Pembaruan Reels Instagram Berdampak Perubahan Algoritma

Instagram telah mengumumkan kebijakan algoritma baru dalam fitur Reels dan sepertinya bakal berdampak secara signifikan bagaimana kreator dan brand menggunakan platform yang viral mirip TikTok ini. 

Algoritma Reels Instagram yang terbaru ini akan menyingkirkan video yang diambil dari platform lain. Misalnya video asli diunggah di TikTok dan terdapat logo atau watermark TikTok, itu akan tersingkirkan oleh algoritma baru. 

algoritma reels instagram

Mereka ingin lebih menghargai kreator yang membuat kontennya secara langsung di Reels. Buat brand dan kreator, pembaruan ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan audiens lebih tinggi serta memaksa pengguna makin kreatif. 

Bagaimana Algoritma Reels Berjalan? 

Kilas balik saat awal perilisan, algoritma Instagram Reels masih menjadi misteri. Khususnya konten yang ditampilkan sebagai rekomendasi kepada pengguna, atau di halaman Explore Reels. 

Namun dalam unggahan terbaru, Instagram mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak merekomendasikan pengguna mengunggah ulang video dari platform lain ke Reels. Misalnya dari TikTok, itu akan dianggap sebagai video dengan kualitas rendah. 

"Jika ada sebuah video yang menampilkan watermark platform lain, video tersebut bisa saja sulit ditemukan di halaman eksplor dan atau Tab Reels." tulis pernyataan akun @creators di Instagram. 

Pada dasarnya update algoritma Reels akan menyingkirkan video kualitas rendah dan hasil reupload dari aplikasi lain, akan sulit ditemukan oleh pengguna Instagram sehingga bakal menerima sedikit jumlah views pada videonya. 

Ini jelas langkah tegas Instagram untuk mencegah kreator yang mengunggah video ke Reels hanya untuk mempromosikan akun TikTok mereka. Walau sebenarnya tidak salah, namun feedback pengguna yang mengatakan terlalu sering diarahkan ke TikTok oleh kreator, mulai memikat perhatian Instagram. 

Selain itu, Instagram pun menambahkan mereka memprioritaskan konten yang "Menghibur, lucu, menarik dan informatif." untuk ditampilkan di halaman rekomendasi Reels & dipromosikan kepada pengguna IG. 

Bagaimana menyiasati pembaruan algoritma Reels Instagram ini? Cukup buat konten berikut: 
  • Original = Asli dari kamera atau HP sendiri, bukan video milik orang lain dari TikTok, Facebook atau Twitter misalnya. 
  • Lucu dan Menghibur = Yang bikin orang tertawa, menarik perhatian. 
  • Menginspirasi = Mulailah tren baru yang orang lain bisa ikuti. 
  • Gunakan alat atau tools yang disediakan seperti filter, teks, atau efek kamera. 
  • Rekam video dalam bentuk vertikal. 
  • Menggunakan musik atau lagu yang disediakan dari Instagram & Reels, audio yang dibuat di Reels juga boleh. 
Hindari video yang terlalu blur dan kualitasnya rendah, jangan upload jika ada watermark atau logo dari platform lain. Jika terlalu banyak tulisan atau teks di video, sebaiknya dikurangi. 

Memang pembaruan algoritma Reels Instagram ini sejatinya mendorong kreator agar lebih kreatif dan memanfaatkan segala macam fitur bawaan yang telah disediakan.