3 Tips Meningkatkan Engagement di Instagram

Cara Meningkatkan Engagement Instagram. Banyak yang merekomendasikan akun brand untuk mendalami data dan statistik performa akun media sosial mereka. Baik dalam bentuk komentar, jumlah like, share, save, berapa banyak views di Insta Story hingga pesan langsung (DM) untuk memahami bagaimana perkembangannya dari hari ke hari. 

Ada banyak langkah yang bisa dicoba. Seperti misalnya memahami waktu terbaik buat posting foto/video, membuka interaksi di Instagram Stories dengan memanfaatkan fitur bawaan, menguji coba dan analisa jenis konten baru. 

Meningkatkan Engagement Instagram

Namun jangan lupakan trik lama yang masih berfungsi yakni menuliskan caption yang lengkap, panjang dan informatif. Membuat konten yang bikin orang lain ingin sekali menyimpan di arsip (Saved Post), sampai penggunaan tagar yang relevan. 

1. Buat Konten yang Layak Dibagikan 

Ada fitur yang namanya membagikan sebuah postingan ke DM dan Insta Stories dengan cepat ketika kita menekan tombol Share pada unggahan di Instagram. Ini yang harusnya dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Kuncinya adalah membuat konten yang bikin orang lain itu ingin sekali repost unggahan kita ke Story atau DM. Misalnya ikutan trend yang lagi viral saat itu, atau sesuai dengan topik pada akun Anda yang relevan serta pengguna butuhkan. 

Contohnya: konten infografik, data yang bisa mengejutkan orang, gambar lucu namun masih terikat dengan tema akun, hingga quotes yang ada kaitannya sama topik yang dibahas. 

Apalagi kini Anda bisa mengetahui seberapa banyak konten diunggah ke Instagram Stories orang lain, ini mempermudah pengguna menjadikannya referensi mengenai postingan jenis apa yang disukai para pengikut di akun IG tersebut. 

2. Membuat Caption Panjang Tapi Informatif 

Saat ini semua pengguna bisa membuat caption di Instagram dengan panjang maksimal 2200 karakter. Jelas lebih baik dibanding Twitter yang hanya 280 karakter saja, sebaiknya manfaatkan ketersediaan kapasitas tersebut dengan menuliskan caption yang lengkap. 

Sebab seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa salah satu faktor yang menentukan algoritma Instagram adalah seberapa lama pengguna menghabiskan waktu di sebuah postingan. 

Jadi menuliskan caption yang panjang, informatif dan lengkap merupakan tips bagus untuk meningkatkan engagement di Instagram. Menurut data dari Fohr, ada perbedaan signifikan antara Instagram tahun 2016 dan 2021. 

Dimana hampir semua akun yang menuliskan caption panjang mendapatkan engagement lebih baik, keterlibatan interaksi pengguna bisa ditingkatkan juga lewat hashtag / tagar tanpa harus mengurangi relevansi. 

3. Menentukan Waktu Terbaik untuk Posting

Sebagian pengguna mungkin sudah memahami kapan waktu terbaik buat mengunggah postingan di Instagram agar mendapatkan banyak engagement baik dalam hal Like, Comment, Share dan Save. 

Mengupload konten di waktu yang kurang tepat dianggap kurang memanfaatkan kesempatan. Unggah postingan saat-saat dimana mayoritas pengikut lagi pada online dan aktif merupakan hal yang harus dilakukan user IG. 

Karena seperti kita ketahui bahwa algoritma Instagram menyukai postingan yang memiliki banyak engagement, khususnya dalam satu waktu singkat. Jika demikian, maka unggahan Anda akan muncul di posisi teratas dalam feed para followers. 

Gunakan alat Instagram Analysis untuk memonitor serta mempelajari kapan waktu yang tepat unggah konten di IG berdasarkan aktifnya sebagian besar followers. 

Sebagai catatan, tiap akun Instagram jelas punya data yang berbeda mengenai kapan mayoritas followersnya aktif bermain IG, berdasarkan zona waktu juga. Silakan manfaatkan hal ini karena dapat meningkatkan engagement Instagram.