Cara Menjadi Admin Grup Facebook yang Tidak Ada Pengurusnya

Kemarin di sela obrolan lewat video telekonferensi sempat membahas tentang media sosial Facebook yang baru saja meluncurkan fitur terbaru mereka yakni Dark Mode. Yap, setelah tampilan versi desktopnya dibuat hampir mirip dengan Twitter, kini mereka juga tidak mau kalah untuk memanjakan pengguna lewat Mode Gelap.

Tapi yang satu menarik perhatian saya dan belum sempat dibahas di blog Shukan Bunshun ini adalah tentang pengelolaan grup Facebook. Kini, grup FB yang tidak ada adminnya bisa diambil alih oleh pengguna asalkan memenuhi persyaratan tertentu.

Cara Jadi Admin Grup Facebook.png

Apa saja syaratnya? Meski tidak dijelaskan secara spesifik oleh pihak Facebook, bahkan dalam Kebijakan Layanan atau Ketentuan Pengguna sampai dicari di halaman bantuan pun belum dibahas secara resmi.

Tapi berdasarkan pengalaman rekan saya yang berbagi informasi terkait bagaimana cara dia mendapatkan grup Facebook milik temannya, tentunya secara legal dan atas seizin pemilik.

Kronologis kenapa bisa sebuah grup diambil alih adalah sebagai berikut: Jika akun seorang pengguna Facebook terkunci, atau pemiliknya hilang akses login dan sudah tidak bisa digunakan lagi, bisa juga karena akunnya dinonaktifkan sejak lama.

Otomatis grup yang sebelumnya ia kelola kini hanya menyisakan anggota (Members) saja. Tanpa Admin dan Moderator sebagai pengelola, nah disini pengguna FB yang tadinya cuma jadi anggota biasa di grup bisa saja mengambil alih grupnya.

Namun ada ketentuan yang harus dilakukan, dan sayangnya ini hanya berdasarkan pengalaman seorang pengguna saja. Bukan tips resmi dari Facebook itu sendiri. Lalu apa sajakah itu?

1. Menjadi Anggota Paling Aktif

Facebook akan mendeteksi apabila kamu merupakan member yang sering berdiskusi dan aktif berinteraksi di dalam grup tersebut. Pada dasarnya, user FB yang mengunggah postingan, komentar, atau mengunjungi suatu grup lebih dari tiga kali dalam sehari bisa dikatakan aktif.

Belum bisa dipastikan acuan yang jadi seberapa aktifnya seorang member grup Facebook dan dapat dikatakan layak menjadi admin atau ditawarkan oleh FB.

2. Kontribusi Besar

Tanpa mengurangi nilai-nilai yang terkandung pada poin pertama tadi, kontribusi disini bukan cuma posting kiriman atau gambar dan berkomentar saja. Beberapa faktor jadi pertimbangan seperti melaporkan postingan yang melanggar Standar Komunitas Facebook atau peraturan spesifik yang dibuat admin grup.

Dua persyaratan tadi sebenarnya sederhana, tapi siapa yang paling aktif akan mendapatkan satu tombol menarik dan langka didapatkan. Yaitu: Penawaran jadi admin grup.

Biasanya ini muncul di bilah notifikasi, atau ketika kamu mengunjungi grup yang adminnya kosong tersebut. Ingat, hanya pengguna tertentu yang bakal dapat tawaran langsung dari Facebook agar menjadi pengelola grup yang tidak dimiliki siapa pun.

Langkah alternatif adalah dengan menggunakan alat khusus yang beredar di internet. Namanya Facebook Toolkit, bisa didapatkan secara gratis dan memiliki beragam fungsi.

Salah satu fungsinya bisa menjadikan akun FB sebagai pengurus grup yang kosong adminnya. Tools itu berbentuk ekstensi serta terpasang pada browser Google Chrome, ketika mengunjungi grup tanpa admin nanti akan muncul pemberitahuan "Claim As Admin".

Karena ekstensinya buat Chrome Desktop, maka wajib memakai PC / Laptop ketika mengaksesnya. Semakin banyak grup FB tidak terurus berkat pengguna yang biasanya memilih pensiun bermain Facebook atau beralih ke media sosial tertentu.

Begitulah panduan sederhana mengenai cara jadi admin grup yang kosong dan mendapatkan akses menjadi pengurus group FB baik dengan atau tanpa alat khusus.