Cara Menjaga Battery Health iPhone Agar Tidak Cepat Menurun

Bagaimana cara agar Kesehatan Baterai tidak cepat turun? Tips dan trik menjaga Battery Health semua iPhone tanpa harus ganti batre agar tidak cepat berkurang – Kesehatan Baterai menjadi fitur terbaru sejak iOS 11, juga sebagai referensi apakah komponen baterai pada perangkat iPhone masih dapat digunakan dengan layak untuk jangka panjang.

Mengatasi Battery Health iPhone Cepat Berkurang Menurun iOS

Sebuah hal normal jika kapasitas maksimum Battery Health berkurang, ini artinya kamu menggunakan iPhone-mu sehari-hari dan kalau nggak mau menurun ya jangan dipakai didiamkan saja dijamin tetap bertahan di persentase sekarang.

Apakah Battery Health bisa ditingkatkan atau ditambah? Jika yang kamu maksud adalah menambah persentase kapasitas maksimum secara otomatis, maka jawabannya jelas Tidak.

Satu-satunya buat mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% seperti sediakala adalah dengan mengganti baterai ke yang baru serta original. Menggunakan baterai OEM KW apalagi palsu, hanya tinggal menunggu waktu buat iPhone kamu jadi rusak.

Cara Menjaga Battery Health Agar Tidak Cepat Menurun Berkurang

Lalu adakah tips agar Kesehatan Baterai terjaga dan tidak cepat turun angka persentase kapasitas maksimumnya? Jawabannya, tentu saja Ada. Rumus dan cara kerja Battery Health iPhone sebenarnya sudah dibeberkan gamblang oleh Apple di situsnya.

Kami bakal berikan kiat menjaga Battery Health iPhone supaya tetap sehat juga tidak gampang kena sindrom Servis / Service. Bukan, bukan dengan mengganti baterai melainkan tips dari website Apple itu sendiri, unik ya?

Ya kebanyakan minat baca masyarakat rendah jadi semua tips di situs Apple diabaikan. ShukanBunshun.com merangkum artikel ini juga berdasarkan pengalaman pribadi, yang cuma berkurang 4% saja dalam kurun waktu 12 bulan pemakaian kasual seperti gaming PUBG Mobile 1 jam sehari dan sisanya Chatting, Browsing, Media Sosial, Streaming Musik & Film.

Uniknya semua pengalaman itu admin dapatkan dari tips yang dikasih oleh Apple lewat website mereka. Apa saja tips tersebut? Baca dengan teliti sampai habis demi menjaga kesehatan baterai iPhone tetap di atas 80% / 85% bahkan 90% - 95% Maximum Capacity & konsistensi Kemampuan Kinerja Puncak (Peak Performance Capability). Ini berlaku buat perangkat berikut:
  • iPhone XS Max 
  • iPhone XS
  • iPhone XR 
  • iPhone 11 XI
  • iPhone X
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 8 
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7 
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone 6
  • iPhone SE 
Tidak ada iPhone 5 / 5c / 4s / 4 karena iOS mereka sejauh pantauan kami hanya mentok di angka 10 sehingga nggak kebagian fitur tersebut.

Jangan Sering Kalibrasi

Kalibrasi adalah praktik dimana menghabiskan baterai secara total yang tadinya penuh 100% sampai kosong melompong 0% serta mengulanginya lagi dua kali dengan alasan biar batre kembali sehat & stabil.

Salah paham kalibrasi ini menjadi perdebatan, sesungguhnya fungsi kalibrasi iPhone adalah untuk memperbaiki Bug Indikator / Persentase sistem baterai yang tidak beraturan.

Misalnya, kamu pakai iPhone dengan sisa baterai di angka 96% setelah 1 jam pemakaian intensif tidak kunjung berkurang padahal jika normal seharusnya mengurang minimal 1%. Berarti dianggap rusak dan ada yang salah dengan indikatornya maka untuk mengatasi ini dilakukanlah kalibrasi supaya balik normal.

Apabila kamu beranggapan kalibrasi baterai iPhone dapat meningkatkan kapasitas maksimum Battery Health maka salah besar.

Charge iPhone Sebelum Lowbat

Peringatan baterai iPhone Lowbat biasanya muncul tatkala persentase tersisa 20%, sehingga otomatis nongol pilihan rekomendasi buat mengaktifkan sistem penghemat Low Power / Mode Daya Rendah (Battery Saver) mengubah logo batre jadi warna kuning.

