Cara Mengatasi Gagal Upload YouTube Shorts Error di Android iOS

Bagaimana cara memperbaiki gagal upload video Shorts di YouTube untuk pengguna Android dan iOS (iPhone) – YouTube Shorts sebagai duplikasi TikTok buatan Google ini semakin banyak digemari, terutama oleh warganet yang suka nonton YT. 

Aksesnya mudah, karena terintegrasi langsung dengan aplikasi YouTube dan menunya berada tepat di samping tombol Home/Beranda. Sampai saat ini, mayoritas video yang diunggah ke YouTube Shorts masih didominasi oleh konten TikTok. 

youtube shorts error tidak bisa upload

Baik itu unggahan dari akun yang bukan pemilik asli, atau konten kreator original yang merangkap sebagai influencer di Shorts, TikTok dan Reels (Instagram). Meski demikian, tidak ada salahnya untuk bikin konten orisinal buatan sendiri. 

Jika memang Anda termasuk yang hobi berkarya dan mencetuskan kreativitas, maka Shorts layak jadi pertimbangan. Soal audiens, tidak seburuk saat awal TikTok populer. 

Cakupan YouTube Shorts sudah lebih luas dibanding ketika pertama kali TikTok dirilis, wajar karena diuntungkan sebagai fitur yang sudah integrasi oleh platform berbagi video sebesar YouTube. 

Kendala Upload Shorts Gagal dan Error Terus

Sayangnya beberapa waktu belakangan ini pengguna dibuat kesal oleh notifikasi error tidak bisa upload video Shorts YouTube. 

Ada pun kode kesalahan yang muncul berbeda-beda, sehingga membuat mereka makin kesulitan mencari tahu dan menanyakan penyebab utamanya kepada @TeamYouTube di Twitter. 

Apabila Anda adalah salah satu yang mengalami kendala ini, sebaiknya simak artikel ini. Mungkin bisa jadi solusi membantu mengatasi gagal unggah video Shorts. 

Ketahui Penyebab Tidak Bisa Unggah YouTube Shorts

Kesalahan dan error ini memang agak aneh. Sekarang coba buka aplikasi YouTube Anda, unggah video YT biasa, apa saja dan bukan untuk konten Shorts. 

Kalau berhasil, maka Anda salah satu yang beruntung. Artinya masalah tersebut tak terlalu signifikan parahnya dan solusinya tinggal ganti koneksi internet atau gunakan jaringan provider yang lain sementara buat upload Shorts. 

Seharusnya video Shorts yang berkendala tadi sudah dapat diunggah pakai koneksi internet lain. Dugaan sementara karena IP Static beberapa provider layanan internet di Indonesia. 

Sekilas informasi, IP Static dan IP Dynamic dua hal berbeda. IP Statis cenderung tetap & tidak berubah-ubah, sedangkan IP Dinamis itu angkanya bisa berganti/berubah. Kebanyakan provider seluler di Indonesia contohnya seperti Tri, Smartfren, hingga XL Axis memakai IP Dynamic. 

Sementara IP Static digunakan oleh sejumlah perusahaan telekomunikasi fixed-line alias provider WiFi semisal IndiHome, Biznet, FirstMedia, MyRepublic dan lain sejenisnya. 

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Video di YouTube Shorts

Beberapa langkah alternatif ini mungkin dapat membantu Anda untuk memperbaiki permasalahan pada YouTube Shorts, terutama ketika tidak bisa mengunggah video singkat. Baik hasil rekaman sendiri, atau dari TikTok: 
  • Buka aplikasi YouTube pada smartphone yang Anda gunakan untuk upload Shorts. 
  • Jika ada lebih dari 1 akun YT, logout sementara akun yang lain dari aplikasi YouTube. Sisakan akun utama. 
  • Lalu masuk pengaturan smartphone, hapus cache YouTube. 
  • Setelahnya coba kembali, kalau dirasa masih bermasalah maka restart HP Anda. 
Ini terjadi bukan hanya pada iOS iPhone, melainkan ponsel Android seperti Xiaomi, Samsung, Advan, Oppo, Vivo, Asus, Realme, Infinix, dan Google Pixel pun mengalaminya. Seperti yang sudah disebutkan tadi, penyebab utamanya memang bukan karena smartphone Anda saja. 

Begitulah panduan sederhana cara mengatasi YouTube Shorts yang error dan tidak bisa upload video dari HP Android serta iPhone iOS.