Cara Mengganti Bahasa di Keyboard HP Realme dan Ubah Tema

Tips Mengubah Bahasa di Keyboard Realme – Smartphone berbasis Android OS memang dikenal dengan keleluasaannya. Seluruh pengguna memiliki hak untuk kustomisasi, memodifikasi, dan personalisasi tampilan antarmuka sesuai selera mereka masing-masing dalam berbagai aspek software.

Kamu bisa ganti font di HP Realme, mengubah tema (Theme), menghilangkan tombol menu navigasi di bawah layar, sampai yang akan kita bahas kali ini yaitu Mengganti Bahasa Keyboard di HP Realme serta hurufnya.

Cara ganti bahasa keyboard hp realme semua tipe.png

Fitur umum ponsel pintar sejak dulu sejatinya mengizinkan pengguna ganti bahasa keyboard HP Realme tanpa harus melakukan akses root atau oprek peranti lunak lainnya.

Hanya saja, saat itu ketersediaan jumlah bahasa di internet masih sangat terbatas. Tapi semakin hari makin berkembang teknologi, kini sudah ada sekitar lebih dari 230 bahasa berbeda di seluruh dunia yang tercantum pada Smartphone dengan sistem operasional robot hijau.

Cara Mengganti Bahasa di Keyboard HP Realme Semua Tipe (dan Mengubah Tema)

Ada beberapa istilah yang mesti dipahami sebelum mengganti bahasa keyboard HP Realme. Misalnya Spell Checker (Memeriksa Ejaan), Word Prediction (Kata yang Disarankan), Autocorrect berfungsi mengoreksi kesalahan kata yang Typo satu atau dua huruf.

Meski terkadang bagi pengguna tertentu fitur umum itu cukup mengganggu aktivitas mengetik, kamu bisa menonaktifkannya melalui menu Pengaturan kapan saja tanpa harus restart atau reboot ponsel Realme.

Sekarang bagaimana cara mengganti bahasa di keyboard HP Realme? Berikut panduan singkat dari kami, termasuk mengubah huruf di papan ketik bisa jadi ke tulisan Arab, Jepang, Korea, China Mandarin, Hindi, Russia, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugis, English dan lainnya.

Install aplikasi Google Keyboard atau GBoard melalui toko app Play Store gratis. Setelah pemasangan berhasil, masuk ke letak Settings ponsel Realme > Additional Setting (Pengaturan Tambahan) > Language & Inpiut.

Silakan pilih Keyboard Qwerty yang digunakan, dalam hal ini Gboard atau Swiftkey (tergantung kamu install yang mana). Kemudian pilih Bahasa / Language, hapus ceklis pada tulisan Use System Language agar opsi untuk memilih bahasa lainnya bisa muncul.

Lalu otomatis langsung tampil beberapa pilihan bahasa baru, sesuaikan selera dan setelah memilih geser Toggle ON hingga berubah warna dari abu-abu / putih menjadi warna biru atau hijau.

Prosss mengganti bahasa Keyboard di HP Realme berhasil dilakukan. Apabila kamu mau menambah bahasa lain yang tidak tersedia di aplikasi Gboard, bisa tambah melalui situs pihak ketiga.

Cara Mengganti Bahasa di Keyboard Realme ini berlaku untuk seluruh tipe yang pakai Color OS ala Oppo (user Realme UI bisa coba juga) antara lain:
  1. Realme 2 Pro Series
  2. Realme C1 / C1 Pro
  3. Realme C2 Pro series 
  4. Realme C3
  5. Realme U1 
  6. Realme X X2 Pro / X50 5G
  7. Realme XT
  8. Realme 3 Pro Series 
  9. Realme Q
  10. Realme 5 Pro Series 5i / 5s
  11. Realme 6 Pro
  12. Realme 7 Pro 
Papan ketik atau keyboard di Android bukan hanya bisa diubah bahasanya saja, melainkan gambar latar belakang, dan opsi modifikasi berdasarkan preferensi tiap orang yang memang berbeda.

Misalnya, kamu orang Indonesia tapi sudah fasih berbicara dan mengerti sepenuhnya bahasa Jepang karena tinggal di negeri Sakura untuk berbisnis (kerja). Alhasil, otomatis kamu akan lebih sering berkomunikasi dengan klien, partner, interaksi bersama teman menggunakan bahasa Jepang alias Nihongo.

Jika kamu mengubah bahasa keyboard di HP Realme ke Jepang, maka tampilan hurufnya juga otomatis menjadi Kanji atau Hiragana buat penulisan. Bukan lagi alfabet sebagaimana yang kita gunakan sehari-hari untuk mengetik.

Dalam pembaruan Android 10, bahkan jumlah negara ditambah yang tadinya hanya 230 menjadi 249, termasuk bahasa daerah di suatu negara. Misalnya bahasa Jawa, Sunda, dan Bali (ketiganya ada di Indonesia).

Tips terakhir, bila kamu ingin mengubah tema keyboard Realme masuklah ke Pengaturan, klik Change Theme, pilih apalah mau template desain bawaan aplikasi atau menggunakan gambar / foto sendiri dengan mengunggah (Upload) via Galeri HP.

Demikian trik sederhana Cara Mengganti Bahasa di Keyboard HP Realme Semua Tipe. Di Gboard kamu juga dapat menampilkan Emoji / Emoticon, Quick Typing, dan Suggestion mempermudah kamu mengetik.