8 Langkah Cara Upload Lagu ke YouTube Music Library di PC

Cara Mengunggah Lagu ke YouTube Music Library – Dalam peta persaingan bisnis layanan streaming musik, Google mungkin bisa dibilang masih di atas kertas dibandingkan kompetitor sekelasnya. Ini semua tentu tidak lepas dari fitur Upload yang praktis dan mudah dinavigasikan pengguna ke galeri/Library.

Jika Anda merupakan salah satu pengguna Play Music mungkin sudah memahami bagaimana cara berbisnis memanfaatkan fitur yang bisa dimaksimalkan tersebut.

cara unggah lagu ke youtube music library.jpg

Tapi biar bagaimana pun ketika YouTube Music muncul dan dirilis ke publik, warganet sedikit kecewa karena minimnya fasilitas buat mengupload lagu.

Namun itu cerita lama, karena sekarang YT Music sudah mengizinkan siapa pun upload lagu ke bagian Library untuk disimpan, dokumentasikan dan disebarluaskan.

Kini pengguna sudah bisa menyimpan berbagai macam lagu favorit atau bikinan mereka sendiri ke dalam bagian repositori koleksi YouTube Music.

Mungkin juga Anda sedikit penasaran dengan perbedaan layanan Upload yang ditawarkan antara kedua platform (Play & YouTube Music), nanti dijelaskan di bawah.

Sekarang penuhi beberapa syarat upload lagu ke YouTube Music berikut:

✓ Komputer PC/Laptop dengan koneksi internet stabil. Kenapa harus lewat Desktop? Karena sejauh ini mengunggah lagu tidak bisa dilakukan via aplikasi Smartphone – Maret 2020.

✓ Siapkan file lagu dengan salah satu format berikut: FLAC, MP3, M4A, OGG, dan WMA. Sampai sekarang belum mendukung format lain seperti M4Ps atau yang diproteksi DRM AAC.

✓ Pastikan akun YouTube Anda berstatus Personal, bukan Brand. Cari tahu perbedaannya di situs web Support Google.

Cara Upload Lagu ke YouTube Music

1. Kami asumsikan Anda sudah dalam keadaan login/masuk ke akun melalui music.youtube.com.

2. Cari tombol Unggah / Upload Music, dengan menekan terlebih dahulu tombol profil di pojok kanan atas.

3. Nanti akan terbuka menu Browse dan dialihkan ke File Manager PC, silakan cari berkas lagu yang mau diupload lalu tap Open.

4. Kalau baru pertama kali upload nanti biasanya bakal muncul notifikasi Pop-up yang harus menyetujui syarat dan ketentuan / kebijakan layanan.

Cara Upload Lagu di YouTube Music Library

5. Status unggahan berupa bar berjalan warna biru akan penuh ke 100% jika sukses mengupload. Kalau mau membatalkan Upload cukup menekan tombol Stop.

6. Kalau sudah selesai, biasanya tidak langsung muncul di katalog musik. Butuh waktu proses untuk ditampilkan di galeri YouTube Music Anda.

7. Apabila berhasil sepenuhnya, lagu akan tersimpan di Library YouTube Music.

8. Untuk mengetahui dan sekadar cek memastikan lagunya telah terunggah & dapat diputar, silakan menuju ke Library > pilih Songs/Album > tap Uploads.

Lagu yang selesai diunggah akan memiliki metadata dan gambar/cover sesuai dengan karya pemilik aslinya, meliputi namun tidak terbatas pada: informasi judul, nama penyanyi, tahun rilis, ciptaan siapa, meski tidak semua lagu menampilkan detailnya.

Selesai, mengunggah lagu ke YouTube Music Library berhasil dilakukan. Sejauh ini memang aksesnya mudah serta praktis buat pengguna yang mau mendokumentasikan segala macam bentuk karya lagu mereka.

Namun untuk saat ini Google mengatakan belum berencana migrasikan Play Music. Dalam pernyataan mereka menulis:

“Jika Anda ingin mentransfer seluruh pustaka Google Play Music Anda, tunggu saja - kami akan menyediakan cara untuk mentransfer musik Anda dengan baik. Tidak ada yang berubah dengan Google Play Music sekarang. Ketika kami mengganti Google Play Music dengan YouTube Music, kami pasti akan memberi Anda pemberitahuan sebelumnya.". – Google, Februari 2020.

Apakah harus langganan dulu agar bisa menggunakan Cloud Library YouTube Music? Jawabannya, Tidak. Anda tidak wajib langganan YouTube Music Premium, tapi kalau mau bebas iklan dan tersedia sercara offline maka wajib berlangganan.

Konten lagu yang Anda unggah bisa diputar dan dimainkan melalui gadget Smart Speaker (misalnya Google Nest Mini). Meski belum tersedia secara Global dan baru diluncurkan dalam versi Beta. Baca juga: Cara Mendapatkan YouTube Premium Gratis Selamanya.

Begitulah panduan singkat cara upload lagu ke YouTube Music Library gratis tanpa harus Subscribe versi premiumnya melalui PC, bukan aplikasi YT yang di Play Store atau App Store pada ponsel.