Daftar Isi

Kenapa Fitur Instagram Notes Tidak Muncul di Android dan iPhone?

Kenapa Instagram Notes Tidak Muncul di HP Android dan iOS atau iPhone serta bagaimana cara mengatasinya? Meta jadi perusahaan super aktif yang mau merevolusi media sosial zaman sekarang  

kenapa instagram notes tidak muncul

Setelah sebelumnya merilis banyak fitur buat WhatsApp srperti Community misalnya, kini mereka kembali meluncurkan fitur untuk entitas lain yakni IG bernama Instagram Notes. 

Pada dasarnya Instagram Notes ini merupakan fitur catatan yang muncul pada foto profil seseorang sebagai penulis Note (Catatan). Note tidak butuh penyesuaian terhadap perubahan algoritma Instagram.

Insiatif ini dicanangkan oleh Meta karena mereka pikir dari pada pengguna melihat Insta Story yang isinya cuma beberapa kata tanpa tambahan foto & video, mendingan bikin saja Instagram Notes.

Biasanya ketika pengguna menuliskan catatan pada Instagram Notes, kalimat yang mereka ketik dan posting bakal muncul di bagian menu Pesan dekat foto profil mereka. 

Saat artikel ini diketik, Instagram Notes sudah bisa digunakan dan dinikmati semua pengguna lintas negara. Artinya tidak ada lagi yang harus menunggu supaya fiturnya muncul. 

Lalu bagaimana jadinya kalau ternyata fitur Instagram Notes tidak muncul di Android dan iPhone? Ini yang menjadi permasalahan sejumlah user, termasuk di Indonesia. 

Berikut beberapa alasan kenapa Instagram Note tidak muncul dan cara mengatasi pada ponsel Android & iOS (berbasis aplikasi, bukan tampilan Instagram web). 

Update ke versi terbaru. Kalau memang kamu belum memperbarui aplikasinya, maka wajar apabila Instagram Notes tidak muncul sama sekali. Karena ini fitur baru, maka aplikasi pun harus diupdate terlebih dahulu. 

Solusinya? Tentu saja update aplikasi. Masuk ke Google Play untuk Android, dan App Store. Pada bagian daftar aplikasi yang sudah diinstal silakan pilih update. 

Jika kamu tidak ingin update aplikasi Instagram karena alasan spesifik, maka jangan heran kalau IG Notes tidak akan tampil di akunmu atau orang lain. 

Hapus cache atau data. Sebaliknya, kalau kamu merasa sudah selesai update tapi ternyata belum muncul fitur Instagram Notes yang dimaksud, berarti harus menghapus file cache atau bahkan data. 

Perlu diketahui sebelum melakukannya, menghapus cache dan data adalah dua hal berbeda. Hapus cache akan menghilangkan file sampah seperti thumbnail hasil browsing kamu di Explore dan Feed Instagram. 

Sementara menghapus Data aplikasi Instagram bisa membuat semua akun yang terhubung otomatis Logout (keluar sendiri). Maka dari itu coba hapus cache terlebih dahulu, kemudian cek lagi apakah Instagram Notes telah muncul. 

Pindah akun. Kadang akun yang sering kita gunakan sehari-hari itu terlambat mendapatkan fitur baru Instagram. Sebaliknya, akun yang jarang dipakai justru lebih cepat mendapatkan fitur barunya. 

Solusinya memang pindah akun lain lalu balik lagi ke akun utama. Tapi pada dasarnya semua pengguna bakal kebagian fitur Instagram Notes meski di awal-awal perilisan tidak muncul, bertahap akan tersedia. 

Uninstall. Langkah paling akhir adalah dengan uninstall aplikasi IG, alasan kenapa Instagram Notes tidak muncul bisa jadi karena file cache & data yang menumpuk menghalangi fitur baru untuk masuk. Uninstall dan install ulang adalah cara pamungkas yang bisa dicoba.