Daftar Isi

4 Fungsi Haptik Sistem Pada iPhone Buat Keseharian

Fungsi Haptik Sistem Pada iPhone. Dalam menu pengaturan semua iPhone berbasis iOS 11 ke atas, ada yang namanya System Haptics atau Haptik Sistem. Tepatnya di bagian Settings > Audio, pengaturan suara.

Jika Anda menggunakan iPhone namun tidak menemukan adanya fitur System Haptics, coba terlebih dahulu update iOS. Ada banyak fungsi haptik sistem pada iPhone yang jarang disadari.

fungsi haptik sistem pada iphone.jpg

Penjelasan System Haptics iPhone

Haptik Sistem atau System Haptics adalah fitur kombinasi antara getaran dan audio pada beberapa menu di iOS. Fitur ini menggunakan Taptic Engine untuk memberikan umpan balik dalam metode haptic, dikombinasikan dengan nada suara dan/atau umpan balik visual. 

Taptic Engine menghasilkan fungsi getaran dan umpan balik haptic iPhone Anda. Fokus artikel ini adalah pada Haptics. Apaan lagi itu Haptics?

Haptics dirancang untuk menyempurnakan pengalaman Anda menggunakan iPhone dengan menerapkan sentuhan, saat Anda berinteraksi dengan ponsel. Dengan kata lain, beberapa tindakan Anda di iPhone akan memicu feedback berupa getaran haptic. 

Fungsi Haptik Sistem Pada iPhone

Anda dan banyak pengguna lain mungkin tidak menyadarinya karena System Haptics sebagian besar sangat halus dan terasa sangat alami. 

Istilah feedback haptik yang menghasilkan respons getaran kecil sebagian besar berupa ketukan atau serangkaian ketukan. 

Ketukan ini mungkin berbeda dalam intensitas yang dapat disesuaikan. Anda akan merasakan ini sebagai ketukan atau impuls. Banyak elemen sistem iPhone Anda (pemilih, gulir, sakelar, penggeser, dll) memberikan getaran haptic kecuali Anda mematikan fitur ini. 

Lantas apa saja fungsi System Haptics pada iPhone? Berikut Shukan Bunshun rangkum. Baca juga: Angka Battery Health Bisa Bertambah?

Mengubah Ukuran Halaman

Di iPhone, Anda dapat memperkecil halaman browser atau file seperti PDF. Metode ini dinamakan Pinch-to-zoom, cukup sentuh dua jari di layar, pisahkan untuk memperkecil. 

Atau Anda dapat memperbesar saat Anda menggerakkan dua jari ke arah satu sama lain. Ketika Anda mencapai ambang maksimum dan minimum zoom, Anda akan mendapatkan tab yang sangat halus. 

Menggeser Volume iPhone

iPhone Anda memiliki tombol volume naik/up (+) dan turun/down (-). Anda dapat menggunakan tombol ini untuk mengontrol volume. Anda akan merasakan getaran halus saat Anda menaikkan atau menurunkan volume. Itulah yang disebut Haptic Feedback/Haptik Sistem. 

Sakelar ON dan OFF

Aplikasi Pengaturan iPhone Anda terdiri dari sakelar (Toggle) sehingga Anda dapat mengaktifkan (ON) atau menonaktifkan (OFF) berbagai pengaturan. Saat Anda menghidupkan atau mematikan sakelar akan menimbulkan getaran halus. Itu termasuk salah satu fungsi Haptik Sistem.

Efek Getar Pada iMessage

Anda dapat menggunakan iMessage untuk mengirim pesan. iMessage Screen Effects memiliki banyak efek yang mengandung System Haptics. Misalnya, mengirim efek "kembang api", Anda akan merasakan getar kecil pada iPhone. 

iPhone yang Ada Fitur Haptik Sistem

Sayangnya tidak semua perangkat iPhone memiliki fitur Haptik Sistem. Berikut adalah daftar iPhone yang sudah mendukung System Haptics Feedback antara lain: 
  1. iPhone 7
  2. iPhone 7 Plus
  3. iPhone 8 
  4. iPhone 8 Plus
  5. iPhone X 
  6. iPhone XR 
  7. iPhone SE 2nd Gen
  8. iPhone XS 
  9. iPhone XS Max 
  10. iPhone 11 
  11. iPhone 11 Pro 
  12. iPhone 11 Pro Max
  13. iPhone 12 
  14. iPhone 12 mini 
  15. iPhone 12 Pro 
  16. iPhone 12 Pro Max 
  17. iPhone 13 
  18. iPhone 13 mini 
  19. iPhone 13 Pro 
  20. iPhone 13 Pro Max

Cara Menonaktifkan Getaran iPhone Haptik Sistem

Jika iPhone Anda sudah ada haptic feedback, Anda dapat dengan mudah mematikan atau menghidupkan fitur System Haptics. 

Apabila Anda menonaktifkannya, Anda tidak akan merasakan semua Haptik Sistem yang kami jelaskan di atas. Mungkin, kualitas interaksi Anda dengan iPhone akan berkurang. Makanya saya pribadi membiarkannya aktif.

Berikut adalah cara menonaktifkan Haptik Sistem di Phone Anda. 
  • Buka Settings/Pengaturan iPhone. 
  • Pilih Suara & Haptik. 
  • Gulir layar ke bawah dan temukan System Haptics (Haptik Sistem). Anda akan melihat sakelar/toggle. 
  • Kemudian nyalakan atau matikan System Haptics. 
Warna hijau artinya aktif/nyala, geser atau jadikan warna abu-abu buat menonaktifkan system haptics. 

Bagi sebagian pengguna, ketika kita memakai iDevice baik saat mengetik/chatting, browsing, streaming, setiap gerak-gerik menimbulkan ketukan/getaran kecil dan itu satisfying alias puas banget. Itulah fungsi Haptik Sistem pada iPhone.