Daftar Isi

6 Cara Mengatasi Layar iPhone Hijau Tanpa Service

Melalui grup dan forum Apple Support tidak sedikit kami menemukan keluhan pengguna iPhone seri 13 dan 12, itu mengalami perubahan warna. Layar iPhone hijau ini dialami banyak user iOS. 

Mereka juga mengeluhkan bahwa ketika tingkat kecerahan (Brightness) semakin ditambah itu bisa bikin warna hijau pada layar iPhone menjadi makin jelas.

penyebab layar iphone hijau.jpg

Penyebab Layar iPhone Hijau

Jika ditelusuri kebanyakan yang mengeluh layar iPhone berubah jadi hijau itu pengguna iPhone keluaran terbaru seperti iPhone XS Max, iPhone X, iPhone 12 Pro Max series, dan iPhone 13 series. 

Seperti kita ketahui beberapa dari tipe iPhone yang disebutkan di atas itu memakai panel OLED pada layar. Dan bug yang muncul pada iOS membuat warna layarnya menjadi kehijauan, lebih pekat lagi ketika tingkat kecerahan ditambah. 

Bahkan sejumlah pengguna juga ada yang bilang warna lainnya layar iPhone jadi kuning, biru, merah, menghitam (gelap), bercak kebiruan, berbayang dan layar iPhone bergaris hijau. Masalah panel OLED memang bukan hal sepele.

Cara Mengatasi Layar iPhone Hijau

Untuk memperbaiki masalah layar iPhone warna hijau ini Anda bisa coba beberapa solusi berikut sebelum membawa iDevice ke tukang servis atau Service Center. 

Menonaktifkan True Tone

Suhu warna pada layar iPhone akan berubah dengan aktifnya fitur True Tone, beradaptasi dengan warna pencahayaan di sekitar Anda berada. 

Cara menonaktifkan True Tone iPhone: masuk ke Pengaturan iOS (Settings) > Pilih Tampilan dan Kecerahan (Display & Brightness). Nonaktifkan toggle pada True Tone. Anda juga dapat mematikan fitur Night Shift untuk mencoba jika langkah pertama tidak membuahkan hasil. 

Restart atau Reboot iPhone

Langkah awal paling mudah dan kebanyakan berhasil, ketika memperbaiki masalah pada smartphone adalah dengan restart HP. Anda juga dapat mencoba mematikan iPhone lalu menyalakan ulang. 

Seperti yang dicoba oleh sejumlah pengguna, mereka berhasil mengatasi layar iPhone hijau cukup dengan merestart perangkat. 

Jika Anda menggunakan iPhone X atau yang lebih baru, caranya adalah: Tekan tombol Volume Up dan kemudian lepas, tekan dan tahan seketika tombol Volume Down lalu lepaskan lagi, lanjut tekan dan tahan tombol Power sampai muncul logo Apple yang artinya restart berhasil. Sebaiknya semua dilakukan dalam tempo yang agak cepat.

Reset Pengaturan

Mereset settings itu disarankan. Anda tidak perlu khawatir soal data pada iPhone, karena reset pengaturan bertujuan untuk mengembalikan semua Settingan yang sudah Anda ganti/ubah di menu pengaturan untuk dikembalikan seperti semula.

Untuk reset pengaturan iPhone cukup masuk ke Settings > pilih General (Umum) > tap Reset (Atur Ulang) dan Reset Settings (Atur Ulang Pengaturan). 

Nonaktifkan Filter Warna

Kebanyakan pengguna tidak menyadari bahwa filter warna pada iPhone aktif sehingga ini bisa jadi penyebab utama layar iPhone hijau. Jika setelah dicek terntata fitur tersebut aktif, maka Anda bisa mematikannya langsung. 

Cara menonaktifkan filter warna iPhone: masuk ke Pengaturan > pilih Aksesibilitas dan tap pada Layar & Ukuran Teks > pada Filter Warna silakan nonaktifkan fiturnya. 

Menantikan Update iOS

Jika semua langkah tadi belum bisa memperbaiki layar iPhone hijau, maka Anda harus menantikan pembaruan software dalam hal ini iOS yang dirilis Apple untuk mengatasi hal tersebut. Jangan lupa baca tutorial: Cara Mengaktifkan Update iOS Otomatis agar setelah diluncurkannya iOS terbaru jadi iPhone bisa langsung memperbarui software.

Karena seperti yang sudah dikatakan, penyebab layar iPhone hijau bisa diakibatkan bug pada iOS dan dialami pengguna dengan iPhone berbasis panel OLED.