Menambahkan Stiker Musik ke Instagram Stories (Insta Story Music)

Kini Anda dapat menambahkan musik ke Insta Story. Dengan hadirnya sticker musik ini memungkinkan seluruh pengguna memasang lirik lagu dalam unggahan Instagram Stories yang mengandung soundtrack atau musik kesukaan. 

Namun sayangnya hingga saat ini stiker musik di Instagram Stories jumlahnya sangat terbatas. Tercatat dalam perpustakaan musik atau Music Library yang disediakan secara gratis oleh IG itu masih banyak berstatus 'No Access' atau tidak dapat diakses. 

cara memasang stiker musik ig stories insta story instagram

Setidaknya semua pengguna Instagram sudah mulai bisa mencoba memasang stiker musik Insta Story yang telah disediakan tanpa harus khawatir soal hak cipta lagu, karena jika sudah terdaftar di Library artinya lisensi telah dipegang Instagram sepenuhnya. 

Ada pun cara menambagkan Stiker Musik ke Instagram Stories adalah sebagai berikut: 

1. Pastikan memperbarui aplikasi Instagram versi terbaru, masuk ke App Store (iOS) dan Play Store (Android) untuk memastikannya. 

2. Buka aplikasi Instagram, kemudian seperti biasa tap tombol kiri atas untuk memulai Insta Stories. 

3. Setelah kamera terbuka, ambil atau upload foto dan video yang akan diunggah ke Insta Story. 

4. Saat proses editing, tekan tombol Stiker yang terletak di bagian atas layar, lalu pilih "Music" sticker. 

5. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman Instagram Music Library, dimana kalian akan menemukan ribuan jenis lagu yang terdaftar buat dipasangkan ke Insta Story. 

6. Untuk tab bagian "For You" ini berisikan rekomendasi lagu yang disarankan oleh Instagram. Sementara "Browse" buat mencari kategoru atau musik yang lebih spesifik. 

Meski terbatas, tetapi stiker musik Instagram sudah ditambahkan lagu-lagu penyanyi populer seperti Ariana Grande, Beyonce, Eminem, Rihanna, Taylor Swift, Justin Bieber hingga Alan Walker berkat kerja sama Facebook dengan perusahaan label rekaman. 

Catatan: Apabila Anda mengunggah Insta Story lewat akun berjenis Bisnis, maka jumlah musiknya akan lebih sedikit lagi. Hal ini karena persetujuan lisensi Instagram belum sepenuhnya rampung. 

Setelah memilih lagu favorit, Anda bisa mempercepat atau memundurkan musik yang dipilih hingga mendapatkan bagian nada yang disukai & pas buat diupload ke Insta Story. 

Mengikuti batas durasi Insta Stories, maksimal lagu yang dapat ditambahkan ke Instagram Story adalah 15 detik saja. Jadi silakan pilih pada bagian musik tertentu yang memang layak diunggah. 

Tambahan: Tidak semua lagu ada liriknya, kalau memang sudah tersedia biasanya langsung muncul di layar begitu lagunya dimainkan. Menariknya lagi, pengguna bisa mengubah jenis font pada liriknya. 

Kalau ada orang lain yang melihat Insta Story Anda, mereka bisa menekan lirik lagunya untuk mengetahui siapa penyanyi musik tersebut beserta detail judul lagu, album dan tanggal rilisnya, mereka juga dapat ikut memutar musiknya. 

Kenapa Stiker Musik Instagram Tidak Muncul? 

Ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebab mengapa Sticker Music di Insta Story tidak muncul. Awal-awal dirilis memang hanya tersedia di negara tertentu seperti Selandia Baru, Kanada, Australia, Amerika Serikat, Inggris Raya, Swedia, Jerman dan Prancis. 

Tapi setelah pembaruan, lebih dari 92 negara sudah kebagian. Indonesia termasuk salah satunya. Nah, makanya disarankan rajin update aplikasi Instagram supaya fitur stiker Insta Stories muncul di akun Anda. 

Menambahkan Stiker Musik ke Instagram Stories dapat membuat variasi Insta Story jadi lebih berwarna. Ini yang nantinya bisa jadi akan diikuti oleh Twitter Fleets, LinkedIn Story, WhatsApp Status dan Facebook Story juga.