Review Realme Buds Air: Berikan Pengalaman Mengesankan

Review Realme Buds Air, Berikan Pengalaman Mengesankan – Saat Realme Buds Air diperkenalkan ke publik admin ShukanBunshun.com langsung mempersiapkan diri mencobanya, sebab dari spesifikasi, harga dan desain, TWS Earbud ini sepertinya menarik perhatian untuk dicoba langsung. Berikut merupakan review realme BudsAir berdasarkan pengalaman pribadi.

Tahun 2019 mungkin jadi salah satu yang paling ramai untuk pangsa pasar True Wireless Stereo Earbuds. Mereka yang selalu mengikuti kabar perkembangan teknologi pasti sadar, kalau kini sudah banyak perusahaan yang tadinya cuma memproduksi perangkat Smartphone, sekarang ikut terjun jualan Wireless Earphone mengikuti jejak Apple dan Samsung.


Earphone Nirkabel diluncurkan kepada pengguna tidak semata-mata hanya dirilis, melainkan memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Khususnya mereka dengan mobilitas tinggi, aktivitas di luar ruangan, berpindah tempat, tanpa harus direpotkan kabel headset, kini mendengarkan musik bakal lebih nyaman, praktis, dan menyenangkan.

Salah satu kunci utama Wireless Earphone brand lain itu harganya tidak semahal milik Apple, AirPods Pro. Tentu saja disamping berbicara kualitas. Vendor yang ikutan bikin TWS Earbud adalah Realme, belakangan baru merilis sepasang earbud nirkabel bernama Realme Buds Air.

Jika dilihat sekilas desainnya memang hampir mirip seperti AirPods. Dengan banderol harga SRP Rp899,000, saya mendapatkannya ketika ikut sistem Flash Sale diskon menjadi Rp599,000. Untuk ukuran calon pesaing AirPods, apakah kualitasnya sebagus itu? Inilah pengalaman saya pakai Realme Buds Air selama 2 minggu.


Desain

Kalau orang lain lagi pakai Realme Buds Air warna putih di telinganya, mungkin saya akan mengira dia lagi pake AirPods. Kenapa? Sebab memang design TWS Earbuds ini benar-benar hampir sama seperti produk Apple tersebut.

Secara visual, sudut, sisi, bentuk, bahkan penempatan beberapa fitur ditempatkan serupa dengan Apple AirPods. Jika tidak diteliti, memang agak sulit membedakannya. Cangkang atau kasing yang menjadi tempat penyimpanan Realme BudsAir bahkan dibuat mirip dengan AirPods.

Tapi label tulisan "Designed by Realme" kayaknya sudah menjelaskan semuanya ya. Menariknya, Realme Buds Air hadir di pasaran dengan tiga varian warna berbeda yakni Putih, Hitam dan Kuning. Dari ketiga warnanya, yang kuning sempat bikin saya terkesima.

Tips trik realme buds air tersembunyi

Oke, kita kesampingkan kemiripan desain Realme Buds Air dengan produk TWS lain. Perangkat ini sifatnya portabel, seolah keliahatan bodinya compact dan kokoh digenggam serta mudah dimasukkan ke dalam saku kemeja atau celana sehingga dibawa kemana-mana lebih praktis. Sejauh ini kalau keluar ruangan dan dalam perjalanan, saya tidak pernah menyimpannya di dalam tas.

Ngomong-ngomong soal kotak pembelian, Realme Buds Air punya 'tempat bersembunyi' dengan sejumlah elemen berbeda yakni kasing atau say nyebutnya cangkang, yang mendukung teknologi pengisian baterai secara Wireless, kabel USB Type-C dan buku petunjuk manual.

Yap, Realme Buds Air sudah menggunakan port USB Type-C, tentunya menjadi kelebihan tersendiri. Ditambah kasing cangkangnya telah didukung lampu LED notifikasi sebagai indikator ketika lagi cas baterai, kalau proses charging sudah penuh warnanya akan berubah.

Ada juga tombol yang jika ditekan akan membuka penutup kotaknya dan bisa langsung menghubungkan Realme Buds Air ke perangkat ponsel yang lagi aktif. Meskipun saya pribadi cukup menyukai sepasang Realme Buds Air ini tapi desainnya agak gimana gitu, banyak orang yang berpikir sekilas ini kayak AirPods.

Realme Buds Air review Indonesia

Bukannya gimana ya, fine aja sih dikira pakai AirPods kebanyakan malah bangga gitu walau sebenarnya produk berbeda. Saya sendiri lebih suka kalau Realme punya ciri khas sendiri terutama dalam hal desain, sehingga tidak dibilang 'jiplak'. Oke bahas desainnya udahan dulu, lanjut.

Spesifikasi dan Fitur Realme Buds Air

Sebelum saya membahas tentang bagaimana kinerja Realme Buds Air, saya ingin memberi tahu Anda tentang spesifikasi, teknologi dan fitur yang disematkan pada TWS ini.

