Cara Menambah Efek Live Photo iPhone Lewat Pengaturan

Kini pengguna iPhone semua tipe yang mendukung Live Photo sudah bisa berkreasi kembali dengan adanya penambahan fitur efek yang juga hadir di iPad & iPod Touch. Jika belum, maka update ke iOS 15 segera.

Apple memperkenalkan Live Photo pada tahun 2015, dengan tujuan untuk memastikan Anda tidak pernah melewatkan momen sempurna saat mengambil gambar dengan iPhone Anda. 

cara menambah efek live photo iphone ios.png

Saat Live Photo aktif, iPhone Anda akan mengambil beberapa frame video sebelum dan sesudah Anda menekan tombol rana dan secara otomatis memilih gambar yang dianggapnya sebagai "foto utama". 

Namun terkadang, apa yang dianggap iPhone Anda sebagai foto utama, atau bidikan terbaik, tidak selalu yang Anda inginkan untuk dipilih. 

Berikut kami rangkum cara mengedit atau mengubah gambar Live Photo dan efek fotonya yang dipilih, serta beberapa tips dan trik lain untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari Live Photo iPhone.

Cara Edit Live Photo iPhone dan Memakai Efek Rahasia

Jika Anda menahan layar pada Live Photo untuk menonton momen yang diambil, Anda mungkin telah memutuskan ada foto lain di dalam bingkai/frame yang diambil yang ingin Anda tarik daripada yang dipilih oleh Apple. 

Untuk mengedit foto yang dipilih dari Live Photo:

1. Buka Foto Langsung di aplikasi Photo. 

2. Ketuk menu Edit di sudut kanan atas. 

3. Pilih ikon Live Photo di bagian bawah layar Anda (tiga lingkaran di dalam satu sama lain). 

4. Geser melalui bingkai di dalam Live Photo untuk memilih alternatif Anda. 

5. Tekan "Buat Foto Kunci (Make Key Photo). 

6. Titik putih kecil akan muncul di atas gambar asli yang dipilih jika Anda ingin kembali. 

7. Tap Selesai di sudut kanan bawah ketika Anda telah memilih gambar baru Anda. 

Live Photo iPhone sebenarnya mudah digunakan, tetapi ada beberapa tips dan trik yang akan membantu Anda memaksimalkannya. 

Anda juga dapat mengunjungi fitur tips dan trik Apple Photo lengkap di artikel kami untuk tips yang lebih umum tentang mendapatkan hasil maksimal dari foto Anda di iPhone.

Cara Menyimpan Live Photo Sebagai Video

Sekarang Anda dapat menyimpan Live Photo dengan bentuk video formatnya. Caranya juga lumayan gampang:

Buka aplikasi Foto > Ketuk Live Photo yang ingin Anda ubah menjadi Video > Ketuk ikon bagikan (persegi dengan panah) di sudut kiri bawah > Simpan sebagai Video.

Mencari Live Photo Tertentu di iPhone

Tidak semua foto yang diambil di iPhone Anda akan menjadi Live Photo, tetapi mudah untuk menemukan foto tersebut. 

Caranya: Buka aplikasi Foto/Photo > Tap Pencarian di sudut kanan bawah > Ketik Live Photo di bilah pencarian di bagian atas > Pilih Live Photo di hasil > Lihat Semua (See All). Selesai. 

Ada banyak fitur Live Photo iPhone yang dapat dimaksimalkan secara mudah juga mengedit dengan menambahkan efek pada foto yang dipilih tanpa aplikasi tambahan.