Cara Mendapatkan Uang dari Saweria dan Mencairkan Saldo ke Rekening/OVO/GoPay

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Saweria dan Kirim Donasi ke Orang Lain? – Saweria adalah platform digital yang memungkinkan kreator mendapatkan dukungan dalam bentuk finansial dari para pemirsanya atas karya dan aksi yang mereka buat di internet. 

Mungkin selama ini kita kenal Patreon, dimana orang bisa memberikan donasi berupa uang kepada kreator konten favoritnya. Nah, cara kerja Saweria mirip dengan Patreon hanya saja dengan kearifan lokal. 

cara-mendapatkan-uang-saweria-menarik.png

Saweria.co memang buatan orang Indonesia. Mungkin ke depannya akan ada lebih banyak pengguna dan kreator yang menggunakan Saweria sebagai ladang mengumpulkan donasi finansial baik untuk keperluan pribadi atau mendistribusikan ke mereka yang memerlukan bantuan. 

YouTuber sudah banyak yang mengandalkan Saweria, seperti Reza Arap sukses meraup ratusan juta rupiah dalam 20 jam Live Streaming dan dananya didonasikan untuk mereka yang membutuhkan. 

Begitu juga channel Tara Arts Game Indonesia yang dalam sesi TAG melakukan Live Stream sambil membahas tentang game membuka saweran di Saweria. Sebagai kreator yang kini berfokus bikin konten di YouTube pribadi, saya pun merasakan manfaat kehadiran Saweria ini.

Menariknya, Saweria bisa digunakan buat siapa pun. Bebas, mau penulis, kreator video, blogger, selebgram hingga selebtwit sekali pun dapat memanfaatkan platformnya untuk menambah penghasilan mereka. 

Cara Daftar Saweria di Android dan iOS

1. Masuk ke situs web Saweria.co 

2. Tekan tombol Registrasi untuk membuat akun baru. 

3. Isi data yang diperlukan, seperti username, alamat email, password, dan tekan tombol Daftar. Pastikan memahami Kebijakan Layanan Saweria. 

4. Selanjutnya akan dialihkan ke halaman baru, tekan "Verifikasi Sekarang". 

5. Sebuah email masuk dari Saweria, silakan konfirmasi pendaftaran. 

6. Pasang link Saweria ke platform yang Anda gunakan, bisa menghubungkan Saweria ke YouTube, menampilkan di blog, akun jejaring sosial pun bisa. 

Cara Dapat Uang dan Kirim Donasi di Saweria

Pengguna juga bisa mendafatar terlebih dahulu, namun lebih praktis tanpa daftar tapi tetap bisa mengirimkan donasi dengan tautan yang dibagikan kreator kesukaannya. 

Donatur dapat mengirimkan uang melalui Payment Gateway, tersedia metode pembayaran melalui Ovo, GoPay, DANA, dan beberapa sistem pembayaran lainnya yang dosediakan Saweria. 

Semua donasi yang masuk akan otomatis terpotong 5% untuk biaya layanan. Minimal donasi Rp10.000. Misalnya ada orang mengirimkan uang 10000 x 5% maka yang masuk ke saldo akun kreator Rp9.500. 

Cara Mencairkan Uang dari Saweria ke Rekening Bank

Untik melakukan pencairan uang Saweria ke rekening bank harus memenuhi syarat yakni minimal Withdraw sebesar Rp100.000 dengan potongan biaya Rp5.000 setiap payout yang dilakukan. 

Berapa lama pencairan dana Saweria ke bank? Tergantung situasi dan kondisi, misalnya Anda melakukan penarikan uang dari Saweria ke rekening pada Jum'at malam kemungkinan baru masuk Senin. Biasanya bank libur pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan tanggal merah/liburan nasional. 

Bagaimana? Tertarik menggunakan Saweria? Intinya ini lebih memotivasi kreator membuat konten sebagus mungkin dan bermanfaat sehingga menarik minat relawan yang ingin memberikan dukungan dalam bentuk finansial lewat Saweria. 

Saweria tidak mengenal besar kecilnya akun seseorang, popularitas tak lagi penting, jumlah followers dan subscribers bukanlah patokan, siapa pun dapat memanfaatkan layanan mereka. Semoga dengan adanya Saweria bisa memberikan dorongan semangat dan motivasi kreator kecil agar bisa berkarya tanpa henti.