Sonia Natalia JKT48 Umumkan Graduate, Team T Krisis?

Setelah ditinggal kapten (Ayana Shahab) dan seorang center (Adhisty Zara) yang sebelumnya juga mengumumkan kelulusannya, kini JKT48 Team T harus kembali merelakan member sekaligus wakil kapten yakni Sonia Natalia yang memutuskan graduate juga. 

Sonia Natalia JKT48 Graduate Keluar

Keputusan gadis asal Bandung yang biasa dipanggil Wawa itu disampaikan olehnya pada pertunjukan setlist teater Te wo Tsunaginagara (TwT), Sabtu (17/8) siang di lantai 4 mal fX Sudirman, Jakarta. 

"Terima kasih atas dukungan dan membantu meningkatkan kepercayaan diriku selama delapan tahun ini. Saya, Sonia Natalia JKT48 Team T memutuskan untuk lulus." kata Wawa kemudian disambut dengungan di tribun penonton. 

Alasan Sonia Natalia Graduate dari JKT48

Faktor sudah merasa cukup berkarir di JKT48 menjadi pertimbangan Sonia Natalia untuk keluar dari grup. Wawa melanjutkan lewat media sosial dan berkata ia akan tetap eksis di industri hiburan. 

"Aku nggak kemana-mana, justru bakal makin dekat sama kalian." ujarnya. Ia berharap juga dengan kelulusannya dari grup bisa semakin mendekatkan diri untuk berinteraksi bersama penggemarnya mengingat selama hampir delapan tahun ini dibatasi dengan penerapan sistem komunikasi satu arah di internet. 

Wawa dikenal dekat dengan juniornya, menurut pengakuan Eve Antoinette Ichwan. Sonia menjadi member kedua yang pernah merasakan berada di tiga tim JKT48 selain Achan.  

Doi sempat hiatus selama tiga bulan akibat cedera kaki saat penampilan konser. Julukan "Wawa" diberikan oleh komedian Tukul Arwana, geng Tanjoubi yang terdiri atas Sonia Natalia, Nabilah Ratna Ayu,  Beby Chaesara dan Shania Junianatha kemudian lebih sering memanggil dia pakai sebutan Wawa. 

Disinggung soal menikah, Sonia pernah kala suatu MC Theater berkata. "Aku mau nikah sama orang bule, dan pernikahan aku nanti dilaksanakan di suatu tempat luas semacam pulau dan khusus para tamu undangan." 

Karier Sonia JKT48

Sonia Natalia merupakan anggota generasi pertama JKT48. Ia bergabung bersama sang kakak yang lebih dulu graduate, Stella Cornelia Winarto.

Dipromosikan ke Team J, Sonia sempat malang melintang. Pindah ke Team KIII pada JKT48 1st Grand Shuffle September 2016 kemudian "turun kasta" ditransfer ke Team T sejak Mei 2018. 

Selama lima kali ikut berpartisipasi dalam ajang JKT48 Senbatsu Sousenkyo sayangnya peringkat tertinggi yang didapatkan Sonia Natalia sejak gabunv sampai graduate hanya ranking ke-26 (posisi Undergirls).