Daftar Isi

10 Daftar iPhone yang Ada Sidik Jari Fitur Fingerprint (Touch ID)

Daftar iPhone yang Ada Fingerprint Sensor/Touch ID Terbaru - Fitur pemindai sidik jari atau Fingerprint Scanner atau Apple menyebutnya Touch ID, sekarang sudah langka sejak mereka beralih ke Face ID yang dinilai lebih aman dan kekinian. 

Tapi metode keamanan pemindai wajah atau Face ID tidak disukai semua orang. Bahkan ada pengguna yang rela downgrade iPhone mereka karena sudah terlanjur betah menggunakan Fingerprint di iPhone. 

iphone yang masih ada touch id fingerprint

Sejak iPhone X rilis pada 2017 hingga sekarang, mayoritas iPhone suda menggunakan sistem Face ID sebagai metode keamanan terbaru. 

iPhone yang Ada Sidik Jari Touch ID atau Fingerprint

Jika Anda merupakan salah satu yang masih menginginkan iPhone dengan Touch ID atau Sidik Jari, maka inilah daftar iPhone yang dapat Anda pertimbangkan untuk dibeli. Kami urutkan dari yang paling lama ke terbaru:
  • iPhone 5s
  • iPhone 6
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE 1st Generation
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone SE Generasi 2 (2021)
Ciri-ciri iPhone yang masih mendukung dan memiliki fitur Sidik Jari adalah dilihat dari desain yang punya bezel tebal atas-bawah dan tombol Home bulat di bagian depan smartphone. 

Tombol Home yang berbentuk bulat ini biasanya juga multifungsi, bisa digunakan sebagai Touch ID atau Pemindai Sidik Jari. Metode keamanan yang disebut Apple terlalu jadul.

Khusus iPhone yang memakai metode keamanan Face ID, layarnya sudah full atau tampilan penuh, bezel tipis, kecuali poni atau Notch yang masih ada sejak iPhone X hingga kini iPhone 13 Pro Max dirilis.

Bagus Mana Touch ID dan Face ID

Dari kedua metode keamanan iPhone yang dimiliki Apple tadi, bagusan mana antara Face ID dan Touch ID? Sebenarnya semua tergantung preferensi tiap pengguna.

Fingerprint atau sidik jari (Touch ID) menawarkan kemudahan hanya dengan menempelkan jari ke tombol Home yang bentuknya bulat maka iPhone Anda akan langsung terbuka. 

Kelemahan Touch ID adalah mudah rusak akibat kelalaian pengguna, sering kejadian sidik jari iPhone tidak berfungsi karena jarinya berminyak, basah, kotor. 

Sementara buat Face ID kemudahannya ialah Anda hanya perlu sejajarkan kamera depan iPhone dengan mata, maka fitur pendeteksi wajah akan otomatis membuka layar iPhone kalian jika cocok. 

Apalagi sekarang pengguna tetap bisa unlock iPhone dengan Face ID meski sebagian wajahnya tertutup oleh masker tanpa harus melepasnya. Caranya cek: Cara Mengaktifkan Face ID Saat Pakai Masker

Tapi, dari Daftar iPhone yang Ada Sidik Jari tadi hanya beberapa yang masih layak dibeli untuk tahun 2022 ini. Silakan cek: Daftar iPhone yang Tidak Layak Beli 2022 update terbaru.