Daftar Isi

5 iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp 2022

Ada lima iPhone yang tidak bisa WhatsApp lagi di tahun 2022 ini. Normal dan wajar, kalau semakin tua hardware maka makin melemah juga fungsi software. Smartphone secanggih buatan Apple bukan pengecualian. 

Apalagi setiap tahun ada produk iPhone terbaru. Sebagian model amat terasa makin menua dan lemot, bahkan hanya untuk sekadar chatting di aplikasi WhatsApp

daftar iphone yang tidak bisa whatsapp lagi wa.jpg

Apabila Anda berniat membeli iPhone atau HP cadangan yang hanya digunakan untuk WA saja. Maka harus memperhatikan kompatibilitas terbaru, beberapa ponsel Android dengan OS tertentu sudah tidak lagi mendukung. 

Begitu juga dengan Apple, sejumlah perangkat iPhone sudah tidak bisa menggunakan WhatsApp sama sekali di tahun 2022 ini.  

iPhone yang Tidak Bisa WhatsApp/WA Lagi

Tercatat ada lima iPhone yang sudah tidak bisa pakai WhatsApp. Apa sajakah iPhone tersebut? Berikut daftarnya. 
  • iPhone 2G
  • iPhone 3G 
  • iPhone 3Gs
  • iPhone 4
  • iPhone 4s
Kelima iPhone tersebut tidak mendukung WhatsApp. Saat Anda mencoba membuka App Store kemudian mencari WA, dan coba install hanya akan mendapati notifikasi tidak kompatibel pada perangkat yang digunakan. 

Alasannya sederhana, lima iPhone tadi tidak dapat update iOS 10. Sementara untuk menjalankan aplikasi WhatsApp pada iPhone dibutuhkan minimal iOS 10 dan lebih baru. 

iPhone 4s yang notabenenya tertinggi dari daftar iPhone di atas itu hanya mentok di iOS 9 saja. Pada 2020 silam, WhatsApp mengumumkan menghentikan dukungan pada iOS 9 sehingga pengguna iDevice yang masih ada di iOS 9 terpaksa berhenti memakai WA. 

Jadi ya minimal pakai iOS 10 atau paling tidak iPhone 5. Itu pun harus dipertimbangkan lagi, kenapa? Sudah kami bahas silakan simak: Daftar iPhone yang Tidak Layak Beli di Tahun 2022

iPhone Murah Buat WhatsApp

Jika Anda bersikukuh ingin membeli iPhone bekas yang murah hanya untuk pemakaian ringan seperti WhatsApp, rekomendasi kami adalah iPhone berikut ini: 
  1. iPhone 6s Plus
  2. iPhone SE
  3. iPhone 6s
  4. iPhone 7 
Menariknya adalah keempat iPhone di atas meski terbilang sudah cukup lama dirilis, tapi masih mendukung update iOS 15. Sesuatu yang menjadi kelebihan produk Apple. 

Sehingga jika suatu waktu WhatsApp mencabut dukungan iOS 11, 12, 13, atau 14 yang kemungkinan masih sangat lama terjadi, maka keempat iPhone tersebut masih dapat digunakan untuk WhatsApp. 

Itulah iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp di 2022 ini. Kalau Anda ingin main lebih aman lagi bisa ambil iPhone 8 atau 8 Plus untuk jangka panjang karena jaminan update iOS diprediksi masih dapat iOS 16 nanti.