Skandal Sachi SGO48 yang Membuatnya Dikeluarkan dari Grup

Dalam sebuah unggahan postingan akun media sosial resmi, manajemen YAG Entertainment mengeluarkan pernyataan terkait skandal Sachi SGO48 yang sempat gempar di Facebook.

YAG menuliskan bahwa gadis bernama lengkap Nguyen Que Minh Han tersebut secara resmi melanggar kode etik dan regulasi grup, Sachi juga dianggap merusak reputasi perusahaan secara keseluruhan.

kasus skandal sachi sgo48 member gen 1 graduate

Dengan menimbang berbagai faktor diiringi tuntasnya penyelidikan kasus, Sachi SGO48 telah diberhentikan status keanggotaannya sebagai member grup idola asal Saigon itu.

Sebelumnya Sachi diketahui diam-diam memiliki hubungan spesial dengan seorang pria yang diketahui merupakan pacarnya. Hal ini diperparah oleh kekasihnya yang seolah memperjelas skandal Sachi SGO48, ketika lelaki tersebut mengunggah konten berupa foto dan video bersamanya.

Investigasi dilanjutkan, manajemen menemukan adanya kejanggalan. Kegiatan off dan on-air dihentikan, aktivitas di jejaring sosial juga sempat ditangguhkan sementara selagi penyelidikan berlangsung.

Hasilnya, bukti kuatitatif ditemukan. Sachi dinyatakan telah melakukan pelanggaran dengan pasal berlapis. Selain kencan bersama seorang pria, yang dalam Aturan Anti Cinta berlakunya larangan tersebut, ia juga diketahui menghina perusahaan.

Nguyen Que Minh Han dikabarkan memiliki akun pribadi yang dibuat atas nama samarannya untuk melontarkan kritikan pedas terhadap YAG Entertainment dan SGO48.

Sachi dicurigai berkat komentarnya yang mencurigakan, menggunakan akun anonim dan mengetahui cikal bakal asrama member hingga situasi internal dalam kubu idol group pertama di Vietnam itu.

Akun yang awalnya mencaci maki SGO48 karena memiliki peraturan yang ia anggap aneh, yakni melarang membernya berpacaran. Saat aktif pun Sachi sering berkomunikasi dan bertemu langsung dengan penggemarnya.

Sebagaimana diketahui, ada wadah dan acara tersendiri jika anggota 48 Group ingin bertatap muka, salaman dan berfoto dengan penggemar.

Seperti Handshake Event misalnya, dimana fans wajib memiliki tiket agar mendapatkan akses salaman dan ngobrol dengan member. Mencegah terjadinya peristiwa yang sama di masa depan, YAG Entertainment menambahkan pihaknya telah berdiskusi dan melakukan pertemuan daring dengan orang tua Sachi.

Kedua belah pihak sepakat, bahwa Sachi diberhentikan dari statusnya sebagai member SGO48. Alhasil, keputusan YAG Entertainment untuk memecat Sachi bersifat mutlak dan yang bersangkutan dilarang menggunakan nama SGO48 untuk segala aktivitasnya di masa mendatang, terhitung mulai Mei 2020.

Ini kasusnya mirip skandal Hikari SGO48, namun yang membuat Sachi dipecat dan lebih parah adalah ia dengan inisiatif sendiri melanggar sejumlah regulasi yang ditetapkan oleh manajemennya.

Jika ingin menyamakan dengan member di lingkaran AKB48 Group lainnya, maka skandal Dani MNL48 bisa jadi teman satu lingkup Sachi, saat ia juga dipecat akibat insiden yang hampir sama.

Penggemarnya terlanjur kecewa, beberapa dikabarkan merobek foto dan poster Sachi hingga tanpa henti melakukan penyerangan terhadap akun pribadi yang digunakannya saat kritik SGO48.

Kaycee selaku kapten yang bertanggung jawab atas perilaku teman seperjuangannya meminta maaf kepada penggemar. Melalui Instagram Story, dia berharap fans tetap memberikan dukungan kepada member yang bersungguh-sungguh.

Meski demikian, SGO48 berterima kasih kepada Nguyen Que Minh Han serta menegaskan pihaknya melarang penggemar untuk menghina Sachi secara personal mengingat status dia kini bukan lagi sebagai member aktif.