Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest dengan Monetisasi Akun

Kira-kira pernah tidak sepintas terpikirkan bahwa bagaimana cara menghasilkan uang dari Pinterest? Sebuah platform media sosial berbagi Pin dan Foto yang basis kontennya mirip dengan Instagram itu memang sedang naik daun. Bahkan per awal 2020 ini jumlah pemakainya terus bertambah hampir menyamakan Twitter. 

Untuk itu kamu yang sudah lama membagikan passion dan bermain Pinterest sangat disarankan memanfaatkan peluang bisnis ini dengan metode monetize. Kita bisa mendapatkan uang dari Pinterest selayaknya selebgram, selebtwit dan YouTubers. 

cara mendapatkan uang dari pinterest

Lalu apa saja kiat utama dan syarat yang mesti dipenuhi agar bisa sepenuhnya monetisasi Pinterest serta menambah penghasilan lebih? Berikut tim Kibezaka sampaikan rangkumannya.

Tentukan Niche

Niche atau topik/tema akun juga amat penting bagi brand sebelum menempatkan dan promosi produk. Analogi sederhananya adalah, kalau akunmu membahas tentang kuliner, jajanan, cemilan, makanan, sudah mutlak akan dijauhi pengiklan yang may mempromosikan Smartphone dan gadget. 

Mereka tentu cenderung mengincar akun yang bertemakan Teknologi, ponsel, dan sejenisnya. Agar tidak membingungkan juga serta lebih tertarget, cobalah buat niche pada akun kamu lebih spesifik mengenai apa saja yang dibahas. Jangan dicampur, karena bakal mengurangi daya tarik buat menghasilkan uang dari Pinterest. 

Bagikan ke Media Sosial Lain

Simbiosis mutualisme adalah teknik sederhana yang menjelaskan poin ketiga ini. Pernah kalian melihat betapa populernya artis TikTok di platform medsos lain seperti Instagram dan Twitter? 

Padahal TikTokers itu tidak memiliki akun IG, namun karena banyaknya yang share ke Instagram serta jejaring sosial lain maka tingkat popularitas pengguna TikTok itu meningkat sangat cepat. 

Pertambahan jumlah followers pun tak terbendung, dan banyak perusahaan meminta influencer melakukan endorse barang. Tips: Lakukan pekerjaan endorsement sepenuh hati dan semenarik mungkin, karena siapa tahu orang dari ahensi lain ikut tertarik minatnya buat beriklan. 

Perbanyak Followers

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jumlah pengikut pada media sosial menjadi tolok ukur utama bagaimana brand dan perusahaan besar memilih influencer sebagai ladang promosi produk dan jasa. 

Di medsos seperti Instagram, Twitter dan bahkan situs berbagi video seperti YouTube, banyaknya subscribers dan followers menjadi nilai lebih di mata para agensi untuk memilih menempatkan iklan. 

Jadi untuk mendapatkan uang di Pinterest kalian cukup fokus meraup pengikut sebanyak mungkin, lebih jelasnya tentang ini silakan baca pembahasan kami sebelumnya mengenai Cara Memperbanyak Followers di Pinterest dengan cepat. 

Ajukan Kerjasama

Kalian bisa dengan bebas mengajukan penawaran kerjasama saling menguntungkan dengan pihak perusahaan mana pun yang mendukung sistem ini. 

Tapi saran saya jangan asal main tawarin. Karena kamu harus memahami dulu kemauan pengiklan, misalnya harus cek dulu apakah perusahaan tersebut menjual produk yang sama atau terkait dengan konten kamu di Pinterest. 

Jika iya, silakan hubungi kontak khusus untuk mengajak brand buat bekerjasama. Bila menemui kesepakatan, buatlah konten unik, berbeda & menarik dari sebelumnya demi menambah pendapatan di Pinterest. 

Demikian panduan singkat kami tentang cara menghasilkan uang dari Pinterest dan menghasilkan pengiklan dengan tips monetisasi akun berdasarkan minat.