Solusi Memperbaiki Error SU-42118-6 PS4 Saat Update

Bagaimana Cara Mengatasi Error SU-42118-6 di PS4? – Jadi rekan saya datang bertanya soal PlayStation 4 miliknya yang kembali mengalami masalah error SU-42118-6, padahal sebelumnya saya sudah memperingkatkan beliau agar tidak update.

Mengapa? Ada alasan bagi sebagian pengguna PS4 untuk tidak buru-buru memperbarui software. Khusus dalam kasus teman saya ini, penyebab utama munculnya error SU-42118-6 di PS4 Pro dia karena pernah dibuka.

Cara Memperbaiki SU 42118 6 Error PS4

Maksudnya PS4 dia sebelumnya sudah pernah dibongkar baik keperluan ganti pasta, memperbaiki hardware, atau utak-atik komponen lainnya.

Sehingga setiap ada update software bisa berpotensi error. Tragedi ini pertama kali dialaminya saat update 7.50 muncul, dan kembali terjadi di versi 7.51 Juni 2020.

Cara Mengatasi Error SU-42118-6 Update PS4

Apa saja yang dia lakukan sendiri untuk memperbaiki permasalahan SU 42118 6? Ia menjelaskan kepada saya beberapa langkah yang ditempuhnya sendiri seperti:

Melepaskan Power Brick, mencopot pita DVD, update ulang berkali-kali tapi ketika gagal dia coba menghubungkan DualShock 4 pakai kabel USB lalu klik Next, membalikkan posisi DVD (ada kabel yang terpasang di sisi DVD. Kalian bisa membiarkannya dan dekatkan DVD ke PS4.)

Bahkan dalam sejumlah kasus, mereka yang tidak pernah membongkar isi PS4 bisa saja terkena error ini. Kalau ada yang menyarankan buat Factory Reset, JANGAN dilakukan. Karena tidak akan memperbaiki masalah.

Kalian tidak sendirian, makin banyak user PS4 yang mendapatkan "An Error Has Occurred SU-42118-6" di perangkatnya.

Saya mencoba bertanya ke @AskPlayStation di Twitter, jawaban mereka begini: "Kami sedang mencoba mempelajari masalah hardware yang terjadi. Jika Anda membutuhkan bantuan dan pembaruan silakan cek berkala, gunakan juga alat Fix & Replace sementara ini. Silakan kembali lagi nanti sementara kami sedang mendeteksi permasalahan ini."

Solusi berikutnya Anda bisa mencoba install Driver baru, beberapa pengguna memindahkan Drive tanpa menyentuh Mainboard sama sekali.

Masalahnya error SU-42118-6 ini sudah terjadi sejak lama, jika pihak Sony saja belum menjelaskan rinci soal solusi perbaikannya, bagaimana dengan user yang hanya menebak semuanya?

Lanjutan dari Nadhiva Wilhelmina di grup Facebook: "Gue bisa akses ke Safe Mode, pas selesai coba update via USB stik alias Option 3 terus updatenya jalan kan, eh malah gagal PS4 restart sendiri."

Ada juga yang membeli Hard Drive Internal PS4 baru di Amazon, tapi dia belum berani pasang atau install dulu karena takutnya permasalahan serupa bisa muncul kembali.

Kemudian selang beberapa jam akun bernama Rifqy berkomentar memberikan solusi singkat. "Ini gara-gara Fuse yang overheat dan terhubung ke konektor pemutar BluRay di mainboard. Nama Fusenya F6202. Ganti aja."

Solusi lain datang dari Angga, tukang servis PS. "Error SU-42118-6 dulu sih karna konektor pita yang menghubungkan BD-ROM dan Motherboard rusak atau bermasalah, biasanya PS4 yang pernah dibongkar. Coba kembalikan ke posisinya semula."

"Jadi kalo PS4 pernah lepas kabel pita yang tersambung dari bd-rom ke motherboard, ini bisa mematahkan pin sisi kiri pada slot bd-rom. Coba dulu balikin ke posisi semula."

Anda dapat mencoba semua solusi yang diberikan pengguna PS4 lain jika mengalami masalah SU-42118-6 dan sebaiknya langsung memperbaiki error tersebut agar penggunaan game via kaset berjalan normal.