Cara Menghindari Laptop Agar Tak Lemot Dari Awal Pembelian

Harga Asus Vivobook seringkali menjadi pertanyaan bagi Anda saat hendak membeli laptop, bukan? Apakah harga yang dipatok laptop sebanding dengan kualitas atau tidak, jika tidak maka akan membuat rugi, baik dari segi uang hingga data-data penting.

Cara Menghindari Laptop Agar Tak Lemot Dari Awal Pembelian

Lemot tidak jarang akan Anda temui saat usia laptop sudah mulai lama. Namun, Anda bisa sedia payung sebelum hujan. Maksudnya, Anda bisa menghindarinya dari awal dengan memberikan banyak perlindungan agar laptop tidak lemot. Nah, berikut tips yang bisa Anda lakukan :

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Memiliki laptop baru dengan kualitas oke pastinya akan menjadi sia-sia jika Anda tidak menginstall program. Namun, dalam pemberian program, Anda harus tahu takaran atau kebutuhan apa yang akan dilakukan kedepannya. Jangan asal install.

Semakin banyak program yang diinstall maka akan membuat penyimpanan Drive-C penuh. Ini membuat pembacaan data menjadi lama sekaligus kinerja laptop semakin menurun dan penyakit lemot akan muncul. Oleh karena itu, uninstall program yang sudah tidak terpakai.

2. Gunakan Aplikasi Seperlunya, Jangan Berlebihan

Menggunakan RAM akan mempengaruhi respon laptop, sehingga laptop akan menjadi lemot. Hal ini terjadi saat terlalu banyak aplikasi yang sedang dibuka, apalagi aplikasi tersebut berukuran besar sekaligus berat dalam sekali running. Oleh karena itu kontrol penggunaan aplikasi, dan hentikan runningnya menggunakan task manager.

3. Remove Aplikasi Start Up

Proses start up akan dimulai pada saat laptop mulai menyala dan siap untuk dioperasikan. Saat pertama kali melakukan start up aplikasi yang tengah berjalan biasanya aplikasi antivirus.

Aplikasi Untuk Laptop

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mengontrol aplikasi yang masuk sehingga tidak menyebabkan aplikasi working in background yang hanya akan memakan kapasitas pada RAMnya.

4. Install Aplikasi Baru yang Sesuai Kapasitas Memori

Dalam hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi laptop dan ukuran  aplikasi yang hendak di install. Sehingga, Anda bisa mengatur penginstalannya.

Jangan install aplikasi berukuran besar atau ukuran yang melebihi memori. Hal tersebut hanya akan membuat memori menjadi penuh. Jadi, jika cara tersebut dilewatkan jangan heran laptop semakin hari akan menjadi lemot, serta usahakan pakai Software Original.

5. Lakukan Scanning Virus

Lemot bisa disebabkan karena laptop terserang virus. Sehingga, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus memasang aplikasi scan virus dan rajin melakukan scanning pada laptop. Jika virus  dibiarkan begitu saja tanpa ada perlakuan scanning. Maka laptop selain menjadi lemot, Anda juga akan kehilangan semua data penting di dalamnya karena terhidden. oleh karena itu, antivirus sebaiknya ada dalam laptop.

6. Penambahan Kapasitas RAM 

Menambahkan RAM Laptop

Laptop dengan usia lebih dari 3 tahun akan mengalami penurunan performa karena sering dipakai berulang-ulang. Sehingga, dalam hal ini Anda perlu melakukan penambahan kapasitas RAM yang lebih besar untuk memperbaiki proses reading oleh processor, sebagai usaha meringankan kinerja laptop. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi dan kapasitas maksimal laptop.

7. Bersihkan Laptop Bagian Dalam

Meski harga Asus Vivobook ramah di kantong, bukan berarti Anda dapat memakai laptop dengan sembarangan. Anda juga harus berhati-hati dalam menjaga laptop yang agak tidak sering error. Misalnya laptop yang sudah lama cenderung memiliki banyak debu di dalamnya. Sehingga dalam hal ini Anda dituntut tidak hanya membersihkan sistem dan programnya saja, tetapi juga hardware dalam laptop. Jika sudah dibersihkan, maka laptop tidak akan cepat mengalami panas, ini mampu mengurangi lemot.

8. Gunakan Thermal Paste

Thermal Paste adalah suatu pasta yang berguna untuk mendinginkan laptop saat processor sering mengalami panas. cara yang dilakukan adalah mengoleskan thermal paste ini ke atas processor. Maka, pasta ini untuk menjaga suhu prosesor. Sehingga, Anda akan tetap nyaman saat mengoperasikan laptop.

9. Mulailah Dengan Netbook Cooler

Dari namanya sudah bisa diidentifikasi penggunaan netbook cooler untuk apa. Kata cool berarti dingin. Jadi alat ini berfungsi untuk menjaga suhu laptop kembali dingin saat terjadi pemanasan. Bentuk fisiknya berupa kipas sebagai tambahan untuk menstabilkan kondisi laptop dan mengurangi lemot saat penggunaannya.

Nah, itu tadi ulasan-ulasan terkini yang mampu menjadi pedoman Anda saat pertama kali menggunakan laptop. Jangan sampai laptop yang akan menjadi media Anda untuk belajar menjadi lemot karena hal tersebut justru akan membuat tugas terbengkalai. Think smart before you do, seperti memilih tindakan yang benar untuk menghindari laptop lemot.

Apabila Anda berencana membeli laptop baru, Anda bisa membelinya melalui Bukalapak.com. Di Bukalapak tersedia berbagai pilihan laptop beserta varian harga Asus Vivobook yang lengkap. Harga Asus Vivobook yang terjangkau ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki laptop baru tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Lebih dari itu belanja di Bukalapak juga terjamin kemudahannya, sistem pembayaran yang ditawarkan juga lengkap. Itu artinya Anda bisa belanja tanpa ribet.