Memaksimalkan Fitur Pinned Comment di Instagram

Akhirnya yang dinantikan banyak pengguna Instagram kini sudah tersedia secara publik. Fitur Pinned Comment, secara resmi dapat dinikmati seluruh user. Banyak manfaat dan kelebihan hadirnya Pinned Comment di IG serta dapat dimaksimalkan.

Dengan tujuan untuk mengurangi interaksi atau komentar bernada negatif dan tidak pantas, Pinned Comment pada Instagram bakal berguna sekali memoderasi postingan supaya lebih ternetralisir.

cara pin komentar instagram

Bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial, fungsi Pinned Comment Instagram dapat dipakai buat menyematkan komentar testimonial yang positif dan menguntungkan.

Bersamaan dengan itu, menghapus komentar dalam jumlah banyak sekaligus juga sudah ditambahkan. Termasuk membatasi mereka yang selalu spam kalimat kurang relevan di kolom komentar.

Alat moderasi di Instagram ini layaknya YouTube, perbedaan signifikan terdapat pada jumlahnya. Kalau di YT cuma bisa satu komentar di Pinned, selebihnya Likes. Sedangkan Instagram mengizinkan pengguna pinned comment sebanyak tiga komentar berbeda.

Sayangnya, Anda tidak atau belum bisa Pinned Comment sendiri di Instagram. Tetapi ada cara alternatif menyiasatinya, yaitu gunakan strategi "Bersikap Tidak Peduli" pada komentar negatif.

Bisa juga menambah interaksi di komentar yang baik, positif dan tidak menyinggung siapa saja seperti reply atau membalas, berikan like buat mereka. Komentar itu penting di medsos seperti Instagram. Mereka memberikan data / Insight harian sampai mingguan di dasbor akun IG.

Membangun hubungan komunitas, dan membantu followers yang bertanya kebingungan soal postingan. Inilah peran Pinned Comment di Instagram untuk moderasi semua kata-kata yang dilontarkan.

Makanya tidak heran banyak influencer, artis, tokoh masyarakat, pejabat politik, YouTuber, brand perusahaan yang gembira atas kehadiran Pinned Comment buat melawan tindakan penghinaan sampai menjawab pertanyaan (FAQ).

Selain itu apa saja manfaat Pinned Comment bagi pebisnis di Instagram?

Berikan Spotlight Pada Testimonial

Kadang penjual merasa risih ketika posting foto atau video produk, tapi di kolom komentarnya malah tidak relevan sesuai postingan. Seperti misalnya ajakan untuk menambah followers, dan entah bagaimana kebanyakan mereka tampil di Top Comment.

Disinilah Pinned Comment berfungsi sebagaimana mestinya, penjual bisa menyematkan komentar yang mengandung testimoni dari produk yang mereka unggah fotonya.

Apalagi berdasarkan survei, lebih dari 91% konsumen mengatakan review positif dari pembeli lain mempengaruhi keputusan mereka buat bertransaksi, ini menjadi bagian dari strategi media sosial.

Sejujurnya saya juga demikian, misalnya sebelum beli casing HP Redmi Note 10 Pro, saya akan bertanya kepada mereka yang sudah beli. Bertanya soal respons penjual, pengiriman dan kualitas produk. Kolom komentar IG memungkinkan hal itu lebih sering terjadi.

Ambil Tanggung Jawab

Sebuah studi pada 2019 silam menemukan bahwa 74% masyarakat berpikir kalau brand harus sadar dan bersikap pada kejadian yang dialami konsumennya, atau peristiwa yang melibatkan perusahaan.

Contohnya, brand kamu viral di Twitter karena kesalahan karyawan. Terus ada orang komentar di IG, dan bertanya "Apakah kalian bakal bertanggung jawab?". Jadi dari pada menghapus, menutup kolom komentar dan menghindar, sebaiknya berikan respon.

Pin komentar pertanyaan itu di Instagram, dan jawab dengan elegan & transparan bahwa brand siap menindaklanjuti permasalahan tersebut. Ini akan menambah tingkat kepercayaan dan kredibilitas secara keseluruhan kepada publik.