Cara Menghubungkan HP Realme ke Laptop Asus Semua Tipe

Bagaimana cara menghubungkan ponsel Realme ke Laptop Asus? – Pembahasan sebelumnya pada edisi review Asus X441BA versi update kami mengulas tentang tips memantau kondisi baterai perangkat komputer atau PC (termasuk laptop) menggunakan Smartphone Android. Dan tutorial tersebut membutuhkan setidaknya satu unit HP berbasis OS robot hijau sekaligus aplikasi khusus.

Aplikasi yang dimaksud dapat menyambungkan dua perangkat berbeda antar OS, dalam hal ini laptop Asus (Windows 10) serta HP Realme (Android). Ini juga berfungsi apabila Anda mau menampilkan layar Smartphone di PC tanpa harus root apalagi oprek hardware lebih dalam.

Menyambungkan HP Realme ke Laptop Asus.png

Koneksikan HP Realme ke Laptop

Selain hanya menyambungkan layar agar tampil di laptop juga bisa bermanfaat untuk keperluan lainnya semisal:
  1. Memindahkan file dari HP Realme ke PC Laptop
  2. Transfer data, dokumen, berkas foto video dari ponsel realme ke komputer
  3. Semua cara praktis dengan atau tanpa kabel USB
  4. Nonton film, streaming musik memutar lagu, main game mobile.
Jika bahan yang diperlukan sudah siap seperti kabel data, jaringan internet stabil, dan baterai penuh. Maka selanjutnya colok terlebih dahulu kabel ke HP realme lalu sambungkan ke laptop Asus Anda.

Baca juga: Cara Ganti Bahasa Keyboard HP Realme.

Panduan ini juga bisa diterapkan pada berbagai jenis PC, Lenovo (Yoga, Legion) Dell (Latitude, Elitebook, XPS, Inspiron, Alienware), Toshiba, Acer (Predator, Chromebook, Nitro) Asus (Vivobook, ROG, ZenBook) HP (Pavilion, Spectre), MSI Gaming, GigaByte, Apple MacBook Air / MacBook Pro, Google PixelBook.

Mengatasi HP Realme Tidak Terbaca di Laptop

Kemarin salah satu pengguna sempat juga mengatakan dia mengalami masalah ketika mau pindahin foto dari galeri Smartphone Realme ke laptop.

Ia mengakui, penambatan USB di ponsel Realme miliknya ternyata muncul notifikasi tidak tersambung alias gagal terhubung (Not Connected). Permasalahan seperti ini sebenarnya dialami juga oleh pemakai Xiaomi, Vivo, Honor, Samsung, Oppo, Infinix, Nokia, bahkan Asus.

Perangkat mereka pun sama tidak terbaca oleh device komputer meski sudah mengikuti prosedur tutorial dengan sempurna. Tentu saja, kita nggak bisa menilai satu sisi karena terdapat beberapa kemungkinan yang jadi penyebab gagal terkoneksi HP Realme ke PC.

Solusi awal mengatasi problem ini dengan cek kabel USB yang dipakai menghubungkan HP Realme ke Laptop Asus. Lalu periksa juga port lubang tempat colok kabel datanya, silakan hubungkan apakah kendor? Jika iya, gunakan USB Cable lainnya.

Kami selalu merekomendasikan Anda agar memakai kabel USB bawaan yang dipakai buat charge ponsel. Guna memastikan proses berjalan lancar, serta tidak menimbulkan efek berbahaya ke HP Realme kamu bagi jangka panjang.

Pastikan USB Debugging HP Realme Aktif

Lanjut, cek lagi apakah USB Debugging telah aktif?Secara garis besar, fitur ini adalah layanan penghubung utama yang bisa menampilkan konten dan layar HP Realme ke Laptop Asus. Berlaku semua tipe seperti realme 2 Pro / realme C1 Pro / C2 / C3 realme 3 Pro / realme 5 Pro / realme U1 / realme X / X2 / realme XT / realme C11 / realme 6 Pro / Narzo dan seterusnya.

Laptop berbasis Windows 7, 8 atau 10 sekalipun akan terasa lebih mudah dan praktis dinavigasi bagi pengguna awam dibanding Linux dan Mac OS khususnya mengatasi HP Realme tidak terhubung ke Laptop Asus.

Mengaktifkan USB Debug cuma butuh akses ke Developer Option dan semua HP Realme telah mendukung fitur ini meski memang masih tersembunyi. Agar terbuka aksesnya silakan ikuti tutorial berikut:
  • Masuk ke menu Pengaturan (Settings) Realme.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan About Phone (Tentang Ponsel).
  • Pasti bakal muncul opsi Build Number, tap atau ketuk beberapa kali (7x) dengan cepat.
  • Jika sukses maka notifikasi terlihat kamu berhasil mengaktifkan opsi pengembang dan bisa langsung menyalakan USB Debugging. 

Memang terkesan mudah agar ponsel Android bisa terhubung ke PC cuma butuh kabel data asli, tapi pesan error yang sering muncul terkadang malah bikin bingung pengguna meski sebenarnya solusinya juga sederhana.

Demikian postingan kami mengenai Cara Menghubungkan HP Realme ke Laptop Asus Semua Tipe apabila gagal terdeteksi dan kamu temukan trouble lain berdasarkan pengalaman silakan sampaikan di kolom komentar agar didiskusikan kembali dan menemukan solusi memperbaiki kendalanya.