Daftar Isi

Kamera iPhone Berembun? Ini Cara Mengatasinya

Kamera iPhone berembun merupakan salah satu permasalahan pada lensa di smartphone. Bukan cuma HP Android kok, sekelas iPhone yang punya build quality kokoh pun bisa muncul embun. 

Kemunculan embun pada kamera iPhone ini terjadi tidak hanya di lensa kamera belakang, tapi juga kamera depan yang biasa digunakan untuk berfoto selfie. 

cara mengatasi kamera iphone berembun

Seringnya embun di lensa kamera iPhone muncul ketika musim hujan begini. Cuaca lembab, udara yang dingin, terlebih ketika hujan tiba dan berada di luar ruangan. Atau di ruangan dengan suhu AC sangat dingin.

Cara Mengatasi Kamera iPhone Berembun

Beberapa langkah penanganan dan menghilangkan embun di kamera iPhone yang sering muncul itu tergantung pada penyebabnya. 

Build Quality iPhone Tertentu

iPhone yang refurbish non-resmi, atau bukan refurbished by Apple, serta rekondisi itu suka jadi penyebab munculnya embun, debu, kotoran yang masuk ke dalam layar serta lensa kamera. 

Hal itu karena kurang kokohnya kerangka bodi yang dipasangkan alias housing terlalu longgar untuk panel backcover iPhone. Bahkan tidak jarang panel belakangnya itu bukan original bawaan iPhone tersebut lagi. 

Mayoritas iPhone rekondisi dan refurbished pihak ketiga yang kualitas kaca dan lensanya kurang baik bisa jadi penyebab kamera iPhone berembun. Hingga debu serta kotoran masuk ke dalam komponen iPhone. 

Jadi dalam kasus ini, lensa kamera tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Sebaiknya kalau Housing iPhone carilah yang benar-benar berkualitas. Housing yang asal-asalan juga bisa menyebabkan kamera iPhone blank hitam seperti yang dialami sejumlah pengguna.

Jangankan lensa kamera yang sensitif dan kecil, housingyang tidak tepat bisa menimbulkan kerusakan lain seperti layar sentuh iPhone tidak berfungsi.

Kaca Pelindung Terkena Embun

Dalam sebuah smartphone, entah HP Android atau iPhone, lensa utama dilindungi oleh kaca pelindung di depannya. Sebelum Anda membawanya ke tukang servis untuk dibersihkan, silakan gunakan kain halus membersihkan kaca depan itu. 

Tempered Glass dan Antigores

Anti Gores bukan cuma buat layar. Zaman sekarang ada stiker bening yang kecil untuk melindungi lensa kamera seperti antigores dan tempered glass. 

Tidak sedikit pengguna yang memilih memasang Antigores dengan tujuan agar kamera tidak tergores. Ketika faktanya barang tersebut dapat jadi penyebab kamera iPhone berembun. 

Coba lepaskan dahulu jika memang menggunakan kedua item tersebut. Lalu bersihkan perlahan memakai kain halus & lembut kemudian lihat hasilnya. 

Kesimpulannya

Embun pada kamera iPhone banyak dialami pengguna iOS. Ini terjadi karena ada penyebabnya dan salah satu dari tiga faktor yang dijelaskan tadi bisa mempengaruhi. 

Jika iDevice Anda masih terbilang baru, jangan lupa manfaatkan klaim garansi terlebih kalau kamera iPhone berembun setiap saat & terus menerus, tidak cuma ketika hujan saja.