Recently Active Tinder: Penjelasan Maksud, Fungsi dan Artinya

Penjelasan artinya dan maksud Recently Active Tinder. Mungkin pernah dari Anda yang sedang asik Swipe kanan-kiri melihat status bertuliskan "Recently Active" di Tinder, ditandai juga dengan tombol dot/titik hijau seolah menandakan orang itu online.

Meskipun Anda tidak dapat lagi melihat kapan tepatnya akun orang lain online dan aktif di Tinder, masih ada cara untuk mendapatkan ide yang lebih baik jika pengguna Tinder aktif baru-baru ini dengan menggunakan beberapa fitur Tinder, terutama Recently Active Tinder.

Tinder Recently Active Maksud Arti Fungsi.jpg

Recently Active Status Tinder Maksudnya Apa

Jika Anda adalah pelanggan Tinder Gold, Anda memiliki akses ke fitur Lihat Siapa yang Menyukai Anda yang menampilkan semua profil yang telah menyukai Anda tetapi Anda belum Swipe. 

Dan ketika Anda memeriksa profil ini, Anda dapat melihat siapa yang baru-baru ini aktif (Recently Active). Profil ini akan memiliki titik hijau dan teks kecil yang ditampilkan di samping namanya.

Sebenarnya Recently Active juga bisa diketahui oleh pengguna Tinder Free atau gratisan. Tinder meluncurkan status Recently Active juga ke bagian Explore untuk pelanggan Gold, sehingga Anda juga dapat melihat profil yang telah aktif di Tinder dalam 24 jam terakhir apakah mereka menyukai Anda atau belum. 

Saat Anda membuka aplikasi dan mulai Swipe, Anda dapat melihat banyak profil yang memiliki teks "Recently Active" di profil mereka. Seperti yang telah kami jelaskan di artikel kami tentang penggunaan algoritma Tinder sebenarnya merupakan faktor penting dalam aplikasi, jadi jika profil Tinder baru-baru ini aktif, mereka cenderung muncul untuk Anda saat sedang Swipe.


Arti Recently Active di Tinder menandakan seorang pengguna baru saja login, atau belakangan ini aktif bermain Tinder entah sekadar masuk ke akun, swipe, chatting, edit profil dan sebagainya. 

Status Recently Active Tinder akan ditampilkan di profil yang telah aktif di Tinder dalam 24 jam terakhir. Namun, Anda tidak akan melihat kapan tepatnya terakhir kali mereka aktif atau apakah mereka menggunakan Tinder pada saat itu. 

Sejujurnya, saya pikir fitur ini sangat tidak berguna. Jika Anda menggunakan Tinder secara aktif dan memeriksanya setidaknya sekali sehari, semua profil baru yang akan Anda lihat di kisi Likes You akan menjadi profil yang baru-baru ini aktif karena mereka menyukai profil Anda. 

Jadi menambahkan teks ini yang mengatakan bahwa mereka baru-baru ini aktif di Tinder tidak benar-benar menambah nilai tambahan. Banyak yang menilai Recently Active tidak akurat. 

Lantas apakah bisa dan bagaimana cara menghilangkan Recently Active di Tinder? Kemungkinan memang ada syarat khusus agar status Recently Active hilang dari akun Tinder Anda.

Tetap Muncul Selama 2 Bulanan

Kami iseng bertanya kepada pihak Tinder melalui email. Tadinya mengira tidak akan ada jawaban. Namun ternyata mereka menjawab dan isinya di luar ekspektasi saya, agak mengejutkan. 

Tinder bilang bahwa status Recently Active (baru-baru ini aktif) di profil seorang pengguna akan terus muncul. Bahkan ketika user tersebut tidak online lebih dari sebulan, statusnya bakal tetap ada. 


Mereka menambahkan, kalau Recently Active baru akan hilang apabila pengguna akun tersebut tidak login/online ke Tinder setiap hari selama sekitar 2-3 bulan berturut-turut. 

Ini berarti Recently Active Tinder akan tetap ada pada profil pengguna selama 60-90 hari bahkan jika penggunanya tidak pernah login dalam rentang waktu tersebut. Solusi terbaiknya ialah menutup akun Tinder secara permanen tentunya.