Masalah Modem Huawei e5577 Max dan Solusi Memperbaiki MiFi

Perlu dipahami bahwa sebagian besar permasalahan yang admin Shukan Bunshun beberkan di artikel ini merupakan Modem WiFi Huawei e5577 MAX 4G Unlocked, varian MiFi baterai berkapasitas 3000 mAh dan mampu bertahan sampai 10 jam non-stop keperluan online serta standby melebihi 310 jam.

Jadi saya kurang tahu menahu soal MiFi e5577 varian di bawahnya atau versi spesifikasi baterai 1500 mAh. Seharusnya sih sama saja, merek dan tipenya mirip. Yang membedakan cuma kapasitas baterai serta firmware / software, kalau mengalami masalah serupa ada kemungkinan memang solusinya juga sama.

Mengatasi Huawei E5577 Max Keluhan Pengguna Error.png

Nah, kebetulan postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan Mifi Huawei e5577 Max, waktu beli dulu bundlingnya paket Telkomsel yang dapat gratisan 7GB per bulan selama 2 kali, kalau tidak salah. Review lengkapnya pernah dibahas sebelumnya, ini cuma membeberkan apa saja masalah paling umum yang sering terjadi di modem Huawei e5577 Max beserta penanganan praktisnya.


Tidak Ada Sinyal Wifi

Pernah tidak waktu coba koneksikan MiFi ke Smartphone Android tertulis sukses status Connected, tapi ternyata sinyal wifi di HP kadang hilang, lemah, bahkan cenderung nol bar. Ini saya alami pada ponsel Realme 5 Pro, saat saya coba suruh teman yang pakai Samsung Galaxy M30s dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro, ternyata sama saja.

Berarti permasalahan bukan pada HP, melainkan modemnya. Solusinya sudah ditemukan, yaitu dengan mengubah pengaturan MiFi menjadi otomatis demi menyesuaikan pada jaringan kartu operator seluler yang dipakai.

Caranya: masuk ke Settings (Setelan), pada opsi WiFi Advanced Setting silakan ganti angka 20M ke Auto. Kemudian simpan, coba disconnect - connect lagi MiFi ke Smartphone kamu. Seharusnya masalah tersebut sudah selesai teratasi, jika belum coba restart modem atau nyalakan ulang.

Gagal Terkoneksi dan Terdeteksi

Kamu mengalami error Modem Huawei e5577 Max yang tidak bisa terdeteksi dimana? Apakah perangkat PC / Laptop atau mobile Smartphone? Jika laptop, itu sama seperti yang kemarin saya rasakan juga. Penyebab utama dugaan saya ada kesalahan pada driver perangkat laptop.

Langkah solutif pertama adalah pastikan bahwa driver modem sudah terpasang pada sistem laptop, atau jika memang telah terinstall coba cek lagi di bagian USB Controller apakah driver masih ada?

Cara ceknya begini: buka laptop, pilih START atau kolom pencarian di Windows, ketik Device Manager dan tekan ENTER. Pada bagian Universal Serial Bus Controller lihat seharusnya driver muncul berdasarkan merk modem, dalam hal ini HUAWEI Mobile Connect.

Modem Huawei E5577 Max Tidak Terdeteksi MiFi Mengatasi

Sebaliknya, kalau ternyata hilang dan tidak ditemukan maka solusi alternatif wajib install ulang driver. Sudah paham kan memasang driver? Intinya ya gitu, copot modem jika terpasang dan tekan ikon Setup untuk install kembali, kemudian reboot komputer.


Mifi Huawei e5577 Max saya tidak terkoneksi di iPhone / iOS, gimana cara atasinya min?

Coba nonaktifkan terlebih dahulu perangkat modemnya, juga matikan koneksi wifi pada iPhone. Biasanya permasalahan ini muncul akibat crash antara jaringan data seluler dan wifi, kalau kamu lupa menonaktifkan koneksi internet pada SIM Card di Smartphone terus langsung mencoba menghubungkan ke MiFi jelas tidak akan berfungsi wifinya.

Tidak Bisa 4G dan No Service

Jaringan 4G LTE adalah salah satu keunggulan utama dari berbagai fitur pada Modem Huawei e5577 Max series. Namun kadang-kadang yang sangat disayangkan adalah penangkapan atau cakupan jaringan melemah buat hotspot.

