Question Hub Google: Penjelasan, Fungsi dan Cara Menggunakan

Demi meningkatkan kenyamanan pengguna pada hasil pencarian, Google sekarang sedang mengembangkan fitur terbaru bernama Question Hub untuk mesin pencari raksasa tersebut.


Apa Itu Question Hub

Question Hub adalah fitur dalam Google Search Engine berfungsi untuk menjawab banyaknya pertanyaan yang tidak terjawab atau tak tersedia di mesin pencarian utama.

Yep, itulah sisi lain dari Google Search, sebuah mesin pencari yang dinilai tahu segalanya. Meski serba tau dan canggih, dia tetaplah sebuah mesin belaka yang belum sempurna dalam membaca sifat serta bahasa sehari-hari manusia jika mengacu hal kontekstual.

Pengertian Apa Itu Question Hub Google Fungsi Manfaat

Mesin pencari cuma bisa jawab pertanyaan bersifat tekstual dengan kata baku. Contohnya: "Bagaimana Cara Mencuci Mobil." Dan biasanya bakal dijawab dengan sederet tautan atau URL berisi konten buatan penerbit, bloger, penulis atau kreator video di laman Google.

Kalau sudah masuk kategori bahasa kontekstual, mesin pencarian layaknya Google Search hanya mampu menerka-nerka. Kebanyakan mereka akan tampilkan saran atau rekomendasi kata kunci lain namun masih mengarah ke obyek.

Sebuah keyword kata kunci serupa seperti di atas tadi kadang kala tidak se-baku itu dalam praktik pembicaraan di kehidupan sehari-hari. Contohnya, seorang pengguna pasti ada yang mengetik "gimana ya cara nyuci mobil biar bersih."

Apabila konteksnya obrolan sehari-hari, yang paham tentu sesama manusia. Sedangkan Google berbeda, dia tak akan paham. Itulah mengapa Google otomatis menampilkan saran kata kunci lainnya yang mirip.

Titik utamanya disini, jika user kurang merasa hasil pencariannya tak memuaskan mereka dapat mengetikkan pertanyaan melalui kolom yang tersedia pada footer (sisi bagian bawah) situs Google lalu unggah.

Fungsi Question Hub

Setelah kamu coba tes ketik kata kunci non-tekstual dan tidak bisa dijawab oleh Google maka muncul sebuah kotak di bagian bawah laman untuk mengisi pertanyaan yang ingin kamu sampaikan. Silakan masukkan sesuai selera, lalu klik tombol Kirim tapi ya tidak perlu menunggu jawaban karena pertanyaan kamu tak akan terjawab secara langsung saat itu juga.

Lalu bagaimana mesin menjawabnya? Pertanyaan akan dijawab dengan metode hasil pencarian Search Engine pakai kata kunci serupa. Mengenai durasi penantiannya tergantung, ada yang cuma sehari, tiga harian, seminggu, 2 minggu bahkan sebulan pokoknya suka-suka mas Google saja lah kapan dia mau jawab dan kasih kepastian.

Question Hub Artinya Memanfaatkan Pertanyaan Google

Kira-kira siapa ya yang menjawab pertanyaan itu? Apakah karyawan Google? Atau CEO mereka saat ini, si Sundar Pichai? Atau bahkan pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin? Jawaban yang benar adalah para publisher / penayang, dan pembuat konten. Betul, para kreator lah yang menjawab baik dalam bentuk tulisan / teks di blog mau pun video.

BacaCara Mendapatkan Akun Google One Unlimited

Sederhananya Question Hub merupakan inovasi Google yang secara tak langsung mengajak kerjasama para publisher agar membantu mereka menjawab pertanyaan yang belum terjawab pada mesin pencari.

Karena tahukah kamu, fakta menurut pihak Google setidaknya ada 19% kata kunci terbaru SETIAP HARI yang belum, tidak, dan masih menunggu jawaban. Jika pada 2019 saja terdapat 6 miliar pencarian baru setiap harinya, cukup hitung berapa banyak dari persentase tersebut.

Terus apa gunanya ini buat para Blogger? Ambil dan manfaatkan celah kesempatan bagus ini. Karena kamu pun dapat bergabung sebagai pakar penjawab, cara menjawab pertanyaan di Question Hub Google juga lumayan mudah. Silakan buka alamat situs questionhub.google.com nanti akan muncul opsi buat Tambahkan Pertanyaan kemudian identifikasi, pilih kategori yang paling sering jadi topik / niche blog.

Begitu selesai memilih-memilah pertanyaan maka Google bakal menampilkan 10 macam pertanyaan itu sumbernya dari pengguna mesin pencari yang mengisi kolom kotak pertanyaan tadi. Silakan jawab dengan benar dan relevan pada kotak jawaban bisa juga mengisi artikel berkaitan dari blog kamu, kalau mau skip menolak pertanyaannya cukup tekan tombol "Ignore" atau tolak.

Manfaat Question Hub

Beberapa pertanyaan mungkin akan ditandai "Asked Multiple Times" artinya hal seperti itu sering ditanyakan oleh banyak pengguna baik yang sama persis atau berbagai tipe Question serupa mirip dirangkum. Bagi kami mengelola blog ShukanBunshun.com ini biasanya sering mendapatkan inspirasi buat bikin postingan baru.

Simak juga: Google Perintahkan Website Pakai HTTPS.

Kami ambil daripada banyaknya pertanyaan yang ditanyakan, menggali referensi, lalu uraikan jawaban terbaik sembari menyimpan link artikel pada Question Hub. Biasanya wajib melakukan integrasi pada fitur Google Search Console ini berfungsi agar link yang telah dicantumkan menjadi sebuah jawaban dapat terpantau langsung secara data, statistik dan jangkauan performa dengan jelas dari audiens mesin pencarian.

Penjelasan, Fungsi dan Cara Menggunakan Question Hub Google telah dibeberkan pengertian lengkapnya, meskipun masih dalam tahap Beta (pengembangan) setidaknya mulailah mencoba memanfaatkan, karena kabarnya jika terintegrasi ke layanan Google akan diprioritaskan.