tanpa mengubah data akun lainnya. Seluruh layanan yang sebelumnya terdapat pada TCash juga sudah disediakan di LinkAja dengan penambahan beberapa fitur terbaru.

Namun jangan ragu hubungi Customer Service LinkAja (lewat akun @Telkomsel di Twitter juga bisa) untuk bertanya jika ada hal yang masih belum jelas bagi kamu.

Transaksi Beli Produk Pakai LinkAja

Ini metodenya nggak jauh berbeda dengan T-Cash. Kalau Smartphone kamu sudah berteknologi Near Field Communication (NFC) masih tetap bisa pakai stiker TCash Tap buat beli produk di merchant alias toko yang sudah bekerja sama dengan T-Cash.

Beberapa fitur lama T-Cash layaknya Kode QR, USSD, buat pembelian barang ketika belanja online sampai transfer saldo ke bank lain pakai ATM Bersama pun masih bisa dilakukan pengguna LinkAja jadi jangan khawatir.