Cara Reset Xiaomi Redmi Note 10 ke Pengaturan Pabrik Tanpa PC

Bagaimana cara reset pabrik Xiaomi Redmi Note 10? – Saat beberapa fitur mengalami malfungsi, atau seperti saya pribadi yang selalu membersihkan smartphone setiap 1 tahun pemakaian, melakukan Factory Reset atau Hard Reset itu kadang diperlukan. 

Factory Reset sejatinya mengembalikan semua kondisi ponsel seperti sedia kala ketika pertama kali dibeli. Baik dari segi firmware build bawaan Xiaomi Redmi Note 10, hingga software, bakal balik lagi menjadi versi awal saat baru dibuka dari kotaknya. 

cara hard reset xiaomi redmi note 10 pro.jpg

Jika smartphone Anda mengalami masalah terkunci layar (Screen Lock) dan lupa password atau PIN, maka Hard Reset ini menjadi salah satu solusi memperbaiki agar HP Anda tetap bisa digunakan. Tentu harus backup data, kalau sebelumnya tidak ada file backup, maka jelas tidak dapat dikembalikan datanya. 

Tutorial cara reset pabrik Xiaomi Redmi Note 10 ini bukan versi Pro melainkan varian Note 10 biasa yang menggunakan chipset MediaTek Dimensity 820 (MT6873V). 

1. Langkah awal adalah menonaktifkan smartphone dengan menekan tombol Power lalu pilih Turn Off (Matikan Daya). 

2. Setelahnya tekan dan tahan tombol Volume Up (+) dan Power secara bersamaan. 

3. Ketika mode Recovery muncul, lepaskan kedua tombol yang ditahan tadi. 

4. Sekarang pilih opsi "Wipe Data", navigasi atau arahkan menggunakan tombol fisik Volume Up/Down di sisi samping HP. Sementara tombol Power untuk memilih/konfirmasi. 

5. Karena di sini akan reset pengaturan pabrik, maka pilih Wipe All Data, lalu tap Confirm

6. Proses penghapusan data dilakukan, tunggu beberapa saat sampai Hard Reset Redmi Note 10 selesai sepenuhnya. 

7. Jika sudah selesai, maka tampilan pada layar berubah lagi. Pilih Back to Main Menu

8. Lalu tap pada opsi "Reboot', selanjutnya pilih 'Reboot System". 

Proses mengembalikan Xiaomi Redmi Note 10 ke pengaturan pabrik atau Factory Reset selesai dilakukan. Ingat selalu untuk mencadangkan data, backup file yang dianggap penting seminggu sekali. 

Sekarang lanjut ke tutorial cara restore data Xiaomi Redmi Note 10 apabila sudah memiliki file backup sebelumnya. Restore usai hard reset atau mode Pemulihan Xiaomi Redmi Note 10 Anda dapat menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan dengan reset pabrik normal. 

1. Matikan terlebih dahulu Xiaomi Redmi Note 10 Anda sepenuhnya. Jika Anda tidak dapat membuka kunci layar, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar 20 detik dan smartphone bakal nonaktif.

2. Tahan tombol volume Down (-) dan tombol Daya secara bersamaan selama beberapa detik di Xiaomi Redmi Note 10 Anda. Di beberapa perangkat menurut versi Android kombinasinya bisa berupa tombol daya dan tombol volume Up (+). 

3. Ketika logo Xiaomi/MIUI muncul pada layar, lepaskan tombolnya. 

4. Pindahkan menu dengan tombol volume Up dan volume Down hingga Anda mencapai opsi "Mode Pemulihan/Recovery Mode" dan tekan tombol daya untuk mengakses. Harusnya tidak dalam bahasa China kalau Redmi Note 10 Anda itu sudah garansi resmi rakitan Indonesia. 

5. Gunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk memilih opsi "hapus partisi cache" dan tekan tombol Power untuk mengaktifkan opsi dan menghapus cache Xiaomi Redmi Note 10. 

6. Setelah beberapa detik Anda akan kembali ke layar sebelumnya, dengan tombol volume masuk ke opsi "Wipe Data / Factory Reset" dan tekan tombol power untuk masuk. 

7. Layar dengan banyaknya pilihan NO dan YES akan muncul, gunakan tombol volume buat pilih YES dan tekan/konfirmasi dengan tombol daya. 

8. Setelah selesai dengan tombol volume, klik "Boot Ulang Sistem Sekarang" dan tekan tombol Power Xiaomi Redmi Note 10 Anda..

9. Seharusnya sampai tahap ini HP Redmi Note 10 akan reboot dan membutuhkan beberapa menit untuk menyala kembali sambil memulihkan perangkat ke keadaan pabrik dan mengoptimalkan aplikasi pra instal di sistem Android 11, MIUI 12. 

Restore data pada Xiaomi Redmi Note 10 membutuhkan waktu yang tergantung dari seberapa besar file backup yang Anda cadangkan. Demikian panduan hard reset dan restore Redmi Note 10.