Fungsi Threads Instagram dan Mengatasi Tidak Bisa Dibuka

Apa Itu Fungsi Threads Instagram? – Belakangan heboh pengguna Snapchat yang mengejek Instagram karena lagi-lagi media sosial milik Mark Zuckerberg itu menjiplak salah satu karya SC. Aplikasi terpisah bernama Threads dirilis oleh IG dan bisa diinstall secara gratis lewat Google Play Store (Android) serta App Store (iOS) per Oktober 2019 ini.

Mengatasi Aplikasi Threads Tidak Bisa Dibuka Instagram IG

Kalau diliat sekilas memang seolah Fungsi Threads Instagram tidak jauh berbeda dengan Insta Story. Bedanya mungkin jika Stories terintegrasi dengan aplikasi IG langsung di dalamnya, maka Thread ini bersifat Standalone (Pisah).

Boleh dibilang, Instagram Threads memang hasil modifikasi layanan Stories yang memiliki julukan "Camera First Messaging App". Pengguna dapat mengirim konten berupa foto, gambar GIF, dan video pada Thread.

Fungsi Threads Instagram

Instagram memang media sosial yang memprioritaskan foto serta video sebagai konten utama. Idealnya, ini juga mirip Twitter yang Swipe ke kiri dari halaman Beranda langsung otomatis membuka kamera Smartphone.
Selain itu, fungsi Threads Instagram juga mempermudah pengguna yang ketika dibuka aplikasinya bisa secara instan memotret foto atau merekam video sesuai preferensi masing-masing. 
Uniknya lagi, ke depannya Instagram akan menambahkan fitur Stories pada aplikasi Threads. Lalu apa gunanya Story yang sudah ada di App IG reguler? Akankah justru persaingan internal terjadi?

Sayangnya, kemungkinan rivalitas tidak akan terjadi kali ini. Sebab nantinya fitur Stories di aplikasi Threads akan sangat jauh berbeda signifikan jika dibandingkan Insta Story yang sekarang biasa dipakai.

Mengatasi Aplikasi Threads Instagram Tidak Bisa Dibuka

Gagal membuka aplikasi Threads bisa jadi karena memang belum stabil hingga artikel ini dibuat, Instagram juga mengaku masih dalam perkembangan khusus beberapa regional hingga tahap final nanti disebar ke seluruh dunia hingga integrasi antar platform ke Facebook serta WhatsApp.

Cara Menggunakan Threads Instagram Solusi Error Gagal Upload

Pada dasarnya prinsip utama fungsi Threads Instagram adalah kegunaan serta manfaat awal buat berbagi konten ke kerabat yang dibatasi seperti Close Friend, daftar teman dekat sebagaimana pengguna masukkan di Insta Stories.

Jadi kalau kamu mau menambahkan teman Instagram ke list daftar teman dekat, bisa langsung melakukan hal itu di aplikasi Threads. Cukup membuat daftar baru dan pilih teman, begitu menurut Director of Product Instagram, Robby Stein.

Fungsi Threads Instagram lainnya adalah kamu bisa berbagi lokasi dan aktivitas secara otomatis pada fitur Auto Status, tapi tenang kamu juga punya opsi untuk membagikan otomatis menjadi manual sehingga tak perlu khawatir terlacak serta diketahui pacar ketika kencan sama calon mantan gebetan.

Kamu juga dapat menambahkan emoji / emoticon, teks, dan lokasi pada foto atau video yang di-upload. Apabila kamu mengaktifkan Auto Status, maka ketika kamu unggah konten otomatis lokasi dimana kamu berada juga ikut terunggah.

Tapi tenang, lokasinya bukan pakai metode titik koordinat. Lebih ke lokasi publik dan penyebutan umum semisal "Sedang di kantor", "Lagi berada di ruangan", "Sedang dalam perjalanan", "Di Pantai" dan lainnya.

Contohnya: Kamu lagi naik sepeda dan buka aplikasi Threads lalu upload foto, maka Instagram mendeteksi lokasi pengguna sebagai "Sedang dalam perjalanan"  dalam tampilan status terbaru kamu. Baca juga: Bahaya Hublaagram buat akun IG.

Setting waktu juga dapat diatur, pengguna bisa mengatur berapa lama status yang mereka unggah bisa muncul. Apakah satu jam langsung hilang, atau sehari, tiga hari, seminggu dan semua data bakal disimpan di perangkat tiap user, bukan di server Instagram.

Konsekuensi besar mungkin jika kamu menghapus aplikasi Threads dari ponsel maka seluruh data yang disimpan termasuk friends list, komentar, postingan, akan otomatis terhapus dari HP bukan akun. Ini tersedia buat iDevice (iPhone, iPad, iPod Touch), dan Android Phone (Nokia, Samsung Galaxy, Huawei Nova Mate P series, Asus Zenfone, Xiaomi Redmi Mi, Oppo, Vivo, Advan, Infinix, Sony Xperia, LG, Nubia, Meizu, OnePlus).

Masalah Menyimpan Foto di Threads

Mengatasi dan memperbaiki aplikasi Threads Instagram tidak bisa dibuka saat menyimpan foto, tidak berfungsi saat digunakan, ngelag, lemot, error gambar, terhenti paksa alias Force Close, foto orang lain tidak muncul di feed, gagal mengunggah gambar (Error Upload) sampai keluar sendiri jangan panik.

Kenapa hal ini terjadi? Mengapa tak ada perbaikan?Ada beberapa faktor jadi penyebab, seperti sinyal lemah (saran kami gunakan koneksi jaringan WiFi kuat), internal storage mulai penuh, level baterai, memori RAM tak kuasa menampung, bug multitasking dan lainnya.

Solusi alternatif, kamu tidak perlu menghapus akun Threads atau Instagram karena ini tidak ada kaitan sama sekali dengan akunnya. Cobalah terlebih dahulu hapus data dan cache aikasi, lalu restart atau reboot Smartphone, kemudian login ulang, coba kembali.

Demikian tutorial singkat serta pembahasan mengenai Fungsi Threads Instagram dan Mengatasi Tidak Bisa Dibuka beserta solusinya, selamat menikmati aplikasi baru buatan IG.