Daftar Isi

Apakah Kalibrasi Baterai iPhone Baru Wajib Dilakukan?

Seolah-olah menjadi kewajiban bagi sebagian pengguna produk Apple, apakah kalibrasi baterai iPhone baru itu memang perlu dilakukan? Saya pribadi sejak pertama kali menggunakan iPhone pada 2014 belum pernah melakukan kalibrasi batre. 

Katanya sih, agar baterai optimal dan kondisi tetap stabil terutama dalam hal persentase, maka diperlukan praktik kalibrasi baterai iPhone. 

kalibrasi baterai iphone baru.jpg

Sebenarnya kalibrasi baterai pada iPhone baru itu tidak terlalu sulit, hanya saja untuk yang memakai iPhonenya secara intensif lebih khusus untuk komunikasi dan pekerjaan, pasti tidak ada waktu buat melakukannya. 

Wajibkah Kalibrasi Baterai iPhone

Jawabannya tergantung ke preferensi setiap pengguna. Namun saran saya, kalau Anda mengalami atau baru melakukan beberapa hal berikut sebaiknya kalibrasi baterai iPhone baru segera dilakukan yakni: 

✓ Mengganti Baterai iPhone dengan yang baru. 
✓ Mengalami bug atau error pada angka persentase baterai yang tidak sesuai. 
✓ Setelah persentase tertentu, baterai jadi sangat boros dan menurun drastis secara tidak wajar. 
Persentase Baterai Tidak Bertambah atau berhenti di 80%. 
✓ Membutuhkan waktu sangat lama untuk mengisi baterai. 

Khusus bagi Anda yang mengalami bug persentase, maka disarankan kalibrasi baterai iPhone. Karena salah satu cara paling ampuh mengatasi error tersebut adalah dengan kalibrasi. Baca juga: Berapa lama cas baterai iPhone 13 Pro Max?

Tata Cara Kalibrasi Baterai iPhone Baru

Anda tidak harus membeli atau menggunakan alat tambahan pihak ketiga untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone baru. Cukup siapkan adaptor dan kabel charger asli bawaan Apple, kemudian ikuti langkah berikut: 

1. Sambungkan iPhone ke casan, isi penuh hingga 100% Full tanpa menggunakannya sama sekali selama proses charging berlangsung.

2. Pastikan Anda mengetahui kapan waktu penuh 100%, setelah mencapai angka 100% maka jangan langsung dicabut. Biarkan tetap mengisi sampai 1-2 jam berikutnya, jangan dimainkan juga. 

3. Kalau dirasa sudah 1-2 jam, kemudian cabut iPhone yang di charge. 

4. Gunakan iPhone tersebut untuk apa saja. Gaming, browsing, chatting, streaming, semua bebas asalkan jangan dicas dulu, tetap gunakan sampai baterainya habis atau iPhone mati sendiri. 

5. Apabila sudah kosong melompong, baterai iPhone sudah habis maka ulangi langkah nomor satu. Mengisi baterai sampai penuh 100% tanpa memakainya saat charging. 

Setelah penuh, tidak harus menunggu 1-2 jam lagi. Bisa langsung cabut dan gunakan sewajarnya. Sampai di sini, proses kalibrasi baterai iPhone baru sudah sukses dilakukan. 

Harusnya baterai bisa lebih optimal, dan yang mengalami error persentase baterai iPhone pun sudah tidak terjadi lagi karena angkanya bakal lebih akurat dan tepat. 

Apakah proses kalibrasi iPhone harus terus dilakukan? Disarankan kalibrasi hanya jika mengalami masalah yang disebutkan tadi saja.

Jika proses kalibrasi sudah dilakukan namun baterai tetap bermasalah khususnya drop atau menurun drastis, maka cek Kesehatan Baterai iPhone Anda. Simak juga: Battery Health iPhone Bisa Diakali

Untuk mengecek kesehatan baterai iPhone silakan masuk ke Settings (Pengaturan) > Battery (Baterai) > Battery Health (Kesehatan Baterai). Periksa berapa kapasitas maksimum yang tersisa, apakah statusnya service atau tidak. Demikian pembahasan mengenai kalibrasi baterai iPhone baru.