Memasang Link di Instagram Story Tidak Lagi Butuh 10 ribu Followers

Selama bertahun-tahun syarat memasang tautan atau link di Insta Stories dibatasi hanya untuk akun pengguna Instagram dengan jumlah pengikut minimal 10000. 

Belakangan, Instagram sudah mengubah kebijakan ini untuk brand dan kreator yang baru merintis ke dunia digital. Mereka mengizinkan semua orang membagikan link ke Insta Story tanpa persyaratan apapun. 

cara menambahkan musik instagram story insta stories.jpg

Pengguna yang sebelumnya memiliki kurang dari 10 ribu followers meminta Instagram menghapus syarat berbagi tautan di Insta Story. Dan tampaknya platform milik Mark Zuckerberg itu mendengarkan keluhan user. 

VP Product Instagram, Vishal Shah mengonfirmasi bahwa perubahan kebijakan ini guna mendukung kreator & brand kecil. Pihaknya mendengarkan masukan dari banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa share tautan di Insta Story. 

Shah juga menambahkan, perusahaan berharap adanya perubahan ini membantu lebih banyak pengguna memanfaatkan fitur berbagi link. Meski demikian, akun pengguna haruslah tetap terverifikasi baik melalui email atau nomor HP mereka. 

Menambahkan Fitur Swipe Up di Video IGTV

Kini pengguna sudah bisa menambahkan fitur Swipe Up link pada video IGTV yang mereka buat. Bahkan jika Anda tidak memiliki 10 ribu pengikut seperti persyatatan sebelumnya. 

Menariknya lagi jika di Insta Stories pengguna hanya dapat mengirimkan satu tautan, maka di IGTV Anda bisa memasang lebih dari 1 link sekaligus. Caranya cukup cantumkan URL tujuan di deskripsi. 

Fitur ini bisa dimanfaatkan sebagai landing page minimalis tanpa harus bikin situs web baru lagi sebagai teaser atau perkenalan produk & meyakinkan orang buat menuju ke tautan produk sebuah brand. 

Ada pun cara menambahkan link di video IGTV dari Insta Story sebagai berikut: 

- Rekamlah sebuah video dengan minimal durasi 15 detik, maksimal 10 menit dan unggah ke IGTV. Cantumkan link pada deskripsi videonya. 

- Buatlah Insta Story, tambahkan tombol aksi ke Stories yang bikin orang lain tertarik untuk Swipe Up dan menggeser panah di bagian bawah layar HP mereka ke atas.  

- Tap tanda panah kecil yang terletak di samping bagian judul IGTV untuk mengetahui link video IGTV. 

- Pilih ikon tautan/link di atas layar dan tap "IGTV Video", sekarabg video IGTV dapat diakses langsung dari tautan Swipe UP pada Instagram Story. 

Tips: Bikin pengguna tertarik untuk swipe up buat nonton video IGTV Anda, misalnya tuliskan kalimat meyakinkan atau unggah cuplikan dari IGTV. 

Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk Instagram Shop, hanya saja pada bagian poin keempat "IGTV Video", pilihannya diganti ke "Shop".