Cara Unlock iPhone dengan Suara Khusus Pakai Voice Control

Kini pengguna iOS sudah bisa unlock layar iPhone dengan menggunakan Suara/Audio berkat Voice Control dibanding iOS 12 ke bawah. Kontrol Suara atau Voice Control adalah fitur aksesibilitas penting yang diperkenalkan ke iPhone lewat iOS 13, karena rerata iPhone sekarang sudah iOS 14 dan iOS15 jadi kemungkinan sudah memenuhi persyaratan. 

Voice Control memungkinkan pengguna mengucapkan perintah untuk membuat aplikasi peluncuran iPhone mereka, mengedit teks, menyesuaikan volume, dan bahkan melakukan gerakan yang sudah disimpan sebelumnya. 

cara-aktifkan-voice-control-ios-14-15-iphone

Ada banyak tugas yang dapat Anda lakukan di iPhone dengan Pengontrol Suara, termasuk membuka kunci perangkat iOS Anda. Baca terus selagi kami merinci bagaimana Anda dapat menggunakan Pengontrol Suara untuk membuka kunci iPhone atau iPad Anda hanya dengan suara Anda.

Cara Mengaktifkan Voice Control Unlock iPhone Pakai Suara

Jika Anda belum pernah menggunakan Pengontrol Suara di iPhone, Anda harus mengaturnya sebelum dapat mengonfigurasinya untuk membuka kunci iPhone Anda. 

Berikut cara melakukannya: 

1. Buka Pengaturan lalu ketuk Aksesibilitas

2. Ketuk Kontrol Suara lalu pilih Atur Voice Control; iPhone Anda akan mengunduh file yang diperlukan. 

3. Setelah Anda mengetuk Lanjutkan, Voice Control akan diatur dan siap digunakan. 

4. Selesai, kini Anda bisa coba sendiri menggunakan suara perintah buat buka kunci iPhone. 

Cara Membuka Kunci iPhone Menggunakan Suara Perintah

Anda dapat membuka kunci iPhone menggunakan suara Anda dengan perintah Voice Control khusus yang akan memicu gerakan otomatis. 

Ini relatif mudah diatur dan memungkinkan Anda membuka kunci iPhone dengan cepat. Triknya adalah mengatur gerakan khusus yang akan mengetuk layar di lokasi yang tepat sebagai digit kode sandi Anda. 

Menyiapkan isyarat bisa merepotkan jika Anda memiliki kode sandi yang panjang, jadi kami sarankan untuk menggunakan kode sandi empat digit untuk kesederhanaan. 

Jika kode sandi Anda saat ini lebih panjang, Anda dapat dengan cepat mengubahnya melalui aplikasi Pengaturan. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa iPhone Anda menjalankan iOS 13 atau lebih baru. 

Inilah cara yang Anda dapat lakukan untuk membuka kunci iPhone Anda dengan perintah suara khusus: 

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) lalu pilih Aksesibilitas (Accessibility)

2. Tap Kontrol Suara (Voice Control) dan aktifkan dengan mengetuk tombol Toggle ON berubah jadi berwarna hijau.

3. Anda sekarang akan melihat mikrofon biru di menu navigasi di bagian kiri atas layar yang menunjukkan bahwa Pengontrol Suara sepenuhnya diaktifkan.

4. Pilih Sesuaikan Perintah, dan Anda akan melihat daftar perintah suara standar yang tersedia. 

5. Sekarang ketuk Buat Perintah Baru

6. Di kotak teks Frase, Anda harus memasukkan frasa atau kalimat yang akan Anda gunakan untuk membuka kunci iPhone Anda. 

7. Pastikan ini adalah frasa yang dapat Anda ucapkan dan hindari menggunakan perintah umum seperti "Buka Kunci iPhone" atau "Buka telepon" karena dapat menimbulkan risiko keamanan. Coba yang anti mainstream seperti: "Buka Kuncinya Lah Gan."

8. Setelah Anda memutuskan frasa, ketuk Tindakan lalu pilih Jalankan Gerakan Kustom

9. Layar Gerakan Baru akan muncul, dan Anda sekarang perlu mengetuk lokasi yang tepat dari layar tempat digit kode sandi Anda biasanya berada. 

10. Ketuk area layar yang benar dalam urutan yang benar dari kode sandi Anda untuk mengatur gerakan. Jika kode sandi Anda adalah "5291." 

11. Anda harus mengetuk terlebih dahulu di lokasi di mana “5” biasanya muncul saat memasukkan kode sandi Anda. 

12. Ulangi hal yang sama untuk sisa digit kode sandi Anda. Anda mungkin perlu beberapa kali mencoba untuk mengatur gerakan kustom dengan benar. 

Anda bahkan dapat menambahkan gerakan menggeser ke atas sebelum gerakan digit kode sandi untuk menghindari geser ke atas saat membuka kunci layar. 

Setelah Anda membuat gerakan khusus, ketuk Simpan lalu kembali ke Perintah Baru dan terakhir ketuk Simpan. 

Anda tidak akan dapat membuka kunci iPhone Anda menggunakan perintah suara jika Anda mengaktifkan Face ID, karena itu akan membuka kunci iPhone Anda bahkan sebelum Anda dapat mengucapkan perintah suara. 

Anda disarankan untuk menonaktifkan fitur Face ID setelah berhasil mengatur perintah suara khusus sebagai gantinya. 

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat dengan mudah membuka kunci iPhone Anda dengan mengucapkan frasa singkat yang sudah dikustomisasi tadi.

Apakah Aman Membuka Kunci iPhone Anda Menggunakan Perintah Suara? 

Meskipun sangat mungkin untuk membuka kunci iPhone Anda menggunakan perintah suara, fiturnya itu pasti menimbulkan risiko keamanan. 

Siapa pun dapat menggunakan frasa rahasia Anda untuk membuka kunci iPhone dan mendapatkan akses ke data Anda. 

Artikel Tentang Apple Lainnya:
Dan orang asing dapat dengan mudah mengetahui apa frasa itu dengan mendengarkan Anda mengucapkannya. Jika Anda memutuskan untuk membuka kunci iPhone menggunakan perintah suara, kami sarankan untuk waspada terhadap lingkungan sekitar Anda sebelum mengucapkan kalimat "rahasia" Anda.