Mengatasi Layar Sentuh iPhone 13 Pro Max Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Layar Sentuh iPhone 13 Pro Max, 13 Mini, 13 yang tidak berfungsi sama sekali. Permasalahan umum ini sering terjadi di banyak smartphone ketika Touchscreen atau layar sentuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Bukan cuma HP Android, ponsel yang dikenal kualitasnya bagus seperti produk Apple sekelas iPhone 13 series saja tidak luput dari masalah error dan kerusakan layar.

cara mengatasi layar sentuh iphone 13 pro max tidak befungsi

Penyebab Layar Sentuh iPhone 13 Pro Max Tidak Berfungsi

Ada banyak penyebab kenapa layar HP tidak berfungsi, juga banyak pula solusi yang bertebaran. Umumnya cukup matikan smartphone melepas baterai lalu pasang dan nyalakan kembali ponselnya. 

Tapi itu trik lawas, mengingat sekarang mayoritas smartphone sudah menggunakan baterai tanam yang akan sangat riskan jika dilakukan bongkar backcover sendiri. 

Lalu penyebab lainnya bisa jadi karena sebuah HP sudah terjangkit virus dari aplikasi yang diinstal sembarangan. Bisa juga akibat sistem perangkat lunak yang rusak hingga ruang memori penyimpanan internal terlalu penuh. 

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone 13 Pro Max Tidak Berfungsi

Beberapa langkah solutif berikut bisa Anda coba untuk memperbaiki layar sentuh iPhone 13 yang bermasalah ini antara lain: 
  1. Restart iPhone
  2. Reset Pabrik
  3. Kalibrasi Layar HP
  4. Uninstall Aplikasi Tertentu
  5. Cek Kondisi Layar
  6. Mengganti Touchscreen

Restart iPhone Anda

Jika penyebabnya adalah karena kerusakan sistem, mungkin reboot/restart iPhone 13 Pro Max bisa memperbaiki layar yang bermasalah. Kebanyakan kesalahan sistem yang ringan dapat diatasi hanya dengan merestart ponsel. Caranya sebagai berikut: 
  • Tekan dan tahan tombol Daya/Power. 
  • Saat di layar muncul Slide, geser untuk menonaktifkan HP
  • Diamkan 5-10 menit.
  • Kemudian hidupkan kembali. 

Reset Pabrik

Tidak sedikit permasalahan pada iDevice itu dapat diperbaiki hanya dengan Factory Reset. Anda juga bisa mencoba metode ini sebelum membawa ke jasa servis iPhone terdekat. Caranya sudah kami bahas, silakan simak: Cara Reset Pabrik iPhone 13 Pro Max, 13 Mini, 13. Jangan lupa selalu backup data penting sebelum melakukannya. 

Kalibrasi Layar iPhone 13 Pro Max

Melakukan kalibrasi yang rutin setiap 1-2 bulan sangat disarankan untuk menjaga semua komponen tetap stabil dan berfungsi. Anda bisa melakukan kalibrasi layar iPhone 13 dengan langkah berikut: 
  • Habiskan daya baterai sampai persentase 0% dan iPhone nonaktif. 
  • Diamkan 1-2 jam saja cukup, tidak perlu lama-lama hingga 3-4 jam. 
  • Kemudian sambungkan iPhone 13 Anda ke stop kontak pakai charger asli. 
  • Cas dengan iPhone dalam keadaan mati hingga penuh 100%. 
  • Ulangi langkah 1 hingga 4. Baterai Anda sudah terkalibrasi dengan baik.

Hapus Aplikasi

Mungkin Anda tidak menyadari sudah menginstal aplikasi yang kurang kredibel melalui App Store. Bisa jadi aplikasinya sebagai penyebab utama iPhone bermasalah. Dalam beberapa kasus, pengguna juga lupa bahwa memori internalnya kepenuhan. 

Cek Kondisi Fisik Layar

Karena masalahnya ada di bagian layar, alangkah baiknya Anda mencoba memeriksa secara langsung apakah ada yang menyebabkan layar iPhone 13 Pro Max tidak berfungsi. Seperti:
  • Air dan kotoran. Pastikan tidak ada debu atau cairan yang menempel. 
  • Cek kondisi seluruh sudut layar pastikan tidak ada keretakan atau pecah. 
  • Jika menggunakan pelindung layar seperti Antigores dan Tempered Glass, lepaskan dulu. 

Mengganti Touchscreen

Apabila semua cara tadi tidak bisa juga, ada kemungkinan kerusakannya sudah begitu parah hingga ke dalam komponen layar iPhone. Maka satu-satunya langkah ialah mengganti layar iPhone 13 Pro Max dengan klaim garansi jika masih berlaku, atau bawa ke tukang service iPhone. 

Tips mencegah agar tidak terulang kasus Layar sentuh iPhone 13 Pro Max tidak berfungsi adalah selalu gunakan HP dengan tangan keadaan bersih dan kering tidak berminyak atau basah.