Solusi Mengatasi Gradle Android Studio yang Gagal dan Error

Panduan cara setting gradle offline di Android Studio untuk import file usai install memakai BuildGradle terbaik tanpa mengubah versi Gradle. Serta tutorial bagaimana mengatasi Gradle Android Studio error tidak berfungsi semestinya. 

Gradle adalah sistem build (open source) yang digunakan untuk mengotomatiskan Bud, pengujian, penerapan, dll. "Build.gradle" adalah skrip tempat seseorang dapat mengotomatiskan tugas. 

mengatasi build gradle android error

Misalnya, tugas sederhana untuk menyalin beberapa file dari satu direktori ke direktori lain yang dapat dilakukan oleh skrip Build Gradle sebelum proses Bud yang sebenarnya terjadi. 

Alasan Gradle Dibutuhkan 

Mengapa Gradle dibutuhkan? Setiap proyek Android memerlukan gradle untuk menghasilkan apk dari file .java dan .xml dalam proyek. 

Sederhananya, gradle mengambil semua file sumber (java dan XML) dan menerapkan alat yang sesuai, misalnya, mengubah file java menjadi file dex dan mengompres semuanya menjadi satu file yang dikenal sebagai apk/abb yang benar-benar digunakan. 

Ada dua jenis script build.gradle 
  • Build.gradle tingkat atas (Top Level)
  • Build.gradle tingkat modul (Module Level) 
Top-Level Build Gradle itu terletak di direktori proyek root dan fungsi utamanya adalah untuk menentukan konfigurasi build yang akan diterapkan ke semua modul dalam proyek. 

Sementara Build.gradle Module-Level terletak di direktori proyek/modul proyek, skrip Gradle ini adalah tempat semua dependensi ditentukan dan tempat versi SDK disimpan. 

Skrip ini memiliki banyak fungsi dalam proyek yang mencakup tipe build tambahan dan pengaturan override di manifes utama/aplikasi atau file build.gradle tingkat atas. 

Debug apk/abb umumnya digunakan untuk tujuan pengujian atau kita dapat mengatakan bahwa itu digunakan pada tahap pengembangan saja. 

Ketika aplikasi Anda lengkap dengan fitur yang diinginkan dan Anda siap untuk mempublikasikan aplikasi Anda untuk penggunaan eksternal, maka Anda memerlukan apk/abb Rilis yang ditandatangani menggunakan keystore rilis. 

Sekarang mari kita jelaskan beberapa file gradle seperti Setting.gradle.

File setting.gradle (Pengaturan Gradle) digunakan untuk menentukan semua modul yang digunakan dalam proyek aplikasi buatan Anda. File build.gradle level teratas (modul) adalah file build level project yang mendefinisikan konfigurasi build di level project. File ini menerapkan konfigurasi ke semua modul dalam pembuatan aplikasi Android. 

Mengatasi Gradle Build Android Studio yang Error 

Android Studio (1.2 RC0) terus memunculkan notifikasi kesalahan menjalankan Android begini: "Sinkronisasi project Gradle telah gagal diselesaikan. Harap segera perbaiki project Anda, lalu coba lagi." Solusinya sebagai berikut: 

1. Masuk ke File terlebih dahulu, lalu Batalkan/Cancel cache / Mulai Ulang (Restart)
2. Matikan dulu Android Studio 
3. Ganti nama atau bisa hapus folder .gradle yang terletak di direktori home 
4. Terus restart Android Studio (Ini akan mengunduh metadata dan data gradle) 
5. Pembuatan Build Gradle kini sudah berhasil 
6. Ulang lagi project kalian. Selesai. 

Metode Kedua: Sinkronisasi project dengan file Gradle 

Masalah ini tidak akan terpecahkan jika folder yang berisi file Gradle dihapus atau rusak. Dalam kasus seperti itu, Anda harus mengunduh file baru untuk Gradle. 

Untuk ini, Anda harus menghubungkan PC Anda ke internet dan Anda harus membuka Android Studio. Setelah membuka project , klik opsi Sync Project with Gradle files. Ini akan secara otomatis mengunduh file Gradle baru dan akan memperbaiki masalah yang disebabkan oleh file Gradle. 

Dalam beberapa kasus ketika file Gradle Anda dihapus atau rusak, Anda tidak akan dapat mengunduh file Gradle baru di studio Android. Maksudnya, kita harus menghapus file Gradle yang sudah ada dan kemudian menyinkronkan lagi proyek Anda untuk mengunduh file Gradle kita lagi. 

Untuk menemukan folder .gradle Anda, Anda harus menavigasi ke drive C pada PC/Laptop Anda dan kemudian folder nama PC Anda. Di dalamnya, Anda akan melihat folder .gradle. 

Kita hanya perlu menghapus folder ini. Setelah menghapus folder ini, Anda harus membuka kembali Android Android dan kemudian menavigasi ke opsi File di bagian atas dan kemudian klik Sinkronkan Proyek dengan File Gradle untuk menyinkronkan proyek Anda, itu akan secara otomatis mengunduh file Gradle baru yang diperlukan untuk proyek Anda. Anda dapat melihat opsi ini pada tangkapan layar di bawah ini. 

Demikian pembahasan mengenai solusi mengatasi Gradle Android Studio yang error/failed atau gagal ketika menjalankan proyek pembuatan aplikasi dalam bentuk APK/ABB.