Waspadai Nomor Telepon +622131110889, Milik Siapa?

Nomor Siapakah +622131110889? – Awal Agustus 2019 rekan saya yang ngechat saya kalau lagi darurat doang tiba-tiba mengirim pesan, dari bar notifikasi terpampang nama beliau saya bergegas langsung cek isi pesannya di Telegram.

Nomor Siapakah 622131110889 Kode Area Apa Penipuan Telepon

Dia bilang begini: "Bro, liat deh (kirim foto Screenshot) hari ini dua kali gue ditelepon nomor +622131110889." katanya. Saya langsung meminta penjelasan dia karena menurutnya percakapan dengan sang penelepon agak absurd, kami pun mendadak jadi teringat kasus nomor 99575 serta 0188 belum lama kemarin.

Nomor Siapa +622131110889

"Gue angkat, kebetulan pas jam makan siang. Ini agak serem sih soalnya yang nelpon itu seolah tau identitas kita." lanjutnya.

Menurut bro Dharma, yang ia tangkal dari percakapan bersama penelepon dengan nomor +622131110889 adalah penelepon mengaku dari pihak mengatasnamakan Bank BCA yang bekerja sama dengan perusahaan PT Astra.

Berdasarkan penelusuran kami, memang terdapat hasil pencarian di nomor 02131110889 sama persis kasusnya. Pelapor dalam situs bahkan menjelaskan apa yang mereka alami ketika mengangkat telepon.

Sementara Dharma melanjutkan, "Intinya gue paham kalau itu penipuan, makanya gue agak nyesal gitu pas sadar kaga bisa merekam percakapan. Waktu itu kondisi lagi sendiri, pegang satu HP. Dan nggak punya aplikasi rekam telepon, kalau pun harus install dulu kan agak nanggung."

Pengguna internet lain mengatakan hal serupa tapi tak sama. "Saya dapat telepon dari 622131110889 dan 02150842888 begitu diangkat saya cuma diam, dia minta konfirmasi apakah betul detail nama lengkap saya (sensor) dan tinggal di (sensor). Saya tetap diam sampai ditutup sendiri sama dia teleponnya, mungkin penipuan." kata salah satu user Facebook.

"Errr... aku saranin jgn angkat deh tu nomer. Soalnya sekitar minggu lalu juga pernah ditelepon, semacam telemarketing gitu tapi ujung2nya kayak penipu. Sorry yey, aku udah paham trik mereka karna aku lebih sering ditelepon orang yg mau nipu daripada ditelpon pacar." tulis komentar pengguna lainnya.

Sejumlah pengguna di halaman akun fanpage FB Halo BCA bahkan membagikan pengalaman yang sama. Dari kesimpulan yang diambil beberapa pengguna, ada kemungkinan penelepon mengincar nasabah bank BCA.

Anda tak perlu khawatir apalagi panik, ini mungkin data nasabah bocor ke pihak lain. Terbukti dari penelepon +622131110889 yang mengetahui nama beserta alamat lengkap dan nomer telepon orang lain, sementara itu seorang pengguna Twitter bernama Ririn berbagi pengalamannya.

"Pagi min, barusan saya dapet telp atas nama Ibu Rachel dia bilang dari BCA sedang ada acara pengadaan asuransi premium sistem bayar Rp110 ribu per bulan nanti ada biaya penggantian rumah sakit maksimal 5 juta setahun. Apa ini betul dari BCAnya langsung? Mohon pencerahan." tulis Ririn kepada @BankBCA.

Saat ditanya rinciannya, Ririn mengaku telepon yang dimaksud berasal nomor 021-3111-0889 dan satu jam lagi ia akan dihubungi kembali. Namun begitu mendapatkan jawaban kepastian bahwa itu bukan penawaran pihak BCA, Ririn mengabaikan telepon masuk dari nomor tersebut.

Saran kami, sebaiknya abaikan jika mendapatkan telepon dari nomor tersebut di HP Anda dan jangan cepat senang apalagi percaya begitu saja jika Anda dinyatakan sebagai pemenang undian berhadiah apalah itu.

Sementara user Twitter bernama Nabil menuliskan kejadian dialaminya. "Baru dapat telepon dari 02131110889 katanya BCA, nawarin asuransi tapi ketika saya cek BCA tidak memiliki nomor tersebut."

Lalu begini respon @HaloBCA: "Kami informasikan kepada Anda nomor telepon pelanggan 021-31110889 tidak tercatat dalam data kami. Kami menyarankan Anda tidak memberikan data kepada siapapun, baik identitas akun atau kartu kredit, demi menjaga keamanan data."

Ditelepon 02131110889 Nomor Siapa Apakah Milik Penipu

Jika Anda angkat lalu ada pihak mengaku perusahaan ternama dan meminta data diri, atau mereka sudah mengetahui identitas seperti nama, alamat, nomor ponsel, pekerjaan Anda sebaiknya jangan berikan informasi sensitif tersebut dan abaikan saja.

"Tadi saya ditelefon, kode nomor 02131110889 ditawarin migrasi BCA Xpresi ke Tahapan saya bilang nggak mau makasug, terus dia sebutin identitas nama sama dia nanya rincian alamat saya bener apa nggak disitu, kemudian nyesel aja ngangkat walau gatau mereka penipu atau bukan." tulis pengguna lain. Kasih tau juga informasi ini ke teman, kerabat, keluarga, pacar kalau mereka adalah nasabah BCA agar tidak merespon telepon tersebut

Sebagai tindakan preventif silakan Blacklist nomor telepon +62131110889 ke dalam daftar Auto-Reject pada Smartphone Anda, nanti kalau dia nelpon otomatis ditolak oleh sistem (khususnya Android OS) sehingga tidak akan muncul sebagai panggilan masuk di layar HP.