Kalau kamu merasa kesulitan Lock 4G di Mifi tersebut, maka bukan sepenuhnya salah si modem. Bisa jadi akibat jaringan operator seluler pada provider yang kamu gunakan itu sedang tidak stabil.

Lalu bagaimana kalau ternyata sejak awal tidak bisa sinyal 4G? Ini dialami oleh rekan saya yang beli bekas di grup jual beli tergiur harga murah penjual, ketika dicek ke tukang servis abangnya bilang harus diperbaiki softwarenya ada yang rusak.

Tapi karena dia enggan bayar, akhirnya coba sendiri di rumah. Dan ternyata berhasil, apa yang dilakukannya? Cuma mereset ulang semua pengaturan MiFi ke setelan pabrik dan install ulang firmware. Dugaan sementara karena ketika proses unlock ada satu langkah yang dia lewati makanya stuck di sinyal 3G saja, bahkan kasus terburuknya sinyal No Service.

Bagi teman-teman yang beli mifi Huawei e5577 Max versi Locked dan mau melakukan Unlocked sendiri di rumah, pastikan jangan ada satu pun langkah yang terlewat. Khususnya kode Datalock dan WebUI yang berguna untuk menavigasi pengaturan modem, sekaligus mengecek speed/kecepatan, tampilan menu, cek nama provider, dan lainnya.

Baca: Cara Mengatasi SIM Not Provisioned.

Ganti Nama dan Password

Seperti yang disebutkan tadi salah satu fungsi WebUI atau Web Management Router juga berguna banget buat mengubah username dan password modem Huawei e5577 Max. Jadi kamu harus login ke tampilan situs kalau mau mengganti kata sandi dan user.

User dan password login secara bawaan/default sangat mudah ditebak, makanya disarankan langsung lakukan pergantian setelah selesai install. Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan PC/Laptop dan koneksikan modem. Cukup pakai kabel USB dari kotak pembelian dan bisa juga melalui jaringan WiFi.
  • Buka browser, bebas mau Mozilla / Chrome / Opera.
  • Pada kolom URL isikan alamat IP berikut: 192.168.1.1 tekan tombol Enter.
  • Pilih Pengaturan (Settings), isi data seperti username dan password sesuai yang dibutuhkan pada layar lalu Masuk/Login.
  • Seperti yang diketahui jika nama pengguna bawaan modem adalah admin.
  • Pilih WLAN, klik WLAN Basic Settings buat melanjutkan.
  • Terdapat bidang SSID, silakan isi nama ssid baru sesuai keinginan.
  • Arahkan kursor ke Security Mode, pilih metode keamanan yang kalian inginkan. Rekomendasi WPA2 Pre Shared Key.
  • Isi kata sandi alias password baru yang tidak gampang ditebak.
  • Periksa kembali data login dan jangan lupa diingat, catat kalau perlu. Setelah semua selesai, klik Apply.
Kini nama pengguna (Username) dan Password Modem Huawei E5577 Max telah diubah sepenuhnya. Tapi jangan senang dulu, sekarang agar orang tidak lagi bisa konek ke MiFi kamu sembarangan maka ubah nama user dan kata sandi buat login ke WebUI Modem.

Percuma kan kalau kita sudah ganti data akses WiFi Hotspot tapi ternyata orang lain masih bisa masuk ke pengaturan modemnya buat utak-atik data yang sebelumnya kita atur.

Tips Aktivasi

Sekadar update tambahan karena banyaknya pertanyaan yang masuk mengenai cara mengatifkan modem Huawei e5577 Max maka sekalian saya tambahin disini. Trik ini berlaku buat semua device ya, baik Android, iOS, dan PC.

Caranya mudah, tekan dan tahan tombol daya pada perangkat MiFi hingga lampu power menyala yang menandakan modem sudah aktif. Untuk menghubungkan ke HP Android dan iOS, scan atau pindai dulu SSID dengan nama Huawei lalu sambungkan.

Ubah SIM Card dan MicroSD

Apakah Modem Huawei e5577 MAX bisa pakai semua kartu provider? Tergantung, ada yang namanya versi Unlocked dan itu bisa menggunakan seluruh jenis operator seluler di Indonesia.

