Cara Backup iPad Tanpa Passcode untuk Semua Data

Mencadangkan atau backup data sangatlah disarankan. Bukan cuma buat pengguna iPhone, iPad, tapi seluruh perangkat jika pemiliknya menyimpan file penting seperti foto, video, dokumen PDF, kontak dan sebagainya. 

Sayangnya sangat umum terjadi pengguna lupa passcode atau kode sandi yang Anda atur di iPad atau iPhone Anda. Karena Anda selalu menetapkan kata sandi yang berbeda untuk software aplikasi, dan perangkat yang berbeda. 

Cara Backup iPad dan iPhone Tanpa Passcode

Jika Anda lupa passcode di iPad, Anda dapat membaca panduan ini untuk mempelajari cara backup dan membuka kunci iPad Anda tanpa passcode. 

Kode sandi di iPad dapat membantu Anda mencegah orang lain mengakses data Anda seperti pesan, gambar, atau lainnya. Namun terkadang, Anda mungkin lupa passcode sendiri. 

Itu akan menjadi masalah karena Anda mungkin kehilangan data di iPad, dan Anda tidak tahu cara membukanya. Ketika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat menerapkan solusi dalam panduan ini sebagai referensi. 

Jika Lupa Passcode iPad

Akan sangat bagus jika Anda dapat mengingat kata sandi/passcode Anda, atau membukanya setelah mencoba memasukkan kode sandi yang berbeda. 

Jika tidak, maka Anda hanya dapat mencoba metode lain untuk membukanya tanpa kode sandi meskipun hal tersebut akan menyebabkan kehilangan data. 

Namun, jika kondisi berikut terpenuhi, Anda dapat mencadangkan/backup iPad yang terkunci dengan iTunes untuk menghindari kehilangan data: 

1. Sudah pernah menggunakan iTunes untuk sinkronisasi perangkat iPad Anda dengan komputer Anda. 

2. Belum pernah restart/reboot iPad Anda sejak sinkronisasi terakhir kali. 

3. Belum mencapai batas/limit untuk memasukkan kode sandi, dan perangkat tidak dalam kondisi "Disabled" atau "Dinonaktifkan." 

Untuk backup iPad tanpa passcode melalui iTunes caranya sebagai berikut: 

Langkah 1 : Buka aplikasi iTunes dan sambungkan iPad/iPhone Anda ke PC/Laptop. 

Langkah 2 : Klik "Ringkasan" di sisi kiri jendela, lalu pilih "Cadangkan Sekarang (Backup Now)" untuk memulai proses backup data. 

Jika iPad Anda Disabled atau Dinonaktifkan

Apabila Anda memasukkan kode sandi yang salah berturut-turut, iPad Anda akan menampilkan tulisan "iPad dinonaktifkan." 

Anda dapat terus mencoba kata sandi/passcode yang mungkin ada saat waktu penonaktifan sudah habis. Tetapi jika Anda memasukkan kata sandi yang salah selama sepuluh kali berturut-turut, perangkat iPad Anda akan menampilkan "iPad dinonaktifkan terhubung ke iTunes." 

Dalam hal ini, Anda tidak dapat backup iPad Anda sebelum membuka kuncinya. Anda hanya dapat menggunakan iTunes atau metode lain untuk membuka kunci iPad Anda sehingga Anda dapat terus menggunakannya. 

Cara Unlock iPad Tanpa Passcode

Tidak masalah kalau Anda lupa kata sandi atau passcode iPad Anda atau iPad Anda dinonaktifkan, Anda harus mencari bantuan dari metode lain untuk membukanya. 

Apple memberi Anda beberapa solusi seperti iTunes, tetapi pemakaiannya sedikit rumit dan bagi pengguna yang masih awam bakal kebingungan.

Selain iTunes, saya ingin merekomendasikan Anda cara yang lebih mudah untuk membuka kunci/unlock iPad Anda dalam beberapa tahap menggunakan EaseUS MobiUnlock, software pembuka kunci iPhone. 

Langkah 1 : Buka dulu aplikasi EaseUS MobiUnlock dan sambungkan iPhone atau iPad Anda yang dinonaktifkan ke komputer. Kemudian, klik "Mulai."

Langkah 2 : Pastikan model perangkat Anda adalah yang ingin Anda buka kuncinya dan kemudian unduh firmware iPad yang sesuai untuk perangkat Anda dengan mengklik "Unduh Firmware." (Jika firmware sudah diunduh, pilih saja.) 

Langkah 3 : Tap "Verify Firmware (Verifikasi Firmware)" untuk konfirmasi. 

Langkah 4 : Kemudian, masukkan beberapa informasi yang diperlukan di jendela peringatan pop-up baru. Setelah selesai, lanjutkan dengan mengklik "Buka Kunci".

Langkah 5 : Setelah beberapa detik, iPhone atau iPad Anda yang dinonaktifkan akan berhasil dibuka.

Cara Mengembalikan Data File Backup ke iPad

Jika Anda membuka kunci iPad Anda menggunakan metode lain selain kata sandi, Anda akan seperi mendapatkan iPad baru, yang berarti Anda kehilangan semua data di iPad Anda. 

Tetapi Anda dapat memulihkan atau restore data ke iPad Anda jika Anda telah backup file Anda sebelumnya. Menggunakan EaseUS MobiSaver, aplikasi recover iPhone dan iPad gratis, Anda dapat memulihkan data dari iCloud atau iTunes, tergantung pada metode yang Anda gunakan untuk back-up data sebelumnya.

Panduan ini akan menjelaskan cara memulihkan data dari iCloud ke iPad Anda. Untuk mengembalkkan data dari iTunes juga caranya masih sama.Cukup pilih "Recover from iTunes" di awal. Untuk memulihkan data dari iCloud: 

Langkah 1 : Buka aplikasi EaseUS di komputer Anda (Mac atau PC), pilih "Pulihkan dari Cadangan iCloud", lalu masuk dengan Apple ID Anda. Tenang, ini aman. 

Langkah 2 : Pilih backup iCloud yang tepat yang ingin Anda ekstrak, klik "Pindai (Scan)" untuk mengunduhnya ke komputer Anda dan cari data yang hilang.

Langkah 3 : Setelah scanning berhasil, Anda dapat memilih jenis file yang tepat dan mengklik item tertentu untuk melihat informasi rinci. 

Langkah 4 : Kemudian pilih data dan file yang ingin Anda pulihkan. Terakhir, klik tombol "Recover/Pulihkan" untuk menyimpannya ke komputer Anda.

Selesai. Sekarang Anda sebaiknya lebih rutin dan rajin backup file di iPad atau iPhone Anda baik melalui iTunes atau menyimpan data di iCloud. Jangan lupakan juga passcode atau kata sandi perangkat Apple Anda