Kami sarankan kamu jangan ngecas iPhone di bawah 22%, dan jangan menunggu sampai penuh Full Charged 100% buat mencabut atau menghentikan proses charging. Mengapa demikian? Ada alasannya.

Menurut situs Apple, terdapat siklus 500 Cycle yang mampu ditampung baterai setiap perangkat iPhone. Dan satu Cycle terhitung ketika kamu melakukan proses charging sampai 100%. Jadi intinya setiap ngecas usahakan jangan terlalu penuh.

Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Tidak Bekurang Cepat Turun

Contoh & Tips : Kamu cas iPhone hingga 80% lalu cabut dan pakai sampai tersisa 30% kemudian isi ulang lagi (Charging), berarti angka terpakai ialah 50%. Charge lagi sampai 80% lalu pakai hingga menyisakan 40%. Nah, segitu tidak terhitung Satu Cycle (1 Siklus) sehingga tidak mengurangi 500 Cycle yang dimaksud oleh Apple tadi padahal logikanya itu kehitung 2 kali ngecas. Inilah salah satu faktor bikin baterai irit & awet.

Setidaknya kita jadi tahu bahwa semua iPhone telah ditentukan jumlah siklus pengisian baterai yakni 500 kali. Satu kali siklus dihitung berdasarkan Discharge, turunnya persentase baterai, hingga 100%. Kalau kamu ngecas sampai mentok 100% apalagi dari posisi 0%, berarti dihitung 1x Cycle / Satu Siklus pengisian.

Kesimpulannya, Cycle bekerja bukan atas dasar berapa kali HP dicolok ke steker. Tancapi cas saat baterai di atas maksimal 50% dan cabut batre iPhone saat mencapai angka minimal 75%, jangan di bawah itu. Ini terbukti mampu menjaga durabilitas komponen batre yang sensitif.

Pada akhirnya, baterai iPhone disarankan ganti ke yang baru setidaknya setiap 3 tahun sekali menurut Matt McCormick kontributor CNET seperti apapun intensitas pemakaian kamu. Khususnya user XS Max agar Fast Charging iPhone tetap berfungsi.

Cara Menjaga Battery Health iPhone Tidak Berkurang Merawat

Karena kerusakan baterai secara tidak langsung perlahan dapat merusak komponen iPhone lain seperti Port USB, Layar LCD, Kamera dan Kinerja keseluruhan hardware & software.

Sejatinya tips ini memang berlaku bukan buat perangkat iOS saja tapi seluruh Smartphone Android yang beredar di pasaran sekarang. Hanya saja pengguna iPhone lebih merasa dipermudah berkat adanya fitur Battery Health.

Ini juga menjadi acuan baru buat calon pengguna yang bertransaksi jual beli iPhone bekas Ex Inter (Second). Menambah atau meningkatkan kapasitas maksimum Battery Health adalah hal mustahil jika tidak ganti baterai, semakin rendah angka kesehatan / persentasenya maka harga jual jadi anjlok. Padahal kalau dulu cuma cek iCloud kosong, dan fungsi lainnya beres.

Beberapa tips lain kamu dapat praktekan demi menjaga kesehatan baterai iPhone misal: Jangan mainkan HP saat dicas, Aktifkan Mode Pesawat selama isi ulang, Nonaktifkan Hotspot, GPS & Bluetooth saat tidak digunakan.

Maksud kesehatan baterai Service (Servis) pada iPhone adalah sudah waktunya lembiru, alias lempar ganti baru. Apple menyarankan kamu mengganti batre ke Authorised Service Provider. Ini dialami teman saya, ketika persentase baterai iPhone tidak berkurang dan statusnya "Servis" di pengaturan serta kapasitas maksimum tidak muncul angka persentase hanya garis minus (--). Saat ganti baterai iPhone semuanya kembali berfungsi normal dan Max Capacity 100%.

Tapi ingat, Apple sendiri bilang jangan menjadikan Battery Health sebagai patokan sepenuhnya sebab bersifat relatif. Kalau kamu merasa baterai masih layak pakai dan normal sebagaimana biasanya ya angka kapasitas maksimum hanyalah angka yang bisa kamu abaikan saja walau terus menurun dan berkurang secara drastis.

Demikian tips singkat dan sederhana Cara Menjaga Battery Health iPhone Agar Tidak Cepat Menurun berlaku pula buat merawat device iPad iPod Touch supaya kesehatan baterai tetap terjaga kapasitas maksimum tidak berkurang dalam waktu singkat.