Cara pasang SIM Card ke mifi itu juga gampang, tapi pastikan kalau kartu perdana baru masukan ke HP dulu buat registrasi ke 4444. Pada modem berstatus unlocked, kamu bisa pakai provider XL, Axis, Tri / Three, Telkomsel (simPATI, AS, Halo), Smartfren atau Indosat IM3 Ooredoo.

Oh iya, modem ini sudah mendukung slot kartu memori eksternal. Kamu bisa menambahkan MicroSD Card ke dalamnya, saya pribadi tidak pernah menggunakan SD Card. Tapi kalau kamu mau coba, berikut ini caranya:
  • Buka casing belakang Mobile Wi-Fi Huawei kamu seperti saat mau memasukkan SIM Card.
  • Didekat baterai, ada tempat buat simpan kartu MicroSD silakan pasangkan ke slot dudukan memori.
  • Pasang baterai kembali.
  • Tutup lagi penutup bodi belakangnya. 

Baterai Rusak

Buat pengguna baru jangan lupa cas dulu sebelum dipakai, charge minima 30 menit lalu cabut buat setup seperti daftar, masukin kartu, set jaringan. Setelah selesai lanjutkan proses charging hingga lampu indikator berubah sampai Full 100%.

Tapi terkadang buat pengguna lawas, seringkali menemukan kendala baterai modem e5577 Max Huawei bermasalah. Seperti bocor menyebabkan boros / tidak irit / kurang awet / tidak tahan lama.

Normalnya daya tahan kapasitas 3000 mAh pada MiFi ini tuh mencapai 10-12 jam, 7-9 jam wajar lah ya kalau intensif. Namun apabila dari kondisi 100% tapi cuma bertahan di bawah 5 jam ada kemungkinan baterai lemah.

Perlu dicatat, ada rumus Cycle pada baterai MiFi modem ini yaitu 500 Cycle/Siklus. 1 Cycle dihitung ketika baterai berada di angka 50% terus dicas sampai 100% berkurang lagi ke 50% itu terhitung 1 siklus. Jika melebihi 500x begitu, wajar baterai makin lemah.

Solusinya adalah dengan mengganti baterai baru, saya pantau di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, semua hampir sama rata harga baterai Modem Huawei e5577 Max berkisar 55rb-65ribu. Tinggal pilih seller yang mana.

Segera lakukan pergantian baterai apabila sudah mengetahui tanda-tanda kerusakan. Kalau dibiarkan nanti bakal kembung, dan lebih parahnya lagi akan berakibat fatal ke komponen modem lainnya.

Spesifikasi Lengkap

Salah satu Modem WiFi atau MiFi paling laris diminati masyarakat tanah air saat ini adalah Huawei E5577 dan E5577 Max. Selain karena fiturnya lumayan lengkap, modem kni sangat membantu mereka yang kerap beraktivitas di luar ruangan berkat ketahanan baterai yang luar biasa mumpuni. Nih spek lengkapnya:
  • Support LTE Cat 5 Speed Up to 150 Mbps.
  • Mendukung sampai 10 pengguna maksimal.
  • Terdapat 2 slot eksternal antenna.
  • Dapat dijadikan WiFi Extender.
  • WebUI ringan, tampilan buatan Huawei super lengkap.
  • Kapasitas baterai jumbo, 1500 mAh dan 3000 mAh.
  • Bisa terhubung ke aplikasi Huawei HiLink, jadi kalau mau terkoneksi ke Wifi pakai Scan 2D Barcode bisa lebih cepat di Android.
  • Ada fitur SMS dan USSD.
  • Layar menggunakan TFT Screen LCD berukuran 1,45 inci semuanya sebagai informasi sinyal, indikator sisa baterai, menampilkan koneksi.
  • Tersedia slot kartu MicroSD up to 32GB.
Keren kan ya? Makanya jangan heran kalau kamu mencari MiFi di e-Commerce, yang paling banyak dibeli dan direview itu produk yang ini, Andromax M2P & M2Y Portable, atau Huawei E-5573s tanpa layar. Begitulah kurang lebihnya beberapa Masalah Modem Huawei e5577 Max dan Solusi Memperbaiki MiFi yang mengalami kerusakan. Good Luck.