Seperti Apa Perubahan Algoritma Instagram?

Bagaimana sih cara kerja algoritma baru Instagram?  – Sebuah pertanyaan yang menyebabkan banyak kebingungan pengguna IG sejak feed yang tidak beraturan lagi. 

Kalau Anda sering menghabiskan waktu di media sosial Instagram, mungkin sedikit menyadari bahwa algoritma IG memang agak misterius. Tapi sebenarnya jika sudah memahami algoritma ini, bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang menyesuaikannya. 

algoritma instagram

Menurut Instagram, ada enam faktor utama yang berpengaruh terhadap algoritma, diantaranya: 

1. Minat atau Ketertarikan 
2. Hubungan atau Interaksi 
3. Aktualitas atau Ketepatan
4. Frekuensi 
5. Akun yang Diikuti
6. Penggunaan 

#1. Minat 

Timeline dan bagian Explore Instagram Anda bukan cuma tergantung pada siapa yang diikuti atau follow, tetapi juga jenis konten unggahan dan akun seperti apa yang Anda sukai (Like) secara terus-menerus. 

Contoh, Anda menyukai lima postingan berbau Gadget baik dari postingan atau akun yang membahas Gadget, maka konten dengan topik Gadget bakal lebih sering muncul jika Anda hanya menyukai tiga unggahan tentang K-Pop. 

Pada dasarnya Feed Instagram itu kombinasi perilaku pengguna di media sosial tersebut. Akun yang sering berinteraksi dengan Anda, orang yang ditandai di foto, hingga jenis konten yang Anda sukai & komentar. 

Engagement atau keterlibatan seperti apa yang disukai Instagram supaya sebuah postingan jadi populer? 

Menurut Instagram dalam akun @Creators, mereka meranking konten berdasarkan engagement berikut: Jumlah Komentar, Like, Share, dan Views (jika video). Kerap menjadi referensi pengguna untuk memilih foto/video dan caption yang menarik. 

#2. Hubungan 

Algoritma Instagram lebih memprioritaskan konten dari kerabat, keluarga, serta akun yang paling Anda pedulikan. Jadi sebelum menentukan konten yang ditampilkan di Feed kalian, algoritma akan menggunakan interaksi Anda dengan orang yang terdekat dengan Anda. 

Seorang Software Engineer Instagram, Thomas Dimson, berbagi informasi bagaimana IG secara teoritis mengetahui orang yang paling Anda pedulikan, berdasarkan cara Anda memainkan Instagram. 
  • Akun yang sering Anda sukai baik postingan, Insta Story, dan video Live. 
  • Akun yang Anda kirimi pesan Direct Message (DM). 
  • Orang yang Anda cari lewat kolom pencarian. 
  • Orang yang Anda ketahui di kehidupan nyata. 
Nantinya Instagram akan lakukan kalkulasi keterikatan ini sekalinya Anda mengikuti akun seseorang dengan menampilkan konten yang mereka unggah dan memonitor bagaimana Anda ikut terlibat dalam kontennya. 

#3. Aktualitas dan Ketepatan

Ternyata bukan cuma Engagement saja yang menjadi pertimbangan dalam menentukan algoritma Instagram terbaru, namun juga tergantung pada seberapa lama postingan tersebut sudah diunggah. 

Algoritma Instagram juga menimbang kapan Anda membuat posting, karena mereka bakal memberikan Anda konten orang lain yang paling baru serta menarik. 

Apabila Anda mengunggah postingan pada rerata waktu dimana kebanyakan followers pada online, itu bakal meningkatkan keterlibatan (Engagement) baik menambah Like, Comment dan Share secara signifikan. 

#4. Frekuensi 

Seberapa sering Anda membuka Instagram? Kalau lumayan sering, katakanlah lebih dari lima kali sehari, maka Feed Instagram secara ajaib akan berubah menjadi berurutan kembali. 

Mengapa demikian? Instagram terus mencoba memberikan konten & postingan terbaik yang belum Anda temukan sejak terakhir kali membuka aplikasi mereka. 

Sebaliknya, bila Anda termasuk yang sangat jarang buka IG, maka Instagram akan menyajikan postingan berdasarkan poin nomor 1 dan 2 tadi, yakni Minat & Keterikatan. 

#5. Following atau Akun yang Diikuti

Berapa banyak akun yang Anda ikuti di Instagram? Kalau Anda mengikuti banyak pengguna, maka sistem memiliki banyak opsi menentukan postingan. 

Sehingga jangan heran kalau hanya menemukan satu unggahan dari suatu akun saja di timeline yang tidak berurutan seperti sekarang ini. 

#6. Penggunaan

Bila Anda menghabiskan banyak waktu di Instagram, maka sistem akan menggali katalog lebih dalam dan Anda akan menemukan banyak postingan lainnya. 

Bahkan kalau sudah melewati batas konten yang disediakan, Anda akan mendapatkan notifikasi tanda centang dan tidak ada lagi postingan baru yang tersedia di timeline. 

Nah, ketika hal itu terjadi maka algoritma secara otomatis menampilkan konten dari akun yang belum Anda ikuti. Konten tersebut ditampilkan kepada Anda berdasarkan kelima poin utama tadi.