Batasan FUP Paket IndiHome Learning From Home Berapa?

Kemarin rekan saya baru saja mengaktifkan layanan koneksi internet Wi-Fi di rumahnya. Dia memilih IndiHome sebagai ISP yang digunakan, kebetulan ia juga membeli paket Learning From Home (LFH) sebuah paket promo dari Telkom Indonesia.

Paket LFH IndiHome mulai muncul sejak diberlakukannya peraturan Belajar dan Bekerja dari Rumah oleh pemerintah. Ini memiliki dua varian khusus terbagi menjadi Dual Play dan Triple Play.

Berapa FUP Learning From Home IndiHome.png

Keduanya dapat diakses kapan pun di rumah, membantu menunjang kebutuhan jaringan internet untuk kerja dan sekolah/kuliah pengguna. Sebenarnya banyak Internet Service Provider yang memberikan promo serupa, seperti First Media, Biznet, MyRepublic, CBN, hingga XL Home.

Namun mungkin hanya IndiHome yang paling terjangkau dari segi harga dan cakupan jaringan dibanding pesaingnya tersebut. Bagi pelanggan yang menikmati layanan paket Learning From Home akan diberikan akses gratis dalam satu menu IndiHome Study.

IndiHome Study adalah paket belajar online berbentuk aplikasi dan tersedia untuk Android, iOS (iPhone) hingga Windows (PC) semua dirancang buat pelajar sekolah mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan sederajat. Semua bahan materi yang tersedia berupa buku, foto soal, video, komik edukatif.

Paket Learning From Home dari IndiHome memiliki kecepatan internet sebesar 10Mbps (1MB/s). Baik pelanggan lama atau baru, berlaku untuk Dual Play (2P) san Triple Play.

Perbedaan Dual Play dan Triple Play terdapat pada fitur dimana keduanya sama-sama dibekali Internet Unlimited dan Telepon 50 Menit. Sedangkan Triple Play dimanjakan oleh layanan TV Interaktif sebagai kelebihan utamanya.

Ketika berlangganan paket Learning From Home pertama kali, pelanggan berkesempatan mendapatkan akses kuota tambahan 50GB. Ini buat mereka yang juga berlangganan pada periode awal promo.

Soal biaya yang dikeluarkan, pada masa-masa promo pelanggan dikenakan tarif sebesar Rp169.000 untuk Dual Play dan Rp199.000 buat Triple Play.

Harga normal keduanya berubah menjadi Rp195.000 Dual Play IndiHome dan Triple Play adalah Rp235.000 per bulan. Nah, penasaran kan kira-kira berapa FUP paket Learning from Home IndiHome?

Untuk itu saya mencoba menelusuri lebih dalam, di YouTube seorang kreator mengatakan bahwa FUP paket IndiHome Learning From Home dibatasi sebulan 300GB, namun ia membayar lebih dari harga tercantum di atas.

Sementara rekan saya mengatakan dengan harga 169k ia mendapatkan limit batas pemakaian wajar atau FUP Learning From Home IndiHome sebesar 150GB per bulan.

Di satu sisi, pengguna yang sudah berlangganan lebih dari 4 bulan mengatakan kepada kami bahwa FUP yang diterimanya berbeda dan semakin menurun tiap bulan.

"Bulan pertama aku dapet 300GB, FUP bulan kedua 250GB, terus bulan ketiganya 150GB. Ini sekarang lagi di bulan keempat entah berapa limitnya." kata dia.

Memang kalau dilihat dari harga, pelanggan tidak harus berharap banyak. Mengingat biasanya paket reguler berupa internet unlimited dengan layanan TV interaktif pun kerap dibatasi oleh FUP.

Adanya batas pemakaian wajar dinilai efektif mencegah terjadinya ketidakadilan antar pengguna, sehingga pemerataan jaringan bisa dinikmati semua pelanggan. Apalagi IndiHome jadi ISP paling banyak jumlah penggunanya saat ini.

Bagi Anda yang penasaran berapa FUP Learning From Home paket IndiHome, jika pemakaian sudah 150GB kemudian kecepatan menurun dari 10Mbps ke bawahnya maka kemungkinan sudah dibatasi.