Alasan Kenapa IGTV Dihapus dan Diganti Instagram Video

IGTV Dihapus? Atau diubah jadi fitur lain? – Anda mungkin bertanya-tanya mengapa profil Instagram Anda terlihat sedikit berbeda dari biasanya. 

Atau, lebih khusus, bertanya-tanya apa yang terjadi pada tab IGTV. IGTV seolah sudah jadi kenangan masa lalu. Instagram telah resmi membuang tab video IGTV dan mengubah format videonya secara keseluruhan dalam upaya untuk lebih fokus pada konten video. 

igtv dihapus instagram video

Sebaliknya, Instagram menggabungkan IGTV dan Feed Video ke dalam satu format yang disebut "Video Instagram." Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang format video baru Instagram, Instagram Videos

Kenapa Instagram Menghapus IGTV

Sebelumnya, Instagram telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat perubahan pada aplikasi seperti yang kita ketahui, kurang fokus pada gambar dan lebih banyak pada konten video 

Instagram bahkan menyebut TikTok dan YouTube Shorts sebagai pesaingnya, dengan alasan kebutuhan untuk memenuhi tuntutan pasar—yaitu hiburan. 

Sekarang, Instagram telah menepati janji itu, meninggalkan IGTV demi format video baru. Tapi mengapa Instagram menyingkirkan IGTV? Sederhananya, fitur video berdurasi panjang tidak berjalan dengan baik. 

Instagram meluncurkan IGTV pada tahun 2018 dengan harapan akan menjadi perangkat seluler yang setara dengan YouTube. 

Namun, format yang lebih panjang tidak pernah lepas landas, terutama dengan peluncuran TikTok hanya dua bulan kemudian di AS, memperkenalkan konten video bentuk pendek, yang lebih disukai oleh pengguna media sosial berkat Algoritma TikTok yang mengagumkan. 

Instagram kemudian memfokuskan upayanya untuk bersaing dengan TikTok dengan fitur peniru format video pendeknya, Instagram Reels

Perbedaan Instagram Video dan IGTV

Lalu apa yang membedakan Video Instagram dengan IGTV? 

Anda Dapat Mengunggah dan Menemukan Video Lebih Mudah - Instagram meluncurkan fitur baru untuk Video, termasuk alat pemangkasan, filter, dan kemampuan untuk menandai orang dan lokasi. 

Anda juga dapat melihat pratinjau video di Feed Anda selama 60 detik (kecuali untuk video yang memenuhi syarat untuk iklan, yang masih akan dipratinjau selama 15 detik). 

Cara Baru untuk Menonton dan Menjelajahi Konten Video - Tab Video baru akan menampung semua konten video ke depannya, sehingga memudahkan Anda menemukan konten dari kreator konten favorit Anda. 

Anda juga dapat terus scroll layar untuk menemukan konten video baru dari kreator yang mungkin tidak Anda ikuti, tetapi mungkin Anda nikmati. Ini akan membantu Anda menemukan pembuat konten baru untuk diikuti, dan konten baru untuk inspirasi.

Video in-feed Anda sekarang bisa berdurasi 60 menit, dan pengguna tidak perlu keluar dari aplikasi utama untuk melihatnya, seperti halnya video IGTV. 

Justru sekarang Anda dapat mengetuk di mana saja pada video untuk masuk ke mode layar penuh (Full Screen). Sebelumnya, tindakan ini malah membuat audio video jadi tidak berfungsi. 

Instagram juga mempermudah pelacakan kinerja semua postingan Anda dalam satu tampilan dengan menggabungkan wawasan postingan feed dan wawasan video ke dalam metrik gabungan untuk bisnis dan pembuat konten. 

Batas Waktu Baru untuk Iklan Video Iklan - IGTV sekarang dikenal sebagai iklan video In-Stream Instagram, dan pelaku bisnis yang ingin memanfaatkannya harus memastikan bahwa video mereka tidak lebih dari 60 detik.

Cara Mencari Video di Instagram

Anda akan menemukan tab Video baru di profil Instagram Anda, langsung di bawah bio Anda dan di antara tab untuk Reel dan konten yang ditandai. 

Sebelumnya, konten video tersebar, artinya Anda dapat menemukannya di berbagai area seperti di feed Anda dan di halaman Jelajahi (Explore).

Sekarang Anda akan memiliki wadah khusus untuk konten video, yang akan memudahkan Anda membuat dan menjelajahi konten video baru. 

Apakah Instagram Mengubah Aplikasinya dari yang Kita Kenal Saat Ini? -  Dengan pasar media sosial yang begitu kompetitif, tidak mengherankan jika Instagram mengubah banyak hal dan berinvestasi lebih banyak dalam fitur yang dapat mendorong lebih banyak keterlibatan dan menginspirasi pembuat konten untuk membuat postingan yang lebih menarik. 

Sebelumnya dikenal sebagai aplikasi berbagi foto, Instagram kurang fokus pada gambar dan lebih banyak pada video, mengubah aplikasi seperti yang kita kenal saat ini. Dengan begitu banyak perubahan utama dalam arah mereka, kita nantikan bagaimana Instagram akan terlihat berbeda di masa depan.