Daftar Isi

Cara Mengaktifkan Face ID dengan Masker di Semua iPhone

Kini Anda bisa mengatur Face ID dengan memakai masker pada iPhone jika sudah update iOS versi terbaru atau iOS 15.4. Sebelumnya Apple didesak memperbarui fungsi Face ID agar dapat berfungsi ketika wajah pengguna tertutup masker. 

Penggunaan masker sudah jadi protokol atau kewajiban di banyak tempat dan bagi banyak orang. Sehingga mau tidak mau para pelaku industri teknologi harus beradaptasi demi kenyamanan penggunanya. 

cara mengaktifkan face id dengan masker

Apple bukan pengecualian, sepanjang 2020 hingga 2021 banyak keluhan user iOS bahwa mereka harus melepas atau menggeser masker ke bawah sebentar cuma demi buka layar iPhone memakai fitur Face ID. 

Sehingga hal itu dirasa sedikit merepotkan pengguna, khususnya ketika sibuk beraktivitas di luar ruangan. Untungnya Apple mendengarkan masukan stakeholders dan saran pengguna. 

Pada iOS 15.4 ada peningkatan dimana Face ID bisa digunakan unlock layar iPhone meski wajah pengguna tertutup oleh kain masker. 

Cara Kerja Face ID Jika Wajah Tertutup Masker

Berbeda dengan sebelumnya yang memindai wajah secara keseluruhan, Face ID pengguna yang wajahnya ditutup masker hanya akan memindai bagian atas wajah seperti mata, alis, untuk menambah akurasi pendeteksian tapi tidak mengurangi tingkat keamanan. 

Ini juga berlaku buat user yang kesehariannya memakai kacamata bening, Face ID bisa diatur sedemikian rupa buat mengenali wajah pemilik. Tapi tidak bisa diterapkan ketika menggunakan kacamata hitam. 

Daftar iPhone.yang Bisa Memakai Face ID dengan Masker

Sayangnya belum semua iPhone mendukung pengaturan Face ID pakai masker. Sejauh ini hanya ada beberapa tipe atau model saja antara lain sebagai berikut: 
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13 
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
Belum ada informasi lebih lanjut apakah fitur Face ID dengan masker ini bisa diatur di iPhone 11 Pro Max series, iPhone XS Max series, iPhone XR, hingga iPhone X. Untuk iPhone 8 Plus, iPhone SE 2nd Gen dan iPhone 7 Plus series tidak kebagian. 

Cara Atur Face ID dengan Memakai Masker Kain

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud adalah makser kain pada wajah untuk menutupi area hidung hingga mulut dan dagu, bukan masker kecantikan. 

1. Masuk ke halaman Settings (Pengaturan) iPhone Anda. 

2. Cari menu Face ID & Passcode. 

3. Lalu pada opsi "Use Face ID with a Mask", geser Toggle ON atau berubah hingga warna hijau. 

4. Anda akan diminta memindai (Scanning) wajah kembali, silakan ikuti panduan pada layar iPhone. 


Begitulah cara mengatur Face ID dengan masker untuk iPhone pada iOS terbaru. Sekarang Anda bisa mengunci dan membuka layar iPhone memakai Face ID meski wajah tertutup masker.