Daftar Isi

Cara Menampilkan Album Tersembunyi di iPhone (Update)

Kalau sebelumnya sudah membahas fungsi True Tone di iPhone, sekarang bagaimana caranya memunculkan album tersembunyi di iPhone? Fitur untuk menyembunyikan sekumpulan dokumentasi baik berupa foto atau video dalam satu tempat/folder biasa disebut Hidden Album di iOS, dan fiturnya bisa dinikmati untuk semua iPhone. 

Namun kerap kali pengguna lupa bahwa mereka memiliki album tersembunyi. Dan ketika ingat, tidak mengetahui cara menampilkan Hidden Album di iPhone mereka. 

Wajar, karena seperti namanya "Hidden Album" ini berguna untuk menyembunyikan album foto/video agar tidak bisa diakses oleh orang lain, bahkan jika Anda yang ingin membukanya harus melalui tahap tertentu. 

Hidden Album di iPhone Bisa Aktif Secara Default

Pada dasarnya jika Anda tidak merasa dengan sengaja berniat untuk menyembunyikan album, kemungkinan besar fiturnya sudah aktif dan Anda tidak menyadarinya langsung. 

Tapi tenang, ShukanBunshun.com memiliki panduan cara menampilkan album tersembunyi di iPhone Anda melalui pengaturan/settings di iOS semua versi. 

Cara Menampilkan Album Tersembunyi di iPhone

Agar bisa kembali terlihat albumnya, maka kita perlu mengubah pengaturan. Namun letak settingannya bukan berada pada aplikasi Foto bawaan Apple iOS. 

1. Masuk ke Pengaturan (Settings) pada iPhone Anda. 

2. Kemudian scroll atau gulirkan layar ke bawah dikit, sampai ketemu tulisan 'Foto'. 

3. Tepat di bawah bagian "Gunakan Face ID", ada opsi bernama "Tampilkan Album Tersembunyi (Show Hidden Album)".

menampilkan album tersembunyi iphone

4. Geser toggle ke kiri untuk menyembunyikan file/album. Karena kita ingin menampilkan album yang tersembunyi di iPhone, maka aktifkan atau geser Toggle ON alias ke kanan sampai berubah jadi warna hijau. 

5. Sudah, selesai. Berikutnya kembali ke Homescreen dan buka lagi aplikasi galeri foto kamu. 

Ketika kembali ke aplikasi galeri bawaan iPhone, kamu akan menemukan album yang tadinya tidak ada kini muncul. Cek lagi satu per satu, apakah foto/videonya aman semua? 

Apakah bisa kunci album tersembunyi di iPhone? Tentu saja, bisa. Caranya pun beragam, dapat mengunci dengan memakai Face ID atau fitur keamanan iOS lain semisal Touch ID (khusus iPhone 8 series ke bawah). 

Nah, sebagai tambahan metode cara menampilkam album tersembunyi di iPhone tadi pun bisa diterapkan pada perangkat iPad Anda juga.