Cara Mengaktifkan Update Otomatis iOS di iPhone Semua Tipe

Bagaimana cara aktifkan auto-update iOS di iPhone? Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan pembaruan perangkat lunak otomatis di iPhone. iOS adalah salah satu sistem operasi paling populer di dunia, dan terus dikembangkan, ini bikin pengguna yang mendapatkan pembaruan membuat iOS lebih baik dan lebih efisien. 

iPhone dilengkapi dengan pembaruan perangkat lunak otomatis (Auto Update Software) yang memungkinkan iPhone untuk secara otomatis memeriksa dan memperbarui iOS. Jika Anda ingin mengotomatiskan pembaruan iOS, maka tutorial ini mungkin bisa jadi referensi. 

cara update ios otomatis iphone

Cara Mengaktifkan Update Otomatis Software iOS di Semua iPhone

Seluruh proses mengotomatisasi pembaruan perangkat lunak (enable auto update software) sangat sederhana. 

Memang bagi pengguna awam bakal sedikit kebingungan, mengingat letak pengaturan ini tersembunyi jauh di dalam menu Settings. 

1. Buka pengaturan dan pergi ke bagian Umum (General).

2. Di sini, ketuk bagian Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update). 

3. Anda akan melihat opsi Pembaruan Otomatis; ubah menjadi hijau dengan menggeser Toggle ON. 

pengaturan mengaktifkan update ios otomatis iphone

4. Kembali ke halaman sebelumnya untuk menyimpan perubahan. 

Sekarang sistem akan secara otomatis memeriksa dan memperbarui versi terbaru iOS ke smartphone iPhone Anda. Namun, ada beberapa prasyarat, seperti iPhone Anda harus memiliki penyimpanan yang cukup, baterai minimal 50%, dan harus terhubung ke WiFi untuk proses update. 

Selain itu masalah dengan pembaruan otomatis adalah terkadang muncul bug yang bisa sangat mengganggu. Dalam skenario ini, yang terbaik adalah menunggu beberapa hari, misalnya kita tunggu dulu hasil review orang lain dan kemudian memperbarui iOS yang tanpa bug. Baca juga: Tips Menjaga Battery Health iPhone Tidak Cepat Menurun.

Inilah alasan kenapa banyak orang justru enggan memakai auto update dan lebih memilih untuk menonaktifkannya serta perbarui iOS secara manual. Karena jika sedang di luar ruangan, tanpa ada charger dan baterai di bawah 20% tapi Auto Update menyala & mulai memperbarui software itu bisa fatal buat iPhone. 

Sekarang beberapa orang juga lebih suka memperbarui perangkat lunak sesuai preferensi mereka sendiri, jadi apa pun alasan Anda jika Anda ingin menonaktifkan pembaruan perangkat lunak otomatis, ikuti langkah-langkah tadi.

Untuk menonaktifkan update otomatis caranya masih sama. Bedanya pada langkah nomor 3, tinggal geser Toggle ON menjadi OFF atau sampai berubah dari hijau ke warna abu-abu. 

Seperti itulah cara mengaktifkan dan menonaktifkan auto update atau update otomatis software iOS untuk semua iPhone.