Daftar Isi

Daftar iPhone yang Tidak Layak Dibeli Tahun 2022

Apa saja iPhone yang tidak layak dibeli tahun 2022 ini? Jika Anda sudah memutuskan membeli iPhone tahun ini, mungkin sebaiknya memperhatikan kembali sejumlah model/tipe iPhone. 

Karena ada beberapa model yang dinilai tidak layak beli dan sudah tidak layak digunakan pada tahun 2022. Apalagi jika Anda ingin menggunakan iPhone tersebut untuk kebutuhan jangka panjang. 

iphone tidak layak beli 2022

Beberapa daftar berikut bukanlah murni pendapat ShukanBunshun.com, melainkan berdasarkan hasil survei dan pendapat ratusan pengguna dari grup WhatsApp, Telegram, Facebook dan sejumlah forum iDevice beserta alasan mutlaknya. 

Hasilnya tidak terlalu mengejutkan, sebab memang daftar iPhone yang tidak layak dibeli tahun 2022 itu terbilang sudah tua atau lawas. Bahkan tidak lagi didukung oleh developer banyak aplikasi. 

iPhone yang Tidak Layak Dibeli Tahun 2022

Lantas selain iPhone 4s ke bawah, iPhone model apa saja yang sudah tidak layak dibeli di tahun 2022 ini? Inilah daftarnya beserta alasannya. 
  • iPhone SE Generasi 1
  • iPhone 5s
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
Jika dilihat dari daftar tersebut mungkin sebagian pengguna Apple sudah menyadarinya. Namun kalau Anda belum paham kenapa, berikut alasannya. 

Performa Melambat

Pernah mendengar kabar Apple dengan sengaja menurunkan performa sejumlah model iPhone? Dan mayoritas dari daftar tadi terkena dampak dari pelambatan tersebut.

Apalagi dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, aplikasi iOS zaman sekarang semakin membutuhkan kinerja prosesor yang kuat. Chipset dan prosesor iPhone tersebut sudah menua dan melemah untuk dipakai saat ini.

Oleh karenanya, sebagai perangkat yang rilis lebih dari 5 tahun lalu model-model iPhone tersebut sebaiknya dicoret dari daftar wishlist Anda. 

Tidak Ada Produksi Resmi Apple

Jika Anda berpikir ingin membeli iPhone dengan embel-embel "NEW!" atau "BARU" dari tipe/model yang disebutkan tadi, maka lupakan saja. 

Karena Apple sendiri sudah lama sekali menghentikan produksi iPhone SE 1st Gen/5s/6/6 Plus/6s/6s Plus. Jadi kalau ada yang jual dan mengaku barang baru, hanya ada dua kemungkinan. 

Pertama, itu barang memang asli dan bertahun-tahun tidak pernah dibuka karena belum ada pembeli. Kedua, itu produk rekondisi/refurbished non-resmi Apple. 

Perhatikan juga: Istilah Dalam Jual Beli iPhone, untuk Anda yang kebingungan. 

Baterai Boros Cepat Habis

Coba cek lagi daftar iPhone yang tidak layak dibeli tahun 2022 tadi. Sebagian besar kapasitas baterai mereka di bawah 2900 mAh, jelas sangat kecil. 

Untuk memenuhi kebutuhan sekarang, apalagi bagi Anda yang beraktivitas jauh dari colokan charger maka iPhone-iPhone tersebut sangat tidak direkomendasikan untuk dibeli. 

Ditambah aplikasi atau software zaman sekarang sudah lumayan berat dan banyak yang menguras baterai walau tidak semuanya. Membuat baterai iPhone dalam daftar itu makin boros, tidak peduli seberapa banyak Anda melakukan kalibrasi baterai iPhone tersebut, karena memang kapasitas awalnya terbilang kecil.

Dukungan Update

Walau iPhone SE, 6S dan 6S Plus belakangan masih mendapatkan support dari Apple untuk update iOS terbaru, tapi diprediksi tidak bertahan lama untuk dihentikan dukungannya. 

Sementara iPhone 6 dan 6 Plus memang sudah cukup lama disetop update iOS dari Apple, tepatnya sejak iOS 12 yang notabenenya lumayan ketinggalan tiga generasi. 

Bahkan meski pun semua iPhone yang Tidak Layak Dibeli Tahun 2022 ini mendapatkan update iOS terbaru, bakal kewalahan dalam hal kinerja hingga berdampak pada komponen seperti baterai cepat panas, lemot dan sebagainya.