Daftar Isi

Cara Head Cleaning Printer Epson yang Benar 2023

Bagaimana caranya head cleaning printer Epson semua tipe yang benar di PC Windows dan Mac? Saat perangkat printer rutin digunakan, ada kalanya kita harus juga rutin membersihkan. Terutama menghilangkan tinta yang menumpuk bekas sisa-sisa pemakaian.

cara head cleaning printer epson

Tinta yang mengendap atau menggumpal di bagian Cartridge printer Epson wajib dibersihkan agar tidak mudah rusak. Membersihkan atau head cleaning printer Epson bisa membuat hasil cetakan juga jadi lebih bagus lagi. 

Admin ShukanBunshun.com pribadi sudah cukup lama menggunakan printer Epson terutama series L untuk cetak dokumen, hingga tahun 2023 ini masih tetap digunakan & awet. 

Memang tidak selamanya barang elektronik bisa berfungsi normal. Tapi setidaknya kita harus menjaga barangnya dengan berupaya semaksimal mungkin, salah satunya bersihkan semua kotoran seperti pada printer Epson. Agar lebih tahan lama. 

Printer itu mesin yang agak sensitif, saran kami jangan membiarkan perangkat printer apapun didiamkan dalam waktu lama. Bahkan kalau perlu dinyalakan setiap hari walau sebentar, supaya komponennya tetap berjalan normal tanpa ada kendala. 

Selain itu sebagai antisipasi mencegah kerusakan, ada baiknya membersihkan komponen, salah satunya dengan metode Head Cleaning printer Epson berguna untuk menghindari penumpukan tinta yang menghambat proses print berkas. 

Lalu bagaimana cara head cleaning printer Epson? Berikut panduannya, berlaku buat semua tipe ya. 

1. Hentikan dulu proses mencetaknya jika sedang dilakukan. 

2. Nyalakan printer yang dimaksud, kemudian cek apabila lampu yang ada di bodi printer menyala kedap-kedip (berkedip), artinya pengecekan terhadap Cartridge Epson harus dilakukan. 

3. Ambil kertas putih kosong, gunanya untuk mengecek proses head cleaning printer Epson. 

4. Pada komputer PC atau Laptop, masuk ke menu Start. Pilih opsi "Printers & Scanners."

5. Anda akan dialihkan ke halaman berikutnya, bakal muncul tampilan tipe Printer yang Anda gunakan. 

6. Tap menu "Manage" lalu pilih "Printing Preferences". 

7. Pada printer Epson tap ikon printer, lalu pilih "Adjust Print Options". Akan muncil tab "Maintenance". (Khusus Mac: Pilih Applications > Epson Printer Utility).

8. Selanjutnya, Anda bisa memulai pembersihan dengan memilih opsi "Head Cleaning" yang ada di laman Maintenance tadi. 

Jika opsinya tidak muncul, letaknya juga pasti berbeda. Semua tergantung pada versi software dari Printer yang Anda gunakan. Meski brand sama, tapi kalau tipe & versi firmware berbeda maka bisa beda pula tampilannya. 

Berikutnya muncul tombol "Start", tap untuk memulai Head Cleaning Printer Epson Anda. Berapa lama proses pembersihan berlangsung? Tidak terlalu lama, biasanya kurang lebih 5-10 menit saja. 

Lampu printer berkedip ketika proses cleaning berjalan, dan kalau selesai lampunya bakal mati atau berhenti menyala. 

Yang wajib diperhatikan pengguna adalah, pastikan printer tidak dimatikan ketika proses head cleaning ini berlangsung untuk mencegah rusak berlebih pada komponen printer. 

Saat prosesnya selesai, Anda bisa melanjutkannya dengan tap "Print Nozzle Check", lalu pilih "Print". Kalau di Mac posisinya tap "Confirmation' kemudian tap lagi pada "Next" hingga tuntas. Printer akan mencetak garis di kertas.

Bagaimana cara mengetahui proses head cleaning printer Epson selesai dengan lancar dan benar? Ketika dicetak, printer membentuk pola Nozzle Check atau berbentuk garis-garis tanpa celah. 

Kemudian Anda tap "Finish" untuk menyelesaikannya. Sebaliknya, apabila garis pola yang dicetak ada celah-celahnya maka ulangi Head Cleaning dengan menekan tombol "Clean". 

Demikian panduan cara head cleaning printer Epson untuk semua tipe baik di PC Laptop Windows dan Mac. Semoga bermanfaat.