Panggilan Dual Mic, Teknologi ENC / Peredam Kebisingan
Chipset R1
Konektivitas Bluetooth versi 5.0, Google Fast Pair (GFP), Jangkauan Jarak Hingga 10 Meter
Control Touch Controls
Baterai Qi Wireless Charging, Tahan 15 Jam Penggunaan, Type-C, 3 jam durasi pengisian
Ukuran dan Berat Charging Case, Tinggi: 52.3mm, Lebar: 45.8mm, Kedalaman: 25.7mm, Berat: 42.5 gram
Sensor Optical Wear Detection
Kotak Pembelian Sepasang Earbuds, Casing Wireless Charging, Kabel Charger USB Type-C, Buku Manual


Realme Buds Air hadir dengan chip R1 dan memiliki fitur double mic / mikrofon ganda. Soal konektivitas, earbud Realme ini mendukung teknologi Bluetooth 5.0 dan GFP (Google Fast Pair). Selain itu, earbud berbobot 4,2 gram tersebut sudah suppott pengisian daya nirkabel Qi Wireless Charging, dan diklaim dapat bertahan hingga 17 jam lamanya.

Pengalaman Realme Buds Air kerusakan apakah ada masalah

Adapun berbagai fitur yang dimilikinya, sepasang earbud ini dilengkapi dengan dukungan untuk latensi Super rendah, Teknologi ENC (Environment Noise Cancellation / Peredam Suara Kebisingan di sekitar kita), Koneksi Otomatis pas dibuka, Deteksi Wear, dan Driver Booster Bass Dinamis.

Tips: Realme Buds Air hadir dengan beberapa fitur yang dapat disentuh; tap dua kali untuk menjawab panggilan atau memutar / menghentikan lagu, ketuk tiga kali untuk skip lagu, tekan dan tahan beberapa detik di salah satu sisi earbudnya untuk mengaktifkan asisten virtual Smartphone atau mengakhiri atau menolak panggilan telepon, dan tekan lama di kedua sisi earbuds untuk keluar dari mode permainan / Gaming Mode.

Kinerja dan Performa

Proses menggunakan Realme Buds Air melibatkan langkah pertama, yaitu menghubungkannya ke smartphone. Yang perlu kamu lakukan adalah menyalakan Bluetooth di HP kamu dulu sebelum menyambungkan, pilih opsi Realme Buds Air, dan kini Realme BudsAir siap digunakan.

Langkah ini menjadi lebih sederhana dengan fitur auto-connect yang memungkinkan Buds Air terkoneksi secara otomatis, dimana kamu hanya perlu membuka kasing dan earbuds akan terhubung ke perangkat ponsel. Tentu saja, kamu harus tetap menyalakan Bluetooth HP.

Realme Buds Air pengalaman pakai pribadi

Selanjutnya adalah mendengarkan lagu dong, dan saya mendengar sebagian besar genre musik hampir setiap hari, dalam perjalanan ke kampus, aktivitas bersama teman di luar ruangan, di perjalanan pulang, serba praktis. Sejauh ini Realme Buds Air sukses dijadikan sebagai teman pendamping Smartphone menggantikan headset wired berkabel dalam hal efektivitas.

Saya pake Realme Buds Air pada HP Android dan iOS, tetapi lebih sering pakai di iPhone saya. Jujur aja nih, saya awalnya tidak berharap banyak dari earbuds ini, tetapi selama pemakaian bisa mengubah mindset saya yang tadinya realistis jadi fantastis.

Meskipun pada awalnya, suara yang dihasilkan berbeda dari yang diharapkan, namun akhirnya sukses beradaptasi juga. Mulai dari genre EDM yang kebanyakan ngebass, ke lagu-lagu K-Pop, so far memuaskan audionya. Buat saya, Realme Buds Air memiliki bass yang memukau, walau dalam hal treble tak terlalu mengesankan.

Touch-control juga fitur yang bagus sebenarnya, namun butuh waktu beberapa saat untuk menjalankan tugas yang seharusnya kita mau, misal kamu tap 2x buat jawab telepon pasti bakal nunggu sekitar 1-2 detik untuk merespons.

Selain itu, fitur Wear Detection adalah yang bikin saya suka dari Realme Buds Air (meskipun mereka ikutan Apple). Tapi, butuh beberapa detik untuk berhenti memutar lagu, tentunya lebih lambat dari Apple AirPods.

Keluhan pengguna realme buds air error

Selama penggunaan saya, ada beberapa hal yang gagal membuat saya terkesan; pada volume tinggi, pengalaman dengerin musik akan mengganggu dan kayak ada kebocoran suara gitu.

Fitur Noice Cancellation yang berfungsi meredam suara di sekitar kita, kinerjanya di bawah rata-rata dan tidak bisa dibilang nyaman. Selain itu saya menggunakan earbuds ini saat naik MRT dan terus-menerus takut kehilangan salah satu earbudnya. Setiap kali saya menggunakan Realme Buds Air, saya harus menyesuaikan posisinya di telinga sesekali karena ya memang longgar banget gitu, sebuah ketidaknyamanan.

Karena itu, satu hal yang membuat saya terkesan adalah daya tahan baterai. Realme Buds Air bertahan selama seharian penuh menemai saya, cuma dengan satu kali charge. Walau sejujurnya makan waktu 3 jam buat cas sampai penuh. Pokoknya kalau bicara soal daya tahan batre, BudsAir ini mantap.

Kesimpulan

Realme Buds Air merupakan TWS dengan desain elegan dan fitur yang lengkap, kalau bagi saya, True Wireless Stereo punya Realme ini terbaik di kelasnya. Earbud ini juga menjawab kebutuhan saya yakni punya TWS dengan ketahanan baterai yang lumayan lama dan menemani keseharian saya di luar rumah.