Cara Mengatasi Aplikasi CapCut Error Tidak Bisa Dibuka

Panduan cara memperbaiki CapCut tidak dapat dibuka aplikasinya. Bagi Anda pengguna Android dan produk Apple iOS / iPhone yang suka edit foto atau video menambahkan musik serta efek lainnya menggunakan aplikasi Capcut mungkin mengalami masalah error ada bug yang bikin app ini gagal terbuka. 

Apalagi ketika Anda sedang dalam tampilan editor video untuk upload ke TikTok dan SnackVideo, tiba-tiba keluar sendiri dan sulit untuk masuk kembali. Ketika dibuka justru muncul tulisan notifikasi berikut: "Sayangnya CapCut telah berhenti." atau sering kita sebut Force Close pada Android. 

mengatasi capcut tidak bisa dibuka error.jpg

Lantas apakah ada solusi mengatasi CapCut Tidak dapat dibuka? Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda memperbaiki aplikasi ini agar berfungsi normal kembali seperti sediakala. 

1. Lakukan Restart 

Sebenarnya rutinitas pengguna smartphone untuk menyegarkan semua sistem dan komponen, termasuk software & hardware dengan rajin reboot/restart perangkat tiap 3-4 hari sekali. 

2. Install Ulang 

Langkah selanjutnya mengatasi aplikasi CapCut tidak bisa dibuka yaitu reinstall atau melakukan instal ulang. Silakan hapus dulu data dan cache lewat pengaturan, kemudian uninstall lalu install kembali lewat Google Play Store. 

3. Hapus Cache dan Data 

Proses penghapusan Cache sama saja membersihkan file sampah yang ada dalam smartphone, khususny di aplikasi CapCut.

Namun kalau dilanjutkan menghapus Data/Clear Data, maka semua pengaturan dan editan yang belum selesai di aplikasi tersebut akan terhapus. Tetapi berkas atay file di galeri HP akan tetap ada sebagaimana mestinya.

Belum diketahui apa penyebab terjadinya error pada aplikasi CapCut ini. Dugaan sementara karena kompatibilitas di kebanyakan smartphone yang sejak update tidak sepenuhnya mendukung untuk menggunakan fitur terbaru mereka. 

Wajar saja, ukuran aplikasi CapCut setelah diinstal akan memakan banyak ruang penyimpanan internal terlebih apabika kalian rajin edit video buat konten. Selain itu, CapCut juga mengonsumsi memori RAM pada HP Android yang tidak sedikit tentunya. 

Jika diibaratkan aplikasi edit video di PC, ini mirip Adobe Premier yang digandrungi oleh banyak kreator untuk mengedit konten mereka sebelum mengunggah ke jejaring sosial atau platform semisal YouTube, TikTok, Snack Video, Instagram hingga Facebook. Baca juga: Monetisasi TikTok untuk Dapatkan Uang dari Platform.

Sekian dulu topik kita kali ini tentang cara mengatasi aplikasi CapCut error yang tidak dapat dibuka atau force close (keluar sendiri) hingga mengganggu proses edit video Anda.